advertisement
advertisement

Kolang kaling atau sering disebut juga cengkaleng (Sunda), Ijuk (Sulawesi), dan enau (Sumatra) merupakan buah yang berasal dari pohon aren. Buah tersebut diolah dengan cara direbus dalam waktu yang relatif lama.

Akan tetapi biasanya kolang-kaling sudah tersedia di pasar tradisional dalam bentuk siap olah sehingga Anda tidak perlu mengolahnya dari awal. Selain menawarkan kelezatan tersendiri, dalam kolang-kaling juga terkandung senyawa serat yang sangat tinggi.

advertisement
advertisement

Kandungan serat tinggi inilah yang sangat berkhasiat untuk tubuh kita, terutama berkhasiat dalam hal pencernaan. Tidak hanya pencernaan saja, tetapi kandungan serat tersebut juga sangat cocok bagi Anda yang sedang melakukan program diet penurunan berat badan.

Nah maka dari itu, kali ini bacaterus.com akan mengulas cara membuat manisan kolang kaling yang enak dengan sirup Fanta. Namun sebelum membahasnya, mari kita ketahui terlebih dahulu mengenai buah kolang kaling ini.

Sekilas Mengenai Buah Kolang Kaling

Kolang kaling atau buah atap merupakan sejenis makanan yang diolah dari buah pohon aren. Makanan ini sudah sangat populer di Indonesia sejak masa penjajahan dahulu. Orang-orang Belanda biasa menyebut kolang-kaling ini sebagai glibbertjes.

Kolang kaling memiliki bentuk bulat lonjong dengan panjang sekitar 3 – 5 cm. ketebalannya cukup bervariasi, ada yang pipih dan ada juga yang tebal. Warna aslinya adalah putih dan agak transparan seperti olahan nata de coco.

Kolang kaling tidak bisa langsung dimakan dari buahnya karena harus dibersihkan dan diolah terlebih dahulu. Buah kolang kaling yang baru diambil dari pohon akan dibakar terlebih dahulu selama beberapa sebelum diambil bijinya.

cara membuat manisan kolang kaling fanta

Bijinya tersebut kemudian difermentasikan dengan cara direndam dalam air kapur selama beberapa hari. Setelah proses perendaman selesai, kolang kaling kemudian dibersihkan dan siap untuk diolah menjadi berbagai makanan dan minuman.

Beberapa olahan makanan yang menggunakan bahan kolang kaling di antaranya adalah kolak dan manisan. Manisan kolang-kaling sendiri banyak ragamnya, ada manisan kering, manisan betawi, dan manisan basah yang menggunakan campuran sirup.

Kolang kaling sendiri memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh karena memiliki kandungan air dan serat yang cukup tinggi. Keduanya sangat berguna untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit yang berkaitan dengan saluran pencernaan.

Selain itu kolang kaling juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga dapat memberikan efek kenyang dengan cepat. Artinya, kolang kaling sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

Bahan-Bahan Manisan Kolang Kaling

Setelah mengetahui seluk beluk serta manfaat yang dimilikinya, sekarang mari kita mulai membahas resep manisan kolang kaling tersebut. Pertama-tama mari kita siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu yakni:

  • Kolang kaling muda sebanyak 1 kg
  • Gula pasir cukup sebanyak 400 gr
  • Cengkih sekitar 10 butir
  • Kayu manis berukuran 5 cm
  • Daun pandan cukup 2 lembar, ikat simpul
  • Air sekiranya sebanyak 1.2 liter
  • Pewarna merah untuk makanan sedikit saja
  • Sirup Fanta secukupnya
advertisement
advertisement

Catatan:

Untuk membuat manisan kolang-kaling, kami sarankan memilih yang berbentuk pipih saja. Pasalnya kolang-kaling yang berbentuk pipih menandakan bahwa usianya masih muda, sehingga jika kita olah nantinya bisa terasa empuk dan lezat.

Setelah memilih kolang-kaling yang tepat, cuci bahan tersebut hingga semua lendirnya hilang total. Lalu rendam dengan air cucian beras selama 2 jam dan cuci kembali untuk memastikan kolang-kaling tersebut bersih secara sempurna.

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling

resep manisan kolang kaling sirup

Setelah semua bahannya terkumpul, sekarang kita bisa langsung mengolahnya. Pertama siapkan terlebih dahulu kompor dan panci rebus. Kemudian rebuslah air bersama dengan bahan-bahan seperti gula pasir, cengkeh, kayu manis, daun pandan, hingga mendidih dan mengeluarkan aroma harum.

Pastikan pula ketika merebus bahan-bahan tersebut, beri adukan-adukan secara perlahan agar semua bahan terlarut secara sempurna. Apabila sudah memastikan semua bahannya terlarut secara maksimal, masukan bahan kolang-kaling ke dalam rebusan tersebut dan rebus dengan menggunakan api kecil.

Tunggu kolang-kaling tersebut hingga matang, mungkin akan memerlukan waktu 30 menitan atau lebih. Untuk mengetahui kolang-kaling sudah matang atau empuk, silahkan gunakan sendok dan ambil satu kolang-kaling kemudian periksa tekstur dan rasanya.

Jika sekiranya kolang-kaling tersebut sudah matang, kini Anda dapat memasukan bahan pewarna makanan agar menambah kecantikan manisan ini nantinya. Tetapi apabila Anda tidak ingin menggunakan pewarna makanan, hal tersebut tidak masalah.

Aduk-aduk rebusan kolang kaling tersebut hingga tercampur secara merata. Jika sudah matang, silahkan angkat lalu sisihkan. Biarkan kolang kaling tersebut menjadi dingin agar siap untuk digunakan dalam proses berikutnya.

Selanjutnya siapkan sebuah gelas atau mangkuk dan tuangkan Fanta yang dingin ke dalamnya. Masukan kolang kaling ke dalamnya lalu tambahkan es serut di atasnya. Kini manisan kolang kaling siap disantap, dan disajikan sebagai camilan santai bersama keluarga tercinta.

Agar camilan yang satu ini semakin lezat, Anda juga bisa menambahkan beragam toping di atasnya seperti susu, keju, meises, coklat, buah-buahan, dan masih banyak lagi. Dengan tambahan beragam toping tersebut, tentunya rasa manisan ini akan semakin lezat di lidah.

Manisan kolang-kaling tersebut juga dapat disimpan di dalam lemari es jika Anda ingin memakannya di lain waktu. Selain menggunakan Fanta, Anda juga bisa menggantinya dengan sirup atau minuman lain yang Anda sukai.

Selain dapat dijadikan manisan, kolang kaling juga sangat cocok untuk dijadikan campuran dari kolak pisang. Untuk membuatnya, Anda dapat mengikuti resep kolak pisang dengan kolang kaling tersebut di artikel ini.

Itulah resep dan cara membuat manisan kolang kaling spesial yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi di atas bisa menjadi sumber referensi masakan bagi Anda. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: