advertisements

Banyak sekali orang yang mengenal mie ramen berasal dari Jepang. Padahal menurut catatan sejarahnya sendiri, ramen berasal dari Cina. Orang Jepang sering menyebut kuliner satu ini dengan nama chuka soba (soba berasal dari bahasa Tiongkok) yang berarti mie.

Mie ramen sudah cukup populer sekali di Jepang dan China, bahkan di Indonesia pula. Kita sekarang bisa menemukan menu mie ramen dengan mudah di restoran-restoran besar, khususnya resto yang bernafaskan kuliner Jepang ataupun China.

advertisements

Namun biasanya ramen di restoran tersebut dibandrol dengan harga yang cukup fantastik. Maka dari itu, belakangan ini banyak juga muncul kedai ramen di pinggir jalan yang menawarkan aneka menu ramen dengan harga yang terjangkau.

Sejarah Muncul dan Berkembangnya Mie Ramen

Menurut catatan sejarahnya sendiri, Tokugawa Mitsukuni (Mito Komon) sering disebut sebagai orang pertama yang mencicipi menu mie ramen ini. Sedangkan untuk pembuat menu ini sendiri diketahui adalah seorang Konghucu yang sedang melakukan pengasingan saat jaman Dinasti Ming, di mana saat itu dia diundang ke Domain Mito untuk membuatkan makanan lezat bagi Mito Komon.

Ramen sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu kala. Pada jaman dahulu, ramen sudah masuk ke dalam daftar menu makan di kawasan Pemukikan Tionghoa, tepatnya di daerah Kobe dan Yokohama.

resep mie ramen sederhana

Selain itu, para ahli sejarah juga berpendapat bahwa para penjual mi di Hokkaido juga telah menjual menu mie ramen satu ini sejak lama. Hingga sekarang, mie ramen telah dikenal luas oleh masyarakat di seluruh dunia, termasuk salah satunya di Indonesia ini sendiri.

Varian Ramen di Jepang

Meskipun catatan sejarah mengatakan mie ramen berasal dari China, tetapi menu tersebut berkembang pesat di Jepang. Seiring dengan berkembangnya jaman, sekarang ini terdapat banyak sekali varian mie ramen khas Jepang.

Adapun macam-macam jenis ramen tersebut antara lain seperti shoyu ramen, asahikawa ramen, hakodate ramen, kitakata ramen, banshu ramen, dan masih banyak lagi. Tercatat ada lebih dari 30 varian ramen di Jepang yang populer.

cara membuat ramen halal jepang

Masing-masing varian ramen tersebut menawarkan rasa dan ciri khas yang berbeda-beda. Mulai dari ramen pedas, ramen gurih, ramen manis segar, dan masih banyak lagi. Sehingga membuat penikmatnya sendiri selalu ketagihan dengan rasa-rasa yang ditawarkannya.

Bagi Anda yang ingin mencoba kelezatan kuliner ini, tidak perlu Anda membeli mie ramen mahal di restoran. Pasalnya pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan berbagi resep mie ramen sederhana yang bisa dengan mudah dibuat di rumah.

Selain tidak akan menghabiskan banyak uang untuk membelinya, dengan membuat mie ramen sendiri kita juga bisa menyesuaikan bahan dan  berbagai bumbu yang digunakan agar sesuai dengan selera kita.

Bahan-Bahan Mie Ramen Khas Jepang

advertisements

Untuk menyesuaikan dengan kultur Indonesia yang mayoritas muslim, maka resep mie ramen kali ini tidak akan menggunakan bahan-bahan yang mengandung alkohol dan babi. Sebelum membuatnya, mari kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan tersebut, antara lain seperti:

  • Mie ramen cukup dengan 200 gr, direbus

Bahan kuah:

  • Sawi hijau sebanyak 3 batang (potong-potong)
  • Daging sukiyaki cukup dengan 100 gram
  • Bawang putih sebanyak 2 siung (cincang halus)
  • Saus sambal sekiranya 1 sendok makan, sesuaikan selera
  • Kecap asin cukup dengan 1 sendok makan
  • Minyak ikan cukup kiranya 1 sendok makan
  • Minyak wijen sebanyak 1 sendok makan
  • Minyak goreng cukup dengan 1 sendok makan
  • Merica bubuk sekitar 1/4 sendok teh
  • Cabe merah bubuk sebanyak 1/2 sendok teh
  • Jahe berukuran 1 cm (haluskan)
  • Cabe rawit merah cukup dengan 5 buah (haluskan)
  • Cabe merah besar cukup dengan 2 buah (haluskan)
  • Garam sesuaikan dengan kebutuhan
  • Kaldu ayam sebanyak 600 ml
  • Tepung meizena cukup dengan 1 sendok teh (larutkan dengan sedikit air)

Bahan pelengkap:

  • Telur rebus sesuai selera
  • Jamur secukupnya saja
  • Bawang perai yang diiris halus secukupnya.

Cara Membuat Mie Ramen Enak

Pertama-tama panaskan minyak wijen secukupnya terlebih dahulu. Apabila sudah panas, tumislah bumbu/bahan yang telah kita haluskan di atas. Dalam menumis gunakan api kecil sampai sedang saja agar tidak mudah gosong. Selain itu, tumislah sampai mengeluarkan aroma yang harum.

Masih tetap dalam proses menumis, masukan daging sukiyaki ke dalam tumisan tersebut. Masaklah daging tersebut sampai berubah warna dan empuk. Anda bisa meningkatkan api agar daging menjadi matang lebih cepat.

Larutkan maizena dengan air secukupnya saja, kemudian masukan ke tumisan bersama dengan kaldu ayam. Jangan lupa masukan pula semua bahan yang telah dipersiapkan, termasuk bahan pelengkap seperti telur rebus, jamur, dan bawang perai.

Untuk pamasakan, ada baiknya Anda menggunakan api sedang saja. Masaklah sampai kuah tersebut mendidih secara sempurna. Apabila sudah mendidih, sekarang masukan mie ramen ke dalam kuah tersebut dan kecilkan api.

Karena ramen sebelumnya sudah direbus, jangan terlalu lama memasak ramen tersebut. Apabila sekiranya sudah matang, tuang olahan mie ramen pedas tersebut kedalam mangkuk saji. Nikmati mie ramen nikmat sebagai menu sarapan ataupun makan malam Anda.

Jika Anda menyukai makanan pedas, tambahkan takaran cabai rawit yang digunakan. Karena takaran cabai diatas hanya memiliki kepedasan yang standart. Selain itu, jangan lupa nikmati mie ramen bersama dengan secangkir teh manis agar semakin spesial.

Resep mie ramen pedas diatas sangat cocok diterapkan bagi Anda yang belum pandai memasak. Sebab langkah-langkah yang tersaji sangatlah mudah dan praktis untuk diikuti. Oleh sebab itu, tunggu apalagi? Segera coba resep diatas sekarang juga dan sajikan ramen spesial untuk keluarga tercinta.

Itulah informasi singkat seputar resep dan cara membuat mie ramen halal yang dapat kami sajikan. Semoga dapat menjadi sumber referensi bermanfaat bagi Anda, khususnya bagi Anda yang sedang mencari resep makanan khas Jepang tersebut.

Artikel Menarik Lainnya: