advertisements
advertisements

Indonesia memiliki banyak sekali jajanan tradisional yang sangat lezat apabila kita konsumsi. Namun seiring dengan masuknya jajanan camilan dari luar negeri, seakan membuat posisi jajanan khas tradisional Indonesia tergeser dari hati masyarakat. Padahal sebenarnya jajanan-jajanan tradisional Indonesia tersebut memiliki rasa nikmat yang tidak kalah dengan camilan luar negeri.

Salah satu jajanan khas Indonesia yang sekarang ini sudah sangat langka adalah leker. Bagi masyarakat modern sekarang ini, mungkin mendengar nama makanan tersebut sudah sangat asing sekali. Akan tetapi bagi masyarakat jaman dahulu, kue leker tersebut telah menjadi camilan yang sangat populer yang memiliki rasa nikmat.

advertisements
advertisements

Nah kali ini bacaterus.com akan mengulas resep kue leker pisang yang nikmat tersebut. Namun bagi Anda yang belum pernah mengenal dan mencicipi jajanan yang satu ini, mari kita simak terlebih dahulu asal-usul dari kue leker ini.

Apa Itu Kue Leker?

Kue leker merupakan salah satu panganan asli dari Indonesia. Kue ini sangat populer di daerah Jawa Tengah seperti di kota Semarang, Solo, dan lainnya. Konon, makanan yang satu ini sudah ada di Indonesia sejak masa kolonial Belanda.

Penamaan kue ini juga mendapat pengaruh dari para orang-orang Belanda tersebut. Pada masa itu orang Belanda yang membeli kue ini sering mengatakan “lekker” yang dalam bahasa belanda memiliki arti sangat enak atau lezat.

Nah mulai dari situlah akhirnya orang-orang menyebut kue ini sebagai “kue leker”. Dari asal mula namanya tersebut, dapat terlihat dengan jelas jika kue ini memang memiliki rasa yang sangat enak, bahkan orang-orang Belanda pun mengakuinya.

resep kue leker pisang

Secara sekilas bentuk dari kue leker ini mirip dengan martabak atau serabi Solo. Pada awalnya, isian yang digunakan untuk kue ini terbatas pada gula, pisang, dan coklat saja. Namun seiring dengan berkembangnya jaman, isian yang digunakan sekarang sudah sangat bervariasi, mulai dari susu, meses, keju, nanas, sosis, dan masih banyak lagi.

Selain itu, bentuk kue leker juga ada dua macam. Yang pertama adalah kue leker basah dengan bentuk yang lebih tebal sedangkan yang kedua adalah kue leker kering dengan kulit yang lebih tipis sehingga memberikan kesan renyah dan crispy ketika dimakan.

Di daerah Jawa Tengah Anda bisa dengan mudah menemukan penjual kue leker ini dengan berbagai macam variannya. Namun ada satu penjual kue leker yang sangat terkenal yakni Lekker Paimo atau Paimo’s Lekker yang terdapat di kota Semarang.

cara membuat kue leker renyah crispy

Lekker Paimo sangatlah terkenal karena menyuguhkan kue leker dalam banyak variasi rasa yang sangat menggoda lidah. Beberapa di antaranya adalah sosis mozarella, jagung mani, tuna keju, telur sosis, dan masih banyak lagi.

Dengan berbagai ragamnya dan keunikannya tersebut, kue leker dapat dibilang sebagai salah satu kue tradisional Indonesia yang memiliki citarasa internasional. Rasanya tidak akan kalah lezat dengan martabak manis lokal ataupun pizza dari restoran kelas atas.

Bahan-Bahan Kue Leker

advertisements
advertisements

Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas resep kue leker tradisional yang hanya menggunakan pisang, susu, dan coklat sebagai bahan isiannya. Nah, berikut adalah bahan-bahan yang harus Anda siapkan sebelum membuatnya:

  • Tepung terigu sebanyak 100 gr
  • Telur cukup dengan 1 butir saja
  • Garam sekitar 1/2 sdt, haluskan
  • Gula pasir cukup dengan 1 sdm
  • Vanili bubuk seperlunya saja
  • Air secukupnya

Bahan-bahan isian kue leker:

  • Pisang raja seperlunya saja, iris bulat tipis
  • Susu kental manis cokelat sesuai selera
  • Gula pasir seperlunya saja
  • Meises cokelat sesuai selera masing-masing

Cara Membuat Kue Leker Pisang

Setelah semua bahan yang dibutuhkan terkumpul, sekarang kita bisa mulai membuatnya. Pertama siapkan terlebih dahulu sebuah mangkuk dengan ukuran yang agak sedikit lebih besar kemudian ayak-lah tepung terigu ke dalam wadah tersebut hingga halus dan tepungnya habis.

Dalam wadah yang berbeda, kocok telur ayam hingga mengembang atau mengeluarkan sedikit busa, Anda bisa mengocok telur tersebut dengan bantuan sendok makan. Jangan lupa tambahkan garam, vanili, dan air setelah mengocok telur tersebut. Aduk-aduk agar tercampur secara merata.

Kemudian kita masukan bahan-bahan yang telah dikocok tadi ke dalam wadah yang berisi ayakan tepung, agar merata aduk-aduk bahan tersebut hingga beberapa menit. Apabila sudah tercampur merata, biarkan adonan tersebut dahulu selama kurang lebih 15 menitan agar mengembang secara sempurna.

Setelah itu, ambil wajan pipih dan berikan mentega secukupnya. Panaskan wajan tersebut, dan letakan 1 sendok sayur adonan kue leker tersebut, dadar atau ratakan dengan setipis mungkin. Pastikan pula memasak dalam api kecil agar tidak cepat gosong.

Selanjutnya ambil bahan-bahan untuk isian, dan letakan semua bahan tersebut di atas dadaran kue leker. Lipat kulitnya lalu angkat dan taruh di piring saji. Kini kue leker siap untuk disantap. Nikmati kue leker tersebut bersama dengan secangkir teh manis, lebih nikmat lagi jika kue tersebut dinikmati bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

Seperti disinggung di atas, kue ini dapat divariasikan isisnya sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat menambah atau menggantinya dengan buah-buahan yang lain. Jika ingin keu leker yang asin, maka Anda juga bisa menggunakan telur, sosis, atau keju sebagai isiannya.

Bagaimana mudah bukan? Nah itulah resep kue leker pisang yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi resep di atas dapat menjadi sumber referensi olahan camilan Anda. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: