advertisements

Jengkol merupakan bahan masakan yang memiliki bau sangat khas. Mungkin bagi sebagian besar di antara kita menganggap bau jengkol sangat tidak sedap, akan tetapi jangan salah justru dari bau yang khas inilah jengkol bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk kita konsumsi. Bahkan jika diolah dengan benar, kenikmatan jengkol bisa mengalahkan daging lho.

Hingga sekarang ini ada banyak sekali olahan jengkol yang ada di kalangan masyarakat, mulai dari gulai jengkol, semur jengkol, sup jengkol, hingga sambal jengkol balado. Dari banyaknya resep olahan jengkol tersebut, sambal jengkol balado lah yang paling populer di kalangan pecinta kuliner Nusantara.

advertisements

Jengkol balado memiliki rasa pedas yang sangat nikmat. Rasa pedas tersebut tercampur dengan aroma khas dari jengkol. Namun setelah mengonsumsinya, pastikan Anda sikat gigi. Pasalnya bau jengkol tersebut bisa membuat orang di sekitar kita menghindar.

Nah bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner khas Indonesia satu ini, berikut kami sajikan resep jengkol balado spesial yang pedas dan juga nikmat. Cara membuatnya sangat mudah dan Anda bisa mempraktekannya sendiri di rumah.

Bahan-Bahan Jengkol Balado

Sebelum membuatnya, mari kita persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkannya. Dalam resep jengkol balado ini kita akan membagi bahannya menjadi dua macam yakni bahan utama dan bahan untuk bumbu halusan. Berikut adalah bahan-bahan utamanya:

cara membuat jengkol balado

  • Jengkol sebanyak 500 gram
  • Daun salam cukup dengan 2 lembar
  • Lengkuas sekiranya 4 ruas
  • Kecap manis sekitar 5 sendok makan
  • Gula pasir cukup dengan 1 sendok makan
  • Serai 1 batang, geprek
  • Air putih matang sebanyak 500 ml
  • Minyak goreng seperlunya saja.

Bumbu halusan:

  • Cabe merah keriting sebanyak 10 buah
  • Bawang merah sekitar 8 siung
  • Bawang putih cukup 6 siung saja
  • Cabe rawit merah sebanyak 5 buah
  • Gula pasir dan garam secukupnya

Cara Membuat Jengkol Balado

https://www.youtube.com/watch?v=Nu3C-_lZo4A

Setelah semua bumbunya siap, sekarang kita dapat mulai membuatnya. Langkah pertama rendam jengkol tersebut terlebih dahulu selama satu malam. Hal ini bertujuan agar jengkol nantinya lebih empuk dan nikmat. Setelah direndam satu malam, ambil jengkol tersebut dan rebus hingga empuk. Ketika sudah empuk, angkat jengkol tersebut dan geprek hingga pipih. Sisihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya, tumislah bumbu halusan di atas bersama dengan serai, lengkuas, dan daun salam. Pastikan menumis hingga mengeluarkan aroma atau bau harum. Bila sudah mengeluarkan bau harum, masukan air dan tunggu hingga mendidih.

Kini masukan jengkol ke dalam rebusan tersebut bersama dengan kecap manis dan gula pasir. Aduk-aduk bahan-bahan tersebut hingga tercampur secara merata, serta tunggu hingga bumbu-bumbu meresap kedalam jengkol. Untuk mengetahuinya, ambil satu jengkol dan rasakan apakah sudah pas.

Apabila sekiranya sudah matang, angkat olahan tersebut dan tuang dalam sebuah mangkuk atau piring saji. Sajikan kuliner khas Indonesia satu ini bersama dengan sepiring nasi hangat dan es the manis agar rasanya semakin nikmat.

Jengkol balado sangat cocok apabila dinikmati sebagai lauk makan nasi hangat ataupun ketupat (lontong), terutama saat perut sedang keroncongan atau lapar. Selain itu jika Anda menyukai rasa pedas, Anda dapat menambahkan jumlah cabe di atas sesuai selera masing-masing mengingat takaran cabe diatas merupakan takaran pedas yang standar atau umum.

Manfaat Mengkonsumsi Jengkol

advertisements

Selain memiliki rasa yang nikmat serta baunya yang khas, jengkol juga ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Nah berikut adalah beberapa khasiat yang bisa Anda dapatkan ketika mengkonsumsi jengkol tersebut:

  • Mencegah anemia

Jengkol merupakan salah satu makanan yang kaya akan zat besi. Seperti kita ketahui, zat besi sangat berguna untuk meregenerasi sel-sel darah merah di dalam tubuh sehingga produksinya tetap normal dan tidak berkurang.

Jika produksi sel darah merah tersebut berkurang, maka suplai oksigen dan zat makanan ke sel-sel tubuh juga berkurang. Akibatnya, kita akan menjadi lemas dan terkena anemia. Maka dari itu, mengkonsumsi jengkol sangatlah dianjurkan bagi penderita anemia dan juga para kaum hawa yang sedang menstruasi.

  • Mencegah kanker

resep jengkol balado

Jengkol memiliki kandungan antioksidan tinggi yang tersebar dalam berbagai macam vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Zat antioksidan tersebut sangat berguna untuk menangkan berbagai radikal bebas yang memicu timbulnya penyakit kanker serta penyakit yang berhubungan dengan jantung.

  • Mencegah diabetes

Jengkol memiliki kandungan zat gula yang mudah diurai oleh tubuh sehingga sangat bersahabat bagi para penderita diabetes. Zat gula tersebut tidak akan menumpuk di dalam tubuh sehingga Anda dapat terhindar dari bahaya penyakit diabetes.

Namun ingat, jangan mengkonsumsi jengkol secara berlebihan. Pasalnya, jengkol memiliki suatu zat yang tidak akan Anda temukan dalam makanan yang lainnya yakni zat asam jengkolat. Zat tersebut berbentuk kristal yang tidak larut dalam air.

Jika dikonsumsi secara berlebihan, zat tersebut dapat mengakibatkan masalah pada saluran ginjal dan kemih seperti anyang-anyangan dan lainnya. Jengkol juga tidak disarankan bagi penderita gangguan ginjal karena dikhawatirkan tidak dapat menyaringnya.

Sekian ulasan kami mengenai resep jengkol balado pedas spesial dan nikmat. Terus ikuti update-update resep kuliner yang akan kami sajikan di kesempatan mendatang. Semoga informasi pada kesempatan kali ini dapat menambah wawasan sekaligus menjadi sumber referensi terpercaya bagi Anda semua. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: