advertisements

Indonesia termasuk negara yang mayoritas masyarakatnya mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok. Nasi dipilih sebagai makanan pokok karena mengandung karbohidrat cukup tinggi dan cara pengolahannya yang cukup mudah.

Berbagai macam olahan nasi di Nusantara pun bermunculan, mulai dari nasi uduk, nasi kucing, nasi goreng, nasi lemak, nasi liwet, dan masih banyak lagi. Meskipun sederhana, tetapi resep olahan nasi tersebut sangat pas dengan lidah masyarakat Indonesia.

advertisements

Salah satu olahan nasi yang sudah cukup populer di Indonesia adalah nasi kebuli kambing. Mendengar namanya saja mungkin banyak di antara kita yang sudah tahu kenikmatan dari kuliner ini. Rasa yang ditawarkan oleh nasi kebuli kambing sendiri gurih dan nikmat. Rasa gurih tersebut didapatkan dari santan dan daging kambing.

Apa Itu Nasi Kebuli Kambing?

Nasi kebuli kambing merupakan hidangan nasi berbumbu yang cukup populer di Indonesia. Nasi satu ini dimasak dengan menggunakan kaldu kambing, susu kambing, dan minyak samin. Biasanya kuliner satu ini disajikan dengan daging kambing goreng dan terkadang ditaburi dengan irisan kurma ataupun kismis.

Menurut catatan sejarahnya sendiri, nasi kebuli berasal dari masyarakat Timur Tengah dan India. Awal kemunculan kuliner satu ini diperkirakan sejak adanya hubungan perdagangan antara Arab dengan Indonesia. Sekilas tampilan dari nasi kebuli ini mirip dengan olahan nasi biryani yang sering digunakan dalam tradisi Arab di Yaman.

resep nasi kebuli kambing arab

Seiring dengan perkembangan jaman, nasi kebuli kambing lama kelamaan mampu mencuri hati dan lidah masyarakat Indonesia. Tidak perlu waktu lama, nasi kebuli sudah populer di kalangan masyarakat. Kepopuleran nasi kebuli ini didominasi oleh warga Arab yang tinggal di Indonesia, terutama di daerah-daerah yang banyak penduduk Arab seperti Betawi, Surabaya, dan Gresik.

Nasi kebuli hadir sebagai kuliner yang lebih bernafaskan Islami, oleh karenanya makanan satu ini banyak ditemukan saat perayaan hari-hari besar dalam Islam. Mulai dari hari raya idul fitri, kurban, maulid nabi, dan masih banyak lagi. Biasanya warga Betawi di Jakarta, mengonsumsi makanan satu ini sehabis maaf-maafan saat hari raya lebaran telah tiba.

Nasi kebuli yang banyak beredar saat ini sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar sesuai dengan lidah Indonesia. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan juga menyesuaikan dengan bahan khas Indonesia, termasuk di antaranya mengganti susu kambing dengan santan kelapa.

cara membuat nasi kebuli kambing enak

Dalam proses pembuatannya, berbagai macam bumbu dan rempah yang digunakan akan dimasak bersama dengan nasi hingga matang. Setelah matang, nasi kebuli akan disajikan bersama dengan asinan nanas yang segar serta sambal goreng ati.

Hadir sebagai kuliner yang memiliki rasa khas, cara membuat nasi kebuli kambing sangatlah mudah sekali. Anda pun bisa membuat kuliner khas Arab ini di rumah. Nah, berikut bacaterus.com akan menyajikan resep nasi kebuli kambing ini untuk Anda.

Bahan-Bahan Kebuli Kambing

Sebelum membuatnya, mari kita siapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Dalam resep nasi kebuli kambing ini kita akan mengganti susu kambing dengan santan agar lebih mudah mencarinya. Berikut adalah bahan-bahan utama yang dibutuhkan:

  • Beras putih kualitas terbaik 1 kg
  • Daging kambing yang masih ada tulang mudanya cukup ½ kg
  • Kismis sekitar 3 sdm
  • Bawang goreng sebanyak 3 sdm
  • Minyak samin sekiranya 2 sdm
  • Garam sekitar 1 sdt
  • Kayu manis sebanyak 1 batang
  • Cengkeh cukup dengan 4 biji
  • Pala sebanyak ½ biji
  • Bunga peka sebanyak 2 buah
  • Kapulaga cukup dengan 2 buah
  • Serai cukup 2 batang
  • Daun jeruk sebanyak 5 lembar, usahakan masih segar
  • Daun salam sebanyak 2 lembar
  • Santan sedang kentalnya sekitar 1500 ml (1,5 liter)
  • Minyak dan garam sesuai kebutuhan
advertisements

Bahan bumbu halusan:

  • Bawang putih sebanyak 3 siung
  • Bawang merah cukup dengan 5 siung
  • Ketumbar sekitar 1 sdm
  • Jintan sebanyak 1 sdt
  • Adas manis sekiranya ½ sdt
  • Kunyit berukuran 4 cm
  • Jahe cukup 2 cm

Semua bahan yang diperlukan di atas bisa Anda peroleh dari swalayan ataupun pasar-pasar tradisional terdekat. Namun agar lebih hemat, silahkan beli di pasar tradisional saja.

Cara Membuat Nasi Kebuli Kambing

Sekarang mari kita mulai proses pembuatannya. Langkah pertama panaskan sedikit minyak dalam wajan. Setelah panas, kemudian tumis bumbu halusan yang telah kita persiapkan tadi. Tumislah dengan menggunakan api kecil sampai sedang saja. Hal ini berguna agar semua bumbu halusan dapat matang secara merata.

Setelah tercium bau harum, kecilkan sedikit apinya lalu masukan kayu manis, pala, cengkeh, bunga peka, kapulaga, serai, daun jeruk, daun salam, dan garam. Tumis lagi bahan-bahan tersebut sampai semua matang secara merata.

Selanjutnya, masukan daging kambing yang telah dipotong-potong kecil ke dalamnya. Masak daging kambing tersebut sampai matang, serta tunggu hingga bumbu meresap ke dalam daging kambingnya. Biasanya ini memerlukan waktu yang agak sedikit lama, karena Anda harus memasak daging kambing sampai empuk.

Setelah bumbu meresap dan daging kambing empuk, masukan beras ke dalamnya. Masak lagi sampai mengeluarkan aroma harum mewangi. Jika sudah wangi, masukan santan dan kismis ke dalamnya. Aduk-aduk lagi sampai tercampur secara merata dan membentuk karonan.

Sekarang kita masuk kedalam proses pengukusan. Siapkan kukusan terlebih dahulu. Lalu masukan karonan tadi ke dalam pengukus selama kurang lebih 45 menitan. Apabila sudah matang, tambahkan minyak samin aduk rata dan sajikan selagi masih hangat.

Nasi kebuli sangatlah nikmat dikonsumsi tanpa menggunakan tambahan lauk apapun. Mengingat kuliner satu ini sudah memiliki rasa gurih dan beberapa potongan daging kambing. Supaya lebih nikmat, tambahkan sambal ketika mengonsumsi kebuli kambing.

Seperti disinggung di atas, resep ini menggunakan santan sebagai pengganti susu kambing. Jika Anda memiliki susu kambing, maka silahkan gunakan susu tersebut. Apabila Anda tidak suka dengan daging kambing, maka bisa juga menggantinya dengan daging ayam.

Seperti itulah resep nasi kebuli kambing asli Arab yang nikmat dan gurih. Bagi Anda yang penasaran dengan kuliner satu ini, silahkan langsung saja praktekan cara membuatnya di atas. Sekian informasi yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: