advertisements

Asinan Betawi merupakan kuliner khas Jakarta yang sudah ada sejak jaman dahulu kala. Pecinta kuliner satu ini sejak jaman dahulu hingga sekarang seakan tidak pernah ada habisnya. Baik yang berasal dari kalangan orang tua ataupun anak-anak muda.

Asinan betawi sendiri terbuat dari beragam sayuran segar dan disiram dengan menggunakan kuah asam yang sedikit pedas. Tentunya hal tersebut akan membuat kuliner satu ini semakin menempel di lidah. Sayuran yang digunakan sendiri sangat bervariasi, mulai dari mentimun, wortel, lokio, sawi asin, dan lainnya.

advertisements

Asinan betawi memiliki kemiripan dengan asinan Bogor, terutama dari bahan dan juga bumbu yang digunakan. Hal tersebut sebenarnya tidaklah mengherankan karena Jakarta dan Bogor merupakan daerah yang berdekatan sehingga memiliki kesamaan dalam beberapa macam kuliner.

Asinan betawi biasanya sangat identik dengan sayuran sedangkan asinan Bogor dengan buah-buahan. Meskipun begitu, terdapat juga asinan bogor yang dibuat dari campuran sayur dan buah-buahan seperti yang pernah kami ulas resepnya di artikel ini.

Asinan betawi sangat cocok apabila dinikmati bersama dengan keluarga tercinta. Karena selain memberikan rasa yang lezat, kandungan nilai gizi pada sayurannya juga dipercaya mampu mendukung tumbuh kembang si kecil.

resep asinan betawi sayur

Di kota Jakarta Anda dapat dengan mudah menemukan pedagang yang menjual asinan betawi ini meskipun semakin hari semakin berkurang saja karena tergerus oleh berbagai kuliner modern. Namun Anda juga dapat mencoba membuatnya sendiri tanpa harus repot pergi ke Jakarta.

Nah bagi Anda yang ingin menyajikan kuliner satu ini untuk keluarga tercinta, berikut ini bacaterus.com akan membagikan informasi singkat mengenai resep asinan Betawi tersebut. Resepnya ini terbilang cukup mudah dan bisa Anda coba langsung di rumah sekarang juga.

Bahan-Bahan Asinan Betawi

Untuk resep asinan betawi ini kita akan membutuhkan 4 macam bahan sekaligus yakni bahan utama, bahan untuk kuah, bahan untuk bumbu halusan, dan bahan untuk taburan. Nah, berikut adalah bahan-bahan utama yang harus Anda siapkan:

  • Taoge panjang sebanyak 200 gram, sangrai
  • Mentimun cukup dengan 2 buah, ambil bijinya, lalu iris tipis
  • Kol sebanyak 2 lembar, iris halus
  • Wortel sebanyak 150 gram, potong korek api
  • Bengkuang cukup sebanyak 200 gram, potong korek api
  • Sawi asin sekitar 200 gram, peras airnya lalu iris tipis
  • Tahu takwa cukup dengan 200 gram, kukus lalu potong dadu
  • Lokio sekitar 50 gram saja, bersihkan lalu potong bagian akarnya

Bahan kuah asinan Betawi:

  • Gula merah sebanyak 500 gram, sisir
  • Cuka masak sekiranya 2 sendok makan
  • Air matang cukup 1 liter

Bahan bumbu halusan:

  • Cabai merah keriting sebanyak 6 buah
  • Ebi cukup sebanyak 75 gram, sangrai
  • Cabai merah besar┬ásekitar 4 buah
  • Garam sekiranya 1/2 sendok teh
  • Gula pasir sebanyak 100 gram

Bahan untuk taburan asinan betawi:

  • Kacang tanah goreng seperlunya.
  • Kerupuk mi sesuai selera.

Cara Membuat Asinan Betawi

Setelah semua bahan terkumpul, mari kita langsung mengolahnya. Pertama kalinya kita dapat membuat kuah takwa terlebih dahulu. Caranya terlebih dahulu campur air dan gula pasir bersama dengan bumbu halusan di dalam sebuah panci. Aduk-aduk bahan tersebut agar bisa tercampur secara merata.

advertisements

https://www.youtube.com/watch?v=XlujIt0gozs

Setelah itu masak bahan-bahan tersebut dengan menggunakan api sedang sampai benar-benar mendidih. Sambil memasak sesekali berikan adukan-adukan agar semua bahan matang secara keseluruhan. Angkat dan tambahkan cuka masak ke dalam rebusan tersebut.

Setelah menambah cuka, aduk kembali bahan-bahan tersebut agar bisa tercampur secara merata. Supaya kuah memiliki tekture yang lebih bersih, saring kuah tersebut dengan sebuah alat penyaring. Diamkan terlebih dahulu kuah tersebut hingga dingin.

Selanjutnya setelah kuah tersebut dingin, masukan semua bahan utama yang telah kita persiapkan kecuali sawi asin. Kemudian tambahkan tahu takwa dan masukan olahan tersebut dalam lemari es agar semua bumbu dapat meresap secara optimal.

Susun sawi asin dengan rapi bersama dengan potongan tahu. Jangan lupa taburi asinan Betawi tersebut dengan bahan taburan yang telah kita persiapkan tadi, yaitu kacang tanah dan juga kerupuk mi. Sajikan dalam keadaan dingin.

Itulah sajian informasi singkat mengenai resep asinan Betawi yang dapat kami sampaikan. Asinan betawi ini sangat cocok untuk dijadikan cemilan dalam menemani waktu santai Anda. Selamat mencoba dan menikmati kuliner lezat tersebut.

Artikel Menarik Lainnya: