advertisement
advertisement

Bolu gulung meranti merupakan jajanan kue bolu yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kue yang satu ini sangat sering ditemukan saat acara-acara penting, terutama acara yang melibatkan keluarga seperti arisan, pernikahan, pengajian, dan lain sebagainya.

Dengan cita rasa lembut dan nikmat, kue bolu gulung meranti juga sangat cocok disajikan sebagai camilan saat santai bersama dengan keluarga tercinta. Dijamin kue satu ini akan membuat suasana santai Anda semakin seru dan terkesan.

advertisement
advertisement

Untuk pembuatannya sendiri, kue bolu gulung sebenarnya tergolong sebagai kue yang sangat mudah sekali dibuat. Selain itu resep bolu gulung meranti sekarang ini juga sudah banyak di internet. Sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika ingin membuat kue bolu yang satu ini.

Nah pada kesempatan kali ini bacaterus.com juga akan berbagi informasi mengenai resep kue tersebut. Namun sebelumnya mari kita simak dulu sejarah serta asal usul dari kue bolu gulung meranti yang nikmat tersebut.

Sejarah Bolu Gulung Meranti

Bolu gulung meranti merupakan makanan asli Indonesia yang berasal dari kota Medan. Bolu ini pertama kali dibuat oleh Nyonya Ai Ling yang memang sangat hobi membuat kue. Pada saat itu, ia sering menitipkan kue buatannya pada tantenya yang berada di Jalan Meranti.

Kue buatannya tersebut ternyata sangat disukai oleh konsumen. Setiap hari pembelinya semakin bertambah, bahkan dari luar kota sekalipun. Akhirnya, bolu gulung tersebut terkenal dengan nama bolu gulung meranti yang mengambil nama dari jalan tempat tantenya jualan tersebut.

resep bolu gulung meranti

Bentuk dari bolu meranti ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bolu gulung lainnya. Namun bolu ini memiliki tekstur yang lembut serta cita rasa yang sangat khas. Tampilannya juga akan membuat siapapun yang melihatnya akan menahan nafas, apalagi jika sudah diberi toping keju, coklat, dan lainnya.

Kini bolu gulung meranti sudah seakan menjadi oleh-oleh wajib dari Medan selain Bika Ambon. Makanan ini sudah terkenal ke seantero nusantara bahkan hingga ke luar negeri sekalipun. Orang-orang luar biasanya menyebut bolu gulung ini sebagai “Medan Swiss Roll” karena mereka sering menyebut bolu gulung sebagai “Swiss Roll”.

Bahan-Bahan Bolu Gulung Meranti

cara membuat bolu gulung meranti medan

Setelah mengetahui sejarahnya yang cukup unik, sekarang mari kita langsung menuju proses pembuatan resep bolu gulung meranti ini. Pertama-tama silahkan persiapkan terlebih dahulu bahan utamanya berikut ini:

  • Telur ayam kampung sebanyak 4 butir
  • Gula pasir sebanyak 85 gram, haluskan
  • Tepung terigu 50 gram (protein sedang)
  • Maizena sebanyak 12 gram
  • Susu bubuk sebanyak 10 gram
  • Mentega asin sebanyak 85 gram, lelehkan
  • Esens vanila sebanyak 1/4 sendok makan

Bahan isi:

  • Butter cream sebanyak 50 gram, untuk membuatnya silahkan baca artikel ini
  • Keju cheddar parut sebanyak 50 gram

Cara Membuat Bolu Gulung Meranti

Setelah semua bahan yang dibutuhkan untuk pembuatannya siap, mari kita langsung mengeksekusinya. Pertama-tama, siapkan sebuah wadah lalu kocok telur dan gula dalam wadah tersebut hingga mengembang atau mengeluarkan buih-buih.

advertisement
advertisement

Kemudian lanjutkan dengan memasukan tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk sambil diayak agar hasil lebih halus. Aduk-aduk semua bahan tersebut hingga tercampur secara merata dan tidak ada yang masih menggumpal.

Langkah selanjutnya ambil mentega asin dan esens vanila, lalu masukan kedua bahan tersebut secara dikit demi sedikit ke dalam adonan tepung sambil tetap terus diaduk-aduk agar semua bahannya tercampur secara merata.

Pastikan semua bahan sudah tercampur secara merata dalam adonan tersebut. Setelah itu siapkan sebuah loyang berukuran 26 x 26 x 3 cm. Kemudian letakan kertas roti atau kue di loyang tersebut dan olesi dengan margarin cair agar adonan nantinya tidak lengket. Tuang adonan tersebut ke dalam loyang hingga merata.

Setelah itu, siapkan oven dan panggang loyang berisi adonan tersebut selama kurang lebih 20 menit dengan suhu sekitar 190 derajat celcius. Pastikan kue tersebut matang yang ditandai dengan warna berubah coklat kekuning-kuningan.

Apabila sudah matang, olesi adonan tersebut dengan menggunakan buttercream hingga merata dan taburkan keju parut pada salah satu bagian sisinya. Kemudian gulung adonan tersebut dan padatkan. Terakhir potong gulungan tersebut dengan bentuk sesuai selera, dan kini kue bolu gulung meranti siap untuk disajikan.

Selain menggunakan keju, Anda juga bisa menggunakan bahan lainnya untuk dijadikan isi serta toppingnya seperti coklat, meses, abon, selai strawberry, nanas, dan masih banyak lagi. Silahkan kreasikan sesuai dengan keinginan Anda agar rasanya menjadi lebih nikmat lagi.

Dengan tekstur yang lembut dan rasa nikmat pas, kue satu ini bisa menemani waktu santai Anda bersama dengan keluarga atau orang tercinta. Jangan lupa pula siapkan minumnya teh manis atau susu agar kenikmatan kue tersebut semakin menggoyang lidah Anda dan keluarga tercinta.

Bolu gulung meranti ini dapat bertahan hingga tiga hari jika diletakan di tempat biasa. Jika Anda ingin menyimpannya untuk jangka waktu yang lebih lama, maka Anda bisa menaruhnya di lemari pendingin alias kulkas.

Sekian informasi resep bolu gulung meranti nikmat dan spesial asli Medan. Selamat mencoba resep tersebut di rumah dan semoga informasi pada kesempatan kali ini menjadi sumber inspirasi bagi Anda dalam membuat masakan yang sehat dan bergizi tinggi.

Artikel Menarik Lainnya: