advertisements
advertisement

Jenis camilan sekarang ini ada banyak sekali. masing-masing jenis camilan tersebut menawarkan kelezatan yang berbeda-beda. dari banyaknya jenis camilan tersebut, ada satu camilan yang tidak boleh Anda lewatkan saat acara santai bersama keluarga, camilan tersebut adalah Bitterballen.

Mungkin mendengar namanya sudah terasa asing di telinga. Akan tetapi tahukah Anda bahwa sebenarnya camilan satu ini memiliki rasa yang sangat nikmat, terutama akan lebih nikmat apabila dikonsumsi bersama teh hangat ataupun susu saat santai.

Sekilas Mengenai Bitterballen

advertisement
advertisement

Bitterballen sendiri merupakan olahan makanan yang berasal dari kentang, daging, jamur, dan bahan-bahan lainnya. Makanan ini berasal dari negeri kincir angin alias Belanda. Di sana, makanan ini termasuk ke dalam bittergarnituur, yaitu kumpulan snack yang sering disajikan bersama dengan minuman beralkohol.

Bitterballen pertama kali masuk ke Indonesia karena dibawa oleh para penjajah di jaman kolonial. Selain di Indonesia, makanan ini juga populer di negara bekas jajahan Belanda lainnya seperti Suriname dan Antilla Belanda.

Secara sekilas bitterballen ini mirip dengan kroket. Bedanya, kroket berbentuk lonjong sedangkan bitterballen berbentuk bulat kecil. Sebagai informasi, kroket sendiri merupakan makanan asli Belanda sehingga wajar bentuknya mirip dengan bitterballen.

Perbedaan lainnya yang dapat Anda temukan dengan mudah adalah bahan pembuatan dan isinya. Seperti kita ketahui, kroket biasanya menggunakan kentang, wortel, dan sayuran lain sebagai isinya. Sementara bitterballen daging giling, tepung, dan juga susu cair.

resep bitterballen

Daging gilingnya tersebut tidak dijadikan sebagai isian, melainkan digabungkan dengan tepung dan bumbu-bumbu lainnya sehingga teksturnya menjadi lembut dan halus. Di beberapa negara seperti Sri Lanka, bitterballen juga dibuat dari bahan ikan dengan rasa yang sedikit pedas.

Bitterbalen memang cukup sulit ditemukan di Indonesia, namun untuk membuat camilan satu ini sangatlah mudah sekali. Nah berikut bacaterus.com akan mengulas resep Bitterballen spesial yang dapat Anda coba buat sendiri di rumah.

Bahan-Bahan Bitterballen

Dalam resep bitterballen kali ini kita akan menggunakan kombinasi daging giling dan kentang sebagai bahan pembuatannya. Bumbu-bumbunya juga sudah kita sesuaikan agar pas dengan lidah orang Indonesia. Berikut bahan-bahan yang harus Anda siapkan:

  • Kentang seberat 250 gram, kukus dan haluskan
  • Daging giling sebanyak 50 gram
  • Bawang bombay cukup 1/2 buah, cincang halus
  • Jamur kaleng sebanyak 100 gram, diiris halus
  • Tepung terigu sekitar 25 gram (protein sedang)
  • Susu cair sebanyak 150 ml
  • Garam sekitar 3/4 sendok teh
  • Merica bubuk sebanyak 1/4 sendok teh
  • Pala bubuk cukup dengan 1 sendok teh
  • Keju cheddar sebanyak 25 gram, parut
  • Seledri sebanyak 2 tangkai, dicincang halus
  • Margarin 2 sendok makan (untuk menumis)
  • Minyak goreng seperlunya saja

Bahan-bahan pelapis:

  • Telur ayam kampung segar/baru sebanyak 3 butir, dikocok lepas
  • Tepung panir kasar sebanyak 125 gram

Cara Membuat Bitterballen

Apabila semua bahan di atas sudah siap, sekarang mari kita mulai proses pembuatannya. Pertama siapkan wajan untuk tumisan. Kemudian masukan margarin ke wajan tersebut dan tumis bersama dengan bawang bombay hingga tercium bau harum.

cara membuat bitterballen kentang

Apabila sudah mengeluarkan bau harum, masukan daging giling ke wajan tumisan tersebut dan aduk-aduk hingga berubah warna. Setelah itu susul dengan memasukan jamur dan aduk hingga tercampur secara merata.

advertisement
advertisement

Langkah selanjutnya tuang tepung terigu ke dalamnya dan aduklah hingga berbutir kecil-kecil. lanjutkan dengan menuang susu sedikit demi sedikit hingga licin. Agar tercampur secara merata, aduk-aduk terus  semua bahan tersebut.

Kemudian setelah itu, masukan bumbu-bumbu lain seperti garam, merica bubuk, pala bubuk, keju parut, seledri, dan kemudian barulah masukan halusan kentang ke dalamnya. Aduk-aduk hingga terbentuk sebuah adonan.

Selanjutnya ambilah adonan tersebut dan bentuk seperti bola-bola kecil sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. Setelah itu gulingkan adonan bola tersebut di atas tepung panir hingga merata. Kemudian celupkan ke dalam telur dan gulingkan kembali di atas tepung panir tersebut.

Kini tinggal menggoreng adonan tersebut. Untuk menggorengnya, siapkan terlebih dahulu wajan penggorengan yang sudah ada minyaknya. Panaskan wajan tersebut bersama dengan minyak, lalu masukan adonan tersebut ke dalam wajan dan masak hingga matang.

Pastikan Anda menggunakan api sedang untuk menggoreng adonan tersebut, karena jika api terlalu besar akan membuat adonan mudah gosong. Terakhir apabila sudah matang, sajikan Bitterballen kentang daging spesial tersebut selagi masih hangat bersama cemilan lain seperti kroket atau risoles.

Camilan ini juga akan sangat sedap apabila disajikan bersama dengan cabai rawit, saus, mayonaise, dan secangkir teh hangat, terutama saat-saat bersantai bersama dengan keluarga tercinta. Selain itu bitterballen juga dapat dijadikan sebagai perbekalan si buah hati ke sekolah karena kandungan gizi di dalamnya yang cukup banyak.

Selain menggunakan kentang dan daging giling, Anda juga dapat mengkombinasikan adonan bitterballen ini dengan bahan lainnya seperti keju, makaroni, dan roti tawar. Daging sapi yang digunakan juga bisa diganti dengan daging ayam.

Agar lebih praktis ketika memasaknya, Anda dapat membuat adonan bitterballen sebanyak-banyaknya terlebih dahulu. Setelah itu simpan adonan mentah tersebut di dalam lemari es. Selanjutnya, Anda hanya tinggal memasak adonan tersebut ketika ingin memakannya.

Itulah informasi singkat mengenai cara membuat Bitterballen kentang daging spesial yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba resep Bitterballen di atas dan semoga resep tersebut dapat menjadi sumber referensi bagi Anda.

Artikel Menarik Lainnya: