advertisements

Setiap orang pastinya selalu menginginkan memiliki berat badan yang ideal, karena dari berat badan ideal inilah kita bisa tampil lebih menarik. Untuk mendapatkan berat badan ideal, solusi terbaik yang dapat kita lakukan adalah dengan menjalankan program diet setiap hari.

Berbagai program diet tersebut sangatlah beragam, mulai dari diet dengan konsumsi makanan sehat, berolahraga dengan benar, menghindari makanan berkolesterol tinggi, dan masih banyak lagi. Salah satu program yang saat ini banyak digemari adalah diet dengan mashed potato.

Mashed Potato Baik Untuk Program Diet

advertisements

Dalam menjalani program diet, menjaga pola makan dari kalori tinggi jelas menjadi sebuah kewajiban yang harus dipenuhi. Pasalnya, makanan-makanan yang mengandung kalori tinggi lebih cenderung membuat berat badan naik dengan cepat.

Biasanya makanan yang dianjurkan saat diet adalah buah dan sayuran. Namun selain buah dan sayur, Anda juga bisa ngemil dengan mashed potato. Makanan satu ini sudah cukup terkenal sekali diantara para pelaku diet sehat.

Karena terbuat dari kentang dan susu, konsumsi mashed potato tidak akan membuat berat badan Anda naik, malahan menurut beberapa ahli makanan satu ini cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

cara membuat mashed potato cheese

Mashed potato alias kentang tumbuk sebenarnya merupakan makanan yang berasal dari luar negeri. Makanan satu ini banyak dikonsumsi oleh para dieters diluar sana. Dengan kandungan kalori yang cukup rendah, konsumsi mashed potato dalam jumlah secukupnya tidak akan membuat tubuh Anda melar.

Dalam sejarahnya, mashed potato pertama kali diperkenalkan pada tahun 1747 oleh Hannah Glasse. Makanan ini biasanya dikonsumsi dengan beberapa tambahan bahan pelengkap lainnya seperti keju, saus jamur, brokoli, gravy, dan aneka rempah-rempah.

Di Indonesia mashed potato kurang begitu populer karena masyarakat lebih suka mengkonsumsi nasi. Selain itu, kentang juga lebih sering dijadikan lauk dibandingkan makanan utama. Biasanya mashed potato ini banyak dijual di swalayan dalam bentuk instan.

Resep Mashed Potato Praktis

resep mashed potato keju

Sebenarnya Anda tidak perlu membeli makanan satu ini di swalayan ataupun supermarket, sebab pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan mencoba berbagi resep dan cara membuat mashed potato dengan mudah. Sebelum itu, siapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan, antara lain:

  • Kentang sebanyak 500 gram
  • Mentega sekitar 25 gram
  • Susu hangat sebanyak 30 ml
  • Garam sekitar 1/2 sendok teh saja
  • Merica bubuk sekiranya cukup 1/2 sendok teh
  • Mentega sebanyak 25 gram, cairkan sampai meleleh
  • Keju parut cukup sebanyak 30 gram (bisa disesuaikan selera).

Cara Membuat Mashed Potato Keju

Setelah semua bahan yang dibutuhkan terkumpul, sekarang mari kita mulai mengolah resep mashed potato keju ini. Langkah pertama ambil kentang yang telah kita persiapkan tadi, lalu kupas dan cuci bersih kentang tersebut.

Potong kentang yang sudah bersih dengan pisau menjadi 4 bagian yang sama besarnya. Setelah itu, rebus kentang tersebut ke dalam air yang telah ditaburi garam sampai empuk dan matang. Angkat dan tiriskan terlebih dahulu.

advertisements

Selanjutnya, ambil kentang yang telah kita rebus sampai matang tadi. Letakan kentang tersebut dalam sebuah wadah, lalu lumatkan sampai halus dan membentuk adonan. Anda bisa menghaluskan kentang dengan menggunakan sendok atau garpu.

Setelah terbentuk adonan kentang halus, tambahkan susu hangat, garam, dan merica bubuk ke dalam adonan tersebut. Aduk-aduk semua bahan tadi sampai terlarut secara sempurna. Lebih baik aduklah dengan menggunakan tangan yang higienis agar tercampur merata.

Siapkan pinggan tahan panas yang telah diolesi dengan margarin di permukaanya. Tuangkan adonan yang telah kita buat tadi ke dalam pinggan tersebut, lalu ratakan sampai ketebalannya pas. Setelah adonan tertuang semua, siram dengan menggunakan mentega cair dan taburi keju parut di atasnya.

Sekarang kita tinggal memasak adonan tersebut sampai matang. Ketika memasak gunakan api kecil saja, hal ini berguna agar mashed potato tidak mudah gosong dan bisa matang merata. Masaklah adonan tersebut sampai berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Lalu sajikan selagi masih hangat.

Tips Membuat Mash Potato Yang Enak

Secara sekilas cara membuat mashed potato di atas sangatlah mudah. Namun, apabila Anda tidak melakukannya dengan baik dan benar, cita rasa kentang akan hilang dan tekstur dari mash potato tersebut mungkin tidak bisa halus seperti ketika Anda membelinya. Loh kok bisa? Apa ada yang salah?

Ternyata dalam membuat mashed potato, ada beberapa hal penting yang harus selalu Anda perhatikan, baik itu ketika memilih bahan ataupun saat mengolahnya. Nah, berikut adalah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan tersebut:

  • Salah memilih kentang

Beberapa kentang tidak memiliki kandungan pati yang tinggi, padahal kandungan pati sangatlah bermanfaat untuk menyerap susu. Solusinya, pilihlah kentang yang mengandung banyak pati, biasanya kentang ini bisa dibuat menjadi bahan tepung.

  • Lupa memberi garam

Banyak sekali di antara kita ketika memasak mashed potato lupa memberi garam. Padahal mashed potato tergolong sebagai pasta yang mudah menyerap air dan garam, sehingga sangat sayang apabila cita rasa mash potato ini hambar tanpa garam.

  • Air terlalu panas

Berbeda dengan membuat camilan lainnya, untuk mash potato tidak memerlukan air panas ketika mencampurkan adonan. Sebab air yang terlalu panas akan menyebabkan kentang matang tidak merata, sehingga akan menyulitkan Anda ketika menghaluskan kentang tersebut.

  • Menambahkan cream dan butter terlalu dingin

Agar cita rasa dari mashed potato semakin lezat, kita bisa menambahkan cream dan butter. Namun cream dan butter dalam jumlah besar sangatlah tidak bagus bagi berat badan Anda, terutama cream dan butter dingin. Sebab selain mengandung lemak tinggi, cream dan butter terlalu dingin akan sulit menyatu dengan adonan mash potato.

  • Overworking

Karena terlalu bersemangat ketika membuat mash potato, biasanya banyak diantara kita menghaluskan kentang tersebut sampai benar-benar halus. Padahal kentang terlalu halus dapat menghilangkan tekstur pati, sehingga cita rasa kentangnya hilang. Dalam hal ini, solusinya Anda bisa menggunakan bantuan blender untuk menghaluskan kentang tersebut.

Bagaimana, mudah sekali bukan? Nah seperti itulah resep mashed potato yang baik untuk camilan diet sehat. Anda dapat menyajikan mashed potato ini bersama dengan olahan kentang lainnya yang sangat nikmat seperti bitterballen dan kroket kentang. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: