advertisements

Onde-onde merupakan camilan tradisional khas Indonesia yang sudah sangat terkenal sekali, tidak hanya di Indonesia saja tetapi camilan satu ini juga sudah dikenal hingga ranah internasional. Biasanya kita dapat menemukan onde-onde di pasar-pasar tradisional maupun warung dan toko roti tepian jalan.

Ciri khas yang menonjol dari camilan satu ini adalah taburan wijen di atasnya. Dengan taburan wijen dan rasa yang empuk, onde-onde sangat cocok apabila dikonsumsi bersama dengan secangkir teh manis hangat di waktu luang.

Asal Usul Onde-Onde

advertisements

Onde-onde merupakan makanan tradisional yang sudah ada semenjak jaman dahulu. Konon pada jaman Majapahit dahulu, makanan ini sangat populer di kota Mojokerto sehingga kini banyak yang menyebut kota tersebut sebagai kota onde-onde.

Meskipun populer di Mojokerto, namun asal mula makanan ini sebenarnya dari negeri Tiongkok. Di sana makanan ini disebut sebagai ludeui dan dijadikan sebagai makanan resmi di daerah Changan pada masa dinasti Tang.

Makanan ini kemudian menyebar ke Asia Tenggara karena dibawa oleh para pedagang asal Cina tersebut. Sebutan untuk makanan ini juga cukup beragam mulai dari onde-onde di Indonesia, kuih bom di Malaysia, bánh cam di Vietnam, dan butsi di Filipina.

Secara tradisional onde-onde dibuat dari bahan tepung terigu atau tepung ketan yang dibulatkan. Pada bagian permukaannya ditaburi dengan biji wijen yang sangat khas. Adonan tersebut kemudian digoreng atau direbus sebelum disajikan.

resep onde-onde ketawa

Seiring berjalannya waktu, onde-onde mulai berkembang menjadi berbagai macam jenis. Ada onde-onde yang diisi dengan pasta kacang hijau dan onde-onde dengan isi kelapa plus gula merah cair seperti di Padang. Versi yang lebih modern biasanya mengisi onde-onde dengan keju atau coklat.

Tidak hanya isinya saja, warna onde-onde juga kini sudah bervariasi mulai dari putih, coklat, merah, hingga hijau. Bahan pembuatannya juga tidak terpaku pada tepung terigu saja, karena kini ada juga onde-onde yang dibuat dari bahan kentang seperti halnya donat kentang.

Dari sekian banyak variasinya tersebut, ada satu onde-onde yang cukup menarik yakni onde-onde ketawa. Namanya yang lucu tersebut merujuk kepada bentuknya yang tidak lagi bulat sempurna, namun memiliki rekahan. Rekahan tersebut menyerupai mulut yang sedang tertawa sehingga akhirnya dinamai sebagai onde-onde ketawa.

Untuk membuat camilan onde-onde ketawa ini sebenarnya sangatlah mudah sekali, bahkan tanpa skill khusus pun Anda bisa membuatnya. Nah bagi Anda yang ingin mencoba membuatnya, mari kita simak resep onde-onde ketawa praktis dan lezat berikut ini.

Bahan-Bahan Onde-Onde Ketawa

cara membuat onde-onde ketawa renyah

Dalam contoh kali ini kita akan membuat resep onde-onde ketawa yang sederhana tanpa tambahan isian di dalamnya. Sebelum membuatnya, silahkan siapkan terlebih dahulu berbagai bahan yang dibutuhkannya berikut ini:

  • Air sekitar 75 ml
  • Gula pasir cukup dengan 140 gram
  • Telur ayam 1 butir saja
  • Minyak goreng sekiranya 2 sdm
  • Tepung terigu sebanyak 280 gram (protein sedang), misal segitiga
  • Baking powder sekitar ½ sdt
  • Baking soda cukup sekiranya ½ sdt
  • Kacang mete sebanyak 50 gram, cincang halus, sangrai
  • Wijen putih sebanyak 50 gram, cuci bersih, tiriskan
  • Minyak secukupnya (untuk menggoreng)

Cara Membuat Onde-Onde Ketawa

advertisements

Apabila semua bahan sudah siap, sekarang kita bisa langsung membuatnya. Langkah pertama, ambil gula pasir dan rebus bersama dengan air. Rebuslah gula pasir tersebut hingga terlarut secara sempurna dan mengental.  Apabila sudah mengental angkat dan sisihkan.

Dalam wadah yang berbeda, campurkan tepung terigu, baking soda, baking powder, dan kacang mete. Kemudian aduk-aduk hingga tercampur secara merata. Agar mengembang diamkan adonan tersebut selama kurang lebih 15 menitan.

Selanjutnya kocok telur bersama dengan minyak goreng secukupnya saja. kocoklah telur tersebut sampai mengembang atau mengeluarkan semacam buih-buih. Kini ambil rebusan gula pasir dan kocokan telur tersebut lalu tuangkan ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk agar tercampur secara merata. Pastikan adonan tersebut kalis dan bisa dibentuk dengan mudah.

Sekarang kita masuk ke proses pembentukan onde-ondenya. Silahkan ambil sedikit adonan tepung tersebut, kemudian bulatkan dengan bentuk sesuai selera masing-masing. Lakukan pembentukan tersebut sampai adonan habis semua.

Selanjutnya celupkan adonan tersebut ke dalam air lalu gulingkan di atas wijen hingga banyak wijen yang menempel. Setelah itu siapkan wajan penggorengan dengan minyak secukupnya. Gorenglah onde-onde tersebut hingga matang secara sempurna. Tanda bahwa onde-onde matang adalah berwarna kuning kocoklatan.

Terakhir sajikan onde-onde dalam keadaan hangat agar rasanya lebih nikmat. Jika Anda ingin menyimpannya untuk dimakan di lain waktu, silahkan simpan di dalam sebuah toples yang kedap udara agar kerenyahannya dapat terjaga dengan baik.

Tips Memasak Onde-Onde

Agar onde-onde dapat matang secara merata, disarankan untuk menggunakan wajan anti lengket dan bukan wajan alumunium yang biasa. Selain itu, Anda juga harus menggorengnya dengan api sedang agar tidak mudah menjadi gosong.

Agar onde-onde tidak menempel satu sama lain, masukanlah onde-onde tersebut ke wajan secukupnya saja. Jangan memasukan terlalu banyak sehingga wajan menjadi penuh dan akhirnya onde-onde tersebut berdempetan dan menempel.

Jika wijen yang menempel di adonan banyak yang terlepas ketika digoreng, Anda dapat menyimpan adonan onde-onde tersebut di dalam kulkas selama kurang lebih satu jam sebelum digoreng. Apabila setelah digoreng rekahannya kurang memuaskan, maka Anda bisa megakalinya dengan mengguntingnya hingga membentuk rekahan yang sempurna.

Jika onde-onde yang sudah matang tersebut kurang renyah dan krispi, maka Anda dapat memanggangnya di oven terlebih dahulu sebelum menyajikannya. Cukup panggang dengan panas sedang selama beberapa menit saja.

Dengan membuat onde-onde ketawa sendiri di rumah, maka Anda tidak perlu khawatir dengan bahan-bahan apa saja yang terkandung dalam camilan tersebut. mengingat sekarang ini marak terjadi onde-onde yang dibuat dengan tambahan bahan berbahaya

Selain bisa terhindar dari bahan berbahaya, dengan membuat sendiri di rumah maka Anda akan lebih tahu mengenai hiegenitas atau kebersihan tersebut. Demikianlah sajian informasi singkat seputar resep onde-onde ketawa yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: