advertisements

Indonesia memiliki banyak sekali resep olahan es yang menyegarkan dahaga di saat cuaca panas datang mulai dari es kopyor, es doger, es dawet, es buah, dan masih banyak lagi. Salah satu olahan es yang cukup populer adalah es lilin.

Sesuai dengan namanya, es satu ini berbentuk mirip dengan lilin yang digunakan untuk penerangan. Tempat asal dari es lilin sendiri konon katanya dari Indonesia. Awalnya es satu ini dijajakan oleh pedagang kaki lima dengan cara berkeliling kompleks perumahan.

advertisements

Namun seiring dengan perkembangan jaman, sekarang ini untuk menemukan es lilin sangatlah sulit sekali di pasaran. Hal tersebut terjadi karena pedagang es lilin mengalami banyak kerugian ketika harus menjual dagangannya dengan harga yang lebih murah dari pada ongkos produksi.

Meskipun demikian, ada beberapa juga para pedagang yang masih menjual es satu ini. Mereka kali ini tidak menjual secara keliling kompleks, tetapi menjualnya dengan mengunjungi tempat-tempat wisata ataupun sekolah-sekolah.

Biasanya anak-anak yang paling menyukai es lilin, meskipun tidak semuanya demikian. Anak-anak sangat menyukai es ini karena biasanya para pedangkan menjajakannya dengan berbagai macam warna yang cukup mencolok.

cara membuat es lilin lembut

Rasa es lilin yang dijajakan saat ini juga cukup bervariasi. Jika pada awalnya hanya dibuat dari santan dan gula saja, maka kini sudah banyak es lilin yang menggunakan campuran kacang hijau, coklat, susu, rujak, yoghurt, dan aneka macam buah-buahan.

Memang es lilin sekarang ini banyak dijual di pasaran dengan harga yang cukup murah meriah. Namun jangan lantas Anda puas dengan harga tersebut. Karena saat ini banyak juga para pedagang nakal yang menggunakan campuran bahan kimia ke dalam produk es lilin tersebut sehingga sangatlah berbahaya bagi kondisi kesehatan anak-anak kita.

Nah bagi Anda yang khawatir dengan es lilin yang berbahaya tersebut, solusinya adalah dengan membuat es tersebut sendiri di rumah. Cara membuat es lilin sebenarnya sangatlah mudah sekali. Selain itu, Anda juga bisa berkreasi sendiri dengan membuat varian rasa yang berbeda-beda.

Bahan-Bahan Es Lilin

resep es lilin enak

Dalam ulasan kali ini kita akan membahas resep es lilin dengan tambahan kacang hijau di dalamnya agar rasanya semakin lezat. Adapun bahan-bahan yang perlu dipersiapkan sebelum membuatnya antara lain:

  • Daun pandan sebanyak 5-6 lembar.
  • Air yang sudah matang sekitar 3 liter, atau dapat juga menggunakan air mineral.
  • Santan kelapa cukup dengan 1 liter.
  • Kacang hijau yang sudah direbus sekitar ½ ons.
  • Gula pasir sebanyak 1 ons.

Bahan pelengkap es lilin:

  • Cetakan es lilin
  • Stik atau gagang es krim

Cara Membuat Es Lilin

Sekarang mari kita mengolah resep es lilin ini. Langkah pertama siapkan terlebih dahulu panci rebus kemudian masukan air dan gula kedalam panci tersebut. Rebus gula tadi sampai terlarut secara sempurna. Agar lebih cepat terlarut Anda dapat mengaduknya sampai mendidih.

advertisements

Selanjutnya masukan kacang hijau yang telah Anda rebus empuk tadi ke dalamnya. Aduk-aduk dan masak sebentar sampai tercampur secara merata. Selanjutnya masukan santan dan daun pandan ke dalam rebusan tersebut.

Ketika merebus santan, usahakan Anda beri adukan secara continue. Karena jika tidak tekstur santan nanti akan menjadi pecah-pecah. Apabila sudah mendidih, diamkan sejenak sampai rebusan tadi dingin dan uap panasnya pergi.

Setelah dingin, masukan rebusan tadi ke dalam cetakan es lilin. Jangan lupa pula untuk meletakan stik es krim pada bagian tengah cetakan es lilin tersebut. Jika sudah, masukan cetakan tersebut ke dalam freezer atau lemari pendingin.

Diamkan es lilin cair tersebut sampai membeku. Biasanya es sudah beku dalam waktu 6-8 jam. Setelah beku, es lilin siap untuk disajikan dan juga disantap. Es lilin ini sangat pas dinikmati pada saat udara panas dan terik matahari di siang hari.

Manfaat Konsumsi Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Selain membuat es lilin sendiri di rumah lebih aman untuk anak-anak, olahan es lilin kacang hijau di atas juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat-manfaat tersebut berasal dari kandungan nutrisi di dalam kacang hijaunya. Apa sajakah manfaat kacang hijau tersebut?

  • Sumber protein yang cukup tinggi

Seperti kacang-kacangan yang lain, kacang hijau mengandung protein yang cukup tinggi. Senyawa protein ini sangatlah bermanfaat untuk tubuh kita, karena dengan protein sel-sel tubuh dapat melakukan regenerasi secara optimal seperti membentuk masa otot, menambah tenaga, dan masih banyak lagi.

  • Melancarkan pencernaan

Apakah Anda sembelit? Jika benar demikian, maka silahkan atasi dengan es lilin kacang ijo. Dengan kandungan serat yang cukup tinggi, kacang hijau sangatlah mujarab untuk mengatasi sembelit atau susah BAB, diare, dan berbagai macam masalah sistem pencernaan lainnya.

  • Baik untuk diet

Sudah bukan merupakan rahasia umum lagi kacang ijo merupakan makanan yang banyak dianjurkan bagi para pelaku diet. Selain diperkaya dengan nutrisi, kacang ijo juga rendah kalori dan lemak. Sehingga tidak akan membuat berat badan kita naik, malahan kandungan seratnya sangat bermanfaat untuk mengikat lemak dalam tubuh dan membuangnya melalui sistem ekskresi.

  • Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin B dan C pada kacang ijo dipercaya sangat mujarab untuk menjaga kesehatan kulit, mengatasi peradangan, dan bahkan melembabkan kulit secara alami. Oleh sebab itu, apabila Anda ingin kulit terlihat cantik dan sehat, konsumsilah kacang ijo secara rutin setiap harinya.

  • Baik untuk ibu hamil

Asam folat, kalsium, fosfor, protein, dan magnesium merupakan senyawa yang banyak terdapat pada kacang hijau. Kandungan nutrisi inilah yang sangat disarankan agar dikonsumsi oleh para ibu hamil.

Selain dapat menjaga kesehatan ibu hamil, kandungan tersebut juga cukup berkhasiat untuk mengoptimalkan pertumbuhan janin dalam kandungannya. Terutama pertumbuhan tulang dan gigi serta perkembangan otak dan sarafnya.

Nah, itulah sajian informasi singkat mengenai resep es lilin kacang hijau yang lezat. Selain dapat dibuat es lilin, kacang hijau tersebut juga dapat dibuat menjadi es mambo seperti pada resep di artikel ini. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: