advertisement
advertisement

Menjelang lebaran ataupun hari raya lainnya, pastilah seorang ibu akan disibukan dengan sajian kue kering nantinya. Mengingat camilan inilah yang digunakan para ibu untuk menerima tamu ketika ingin bersilaturahmi pada hari raya.

Sebenarnya ada banyak sekali resep camilan yang bisa Anda coba, namun terkadang dari banyaknya camilan tersebut kita menjadi kebingungan sendiri. Nah bagi Anda yang bingung membuat camilan, kami sarankan untuk mencoba lidah kucing rainbow saja.

advertisement
advertisement

Mungkin nama makanan tersebut terdengar sangat aneh bagi sebagian besar dari kita, akan tetapi sebenarnya lidah kucing tersebut merupakan camilan yang sudah populer sejak dahulu hingga sekarang. Bedanya, kali ini kita akan membuatnya lebih semarak dengan aneka warna.

Sama seperti namanya, kue kering ini memiliki warna-warna pelangi yang sangat indah sekali mulai dari warna merah, kuning, hijau, biru, dan lain sebagainya. Warna-warna inilah yang akan menjadi daya tarik tersendiri untuk mencicipi camilan tersebut.

Maka dari itu, kali ini bacaterus.com akan mengulas resep lidah kucing rainbow yang enak dan juga renyah. Namun sebelum mengulas cara membuatnya, mari kita simak terlebih dahulu sejarah dari kue lidah kucing ini.

Asal Usul Kue Lidah Kucing

Lidah kucing merupakan salah satu kue kering yang cukup populer di Indonesia. Meskipun terkenal di indonesia, namun makanan ini sebenarnya berasal dari Belanda. Orang Belanda biasa menyebut kue ini sebagai “Katte Tong” yang juga memiliki arti lidah kucing.

cara membuat lidah kucing rainbow renyah

Kue lidah kucing ini masuk ke Indonesia karena dibawa oleh orang-orang Belanda pada masa penjajahan dahulu. Tidak hanya di Indonesia, kue ini juga ternyata cukup populer di negara-negara Eropa dengan sebutan cat’s tongue.

Pemberian nama lidah kucing ini mengacu pada bentuk kuenya yang panjang dan juga pipih. Bentuknya terebut mirip seperti lidah kucing. Dalam proses pembuatannya, biasanya kita membutuhkan cetakan khusus yang mirip dengan cetakan untuk membuat kue éclair dan ladyfinger.

Dalam versi aslinya, kue lidah kucing biasanya dibuat dari bahan tepung gandum, mentega, gula bubuk, dan juga telur. Agar aroma dan rasanya lebih bervariasi, biasanya ditambahkan juga coklat, citrus, dan bahan perasa lainnya.

resep lidah kucing rainbow enak

Di indonesia kue lidah kucing biasanya dimakan secara langsung tanpa tambahan apapun. Sementara di Belanda, kue ini biasanya dicelupkan ke coklat atau diolesi selai dan cream sebelum dimakan. Sedangkan di Perancis, orang-orang biasanya menyajikan kue ini bersama dengan sorbet atau es krim.

Seiring dengan berkembangnya jaman, saat ini kue lidah kucing sudah hadir dengan berbagai variasi rasa dan tampilan, mulai dari rasa keju hingga mocca. Yang paling menarik tentu saja lidah kucing rainbow yang akan kita ulas resepnya berikut ini.

Bahan-Bahan Lidah Kucing Rainbow

advertisement
advertisement

Bahan-bahan yang digunakan untuk resep lidah kucing rainbow ini cukup sederhana, yang perlu diperhatikan hanyalah variasi bahan pewarnanya saja agar warnanya menjadi meriah seperti pelangi. Berikut adalah bahan-bahan yang harus Anda siapkan:

  • Margarin sebanyak 300 gram
  • Gula halus sebanyak 180 gram
  • Telur ayam cukup dengan 2 butir
  • Terigu sekiranya 220 gram
  • Susu bubuk full cream sekitar 30 gram
  • Garam halus sekiranya 1/4 sdt
  • Esens makanan dari beberapa rasa dan warna

Cara Membuat Lidah Kucing Rainbow

Apabila semua bahan pembuatannya sudah siap, sekarang kita bisa langsung mulai membuatnya. Pertama-tama ambil telur ayam yang telah dipersiapkan kemudian pecahkan telur ayam tersebut dan pisahkan kuning dari putih telurnya.

Selanjutnya kocok kuning telur tersebut bersama dengan margarin, gula halus, dan garam halus. Kocok bahan-bahan tersebut hingga mengembang secara sempurna dan mengeluarkan beberapa buih-buih kecil di atasnya.

Apabila kocokan kuning telur tersebut sudah benar-benar mengembang sempurna, ambilah tepung terigu dan susu bubuk, masukan kedua bahan tersebut secara perlahan-lahan ke kocokan kuning telur. Pastikan ketika memasukan kedua bahan tersebut,  tetap dilakukan pengadukan agar tercampur merata.

Selanjutnya, bagi adonan yang telah kita buat tadi menjadi beberapa bagian dengan jumlah yang sama besar. Pembagian ini bertujuan agar kita bisa mewarnai adonan tersebut sesuka hati. Bagilah sesuai dengan jumlah warna yang Anda siapkan.

Masing-masing adonan campurkan dengan pasta dan pewarna sesuai selera. Pastikan satu warna untuk satu adonan. Jika sudah masukan masing-masing adonan berwarna tersebut ke plastik segitiga yang berbeda-beda (1 plastik untuk 1 adonan warna).

Kini kita tinggal menyemprotkan adonan warna-warni dalam plastik tersebut ke loyang yang telah diolesi dengan margarin agar tak lengket. Usahakan menyemprotkan adonan dengan warna bergantian dan tidak sama, hal ini bertujuan agar kue semakin menarik.

Jika semua adonan sudah habis, lanjutkan ke proses pemanggangan. Masukan loyang berisi adonan tersebut kedalam oven dengan suhu sedang hingga matang dan kering. Terakhir ambil kue tersebut dari dalam adonan dan biarkan hingga dingin.

Silahkan sajikan kue ini untuk para tamu yang datang berkunjung ke rumah Anda. Untuk konsumsi dalam jangka waktu yang lama simpanlah kue lidah kucing ini di dalam sebuah toples tertutup agar kerenyahannya terjaga.

Kue lidah kucing yang enak adalah yang kering dan renyah. Semakin kering kue tersebut maka akan semakin nikmat rasanya, maka dari itu saat proses dalam oven pastikan adonan sudah benar-benar mengering dan matang sempurna.

Itulah panduan resep lidah kucing rainbow yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya informasi resep diatas, Anda tidak menjadi kebingungan lagi dalam menyajikan camilan ketika hari spesial telah tiba, baik itu lebaran, ulang tahun, syukuran, pengajian, dan masih banyak lagi. selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: