advertisements

Berbicara mengenai kuliner-kuliner khas luar negeri yang masuk ke Indonesia memang tidak akan pernah ada habis-habisnya. Hampir setiap hari, negara kita tercinta ini kedatangan menu kuliner lezat dari luar negeri. Tentunya hal tersebut mendatangkan kerugian dan keuntungan tersendiri bagi kita.

Salah satu keuntungan masuknya kuliner asing ke dalam negeri adalah kita bisa menikmati makanan lezat yang tidak pernah ada sebelumnya. Dari banyaknya kuliner khas luar negeri tersebut, pada kesempatan kali ini kami akan membahas resep French Toast yang merupakan salah satu menu sarapan favorit di luar negeri khususnya Perancis.

Asal-usul French Toast

advertisements

Mungkin membaca namanya saja kita sudah tahu dari mana asal makanan satu ini. Akan tetapi jangan terpancing nama, karena meskipun namanya “French” kuliner satu ini tidak benar-benar berasal dari negara Perancis.

Menurut catatan sejarahnya sendiri, French Toast pertama kali diperkenalkan pada abad ke 4 saat masa Kekaisaran Roma. Saat itu masyarakat Roma banyak sekali menyukai olahan roti yang telah direndam kocokan susu dan telur kemudian di pan fried hingga matang.  Kemudian mereka menyebut hidangan satu ini dengan Pan Dulcis.

Kepopuleran dari roti olahan ala bangsa Roma tersebut kemudian semakin populer diseluruh kawasan Eropa ketika memasuki abad pertengahan. Beberapa negera seperti Belgia, dan sekitarnya menyebut menu tersebut dengan pain perdu atau “roti yang hilang”.

resep french toast enak

Bahkan sempat ada yang mengabarkan bahwa sebenarnya makanan satu ini dibuat oleh Joseph French pada tahun 1724, dia adalah seorang koki terkenal dari Amerika. Namun karena penguasaan bahasa yang kurang, Josep gagal mengeja nama kue tersebut dan akhirnya terciptakan nama French Toast.

French Toast sendiri merupakan sebuah olahan roti yang direndam dengan susu, larutan gula, dan kayu manis sebelum di pan fried atau dipanggang dengan menggunakan sedikit margarin dan minyak kelapa. Untuk menambahkan kelezatan, biasanya French Toast disajikan bersama dengan butter cream, selai, sirup, keju, dan masih banyak lagi.

cara membuat french toast sederhana

Terlepas dari semua asal-usul dan sejarah French Toast, makanan satu ini sekarang telah menjadi menu sarapan pagi yang cukup populer diseluruh belahan dunia, tak terkecuali Indonesia sendiri. French Toast sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan karena selain tinggi energi, menu satu ini juga mengandung serat dan nutrisi yang cukup untuk tubuh selama beraktivitas.

Bahan-Bahan French Toast

Memang saat ini telah ada banyak sekali restoran yang menyajikan menu French Toast. Namun menu satu ini akan semakin lezat apabila Anda buat sendiri di rumah. Untuk membuatnya sebenarnya mudah sekali, tanpa keahlian memasak pun Anda bisa.

Nah maka dari itu kali ini bacaterus.com akan mengulas resep french toast sederhana yang enak dan cocok dijadikan sebagai menu sarapan. Adapun bahan-bahan yang harus Anda siapkan sebelum membuatnya antara lain:

  • Roti tawar tebal sebanyak 5 lbr, pisahkan kulitnya

Bahan untuk celupan:

  • Telur ayam cukup dengan 2 pcs
  • Garam halus sekiranya ¼ sdt
  • Gula pasir cukup dengan ½ sdm
  • Susu cair sebanyak 75 cc
  • Krim kental sebanyak 75 cc
  • Mentega sekitar 50 gr
advertisements

Bahan untuk pelengkap:

  • Butter cukup dengan 75 gr
  • Maple syrup sebanyak 5 sdm

Cara Membuat French Toast

Setelah semua bahan terkumpul, sekarang mari kita mengolah resep french toast ini. Pertama kalinya siapkan terlebih dahulu sebuah wadah untuk mencampurkan bahan-bahan pencelup, Anda bisa menggunakan baskom dan sejenisnya.

Selanjutnya campurkan semua bahan pencelup ke dalam wadah yang telah dipersiapkan tadi. Supaya lebih cepat tercampur merata, Anda bisa mengaduknya dengan menggunakan bantuan mixer berkecepatan sedang.

Setelah semua bahan pencelup tercampur secara merata, ambil roti tawar yang telah dipersiapkan tadi kemudian celupkan ke dalamnya sampai merata. Pastikan bumbu pencelup merata, karena jika tidak rasanya kurang nikmat. Jika semuanya sudah terlapisi dengan baik, sisihkan.

Sekarang panaskan wajan datar dengan sedikit mentega. Apabila sudah panas, panggang roti yang telah dilapisi tadi sampai berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Jangan lupa selama memasak, bolak-balik roti tersebut agar tidak gosong dan dapat matang secara merata.

Apabila semuanya sudah selesai, tambahkan bahan pelengkap seperti butter ataupun maple syrup sesuai dengan selera masing-masing. Silahkan sajikan french toast ini sebagai menu sarapan di pagi hari yang sehat dan juga bergizi.

Tips Agar French Toast Semakin Nikmat

Meskipun langkah-langkahnya cukup mudah, namun terdapat beberapa tips dan trik yang dapat membuat french toast olahan Anda semakin nikmat lagi. Nah, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

  • Taburkan gula

Taburkan gula di atas roti sebelum Anda membaliknya. Taburan gula pasir ini berguna untuk menciptakan karamel yang kenyal dan lezat.

  • Gunakan api sedang

Usahakan jangan memanggang roti dengan menggunakan api besar atau tinggi. Sebab api besar akan membuat roti cepat gosong dan tidak matang secara merata. Gunakan api sedang saja.

  • Diamkan telur

Telur akan tercampur dengan baik apabila berada di suhu kamar. Oleh sebab itu jika Anda menggunakan telur yang diambil dari kulkas, diamkan 10 menit terlebih dahulu agar memiliki suhu kamar yang pas sebelum mencampurkannya.

  • Gunakan pemotong roti

Gunakanlah pemotong roti khusus untuk membentuk French Toast supaya lebih menarik. Apalagi jika disajikan untuk pesta ataupun untuk bekal anak ke sekolah.

Resep French Toast diatas bisa Anda terapkan manakala bangun kesiangan dan bingung ingin menyiapkan menu sarapan apa. Dengan langkah-langkah yang sangat mudah dan praktis, Anda bisa menyajikan menu sarapan satu ini dengan cepat tanpa ribet.

Selain itu, Anda pun juga bisa membuat French Toast sebagai bekal anak pergi ke sekolah. Sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila si kecil akan makan dan jajan sembarangan.Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat selalu bermanfaat dan menjadi sumber referensi masakan bagi Anda. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: