advertisements

Siapa yang tidak kenal dengan apem? Kue yang banyak disajikan saat bulan puasa ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. penggemar dari apem tidak hanya berasal dari golongan orang dewasa saja, akan tetapi apem juga banyak digemari oleh anak-anak dan kaum remaja.

Apem sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu kala, tepatnya sejak Islam mulai masuk di Indonesia. Hingga saat ini apem masih banyak digunakan oleh masyarakat di tanah Jawa sebagai makanan yang wajib ada di acara-cara hajatan khusus sebagai hidangan para tamu.

advertisements

Kue apem yang ada di Indonesia sendiri sangat beragam jenisnya, mulai dari apem betawi, mekar, jawa, kukus, bakar, beras, talipuk, hingga selong. Salah satu jenis apem yang cukup populer adalah apem selong. Apem jenis ini sangat terkenal di Surabaya dan bahkan di sana camilan satu ini sudah banyak dijajakan di tepian jalan oleh para pedagang kaki lima.

Meskipun terkenal di Surabaya, namun sebenarnya apem ini bukanlah makanan asli dari tanah Jawa. Konon makanan ini berasal dari kawasan Asia Selatan atau lebih tepatnya negara Sri Langka. Di sana, masyarakatnya menyebut makanan ini sebagai “appam”.

Ketika masuk ke Indonesia, makanan ini biasa disebut sebagai “appam ceylon” untuk membedakannya dengan kenis apem yang lain. Ceylon sendiri merupakan nama dari negara Sri Langka pada jaman dahulu kala.

Karena orang Indonesia kesulitan untuk melafalkan namanya, akhirnya orang-orang lebih sering menyebutnya sebagai apem selong, yang merupakan plesetan dari appam ceylon. Selain itu, ada juga yang menyebutnya sebagai apem renda karena bentuk pinggirannya seperti motif kain renda.

cara membuat apem selong

Sama seperti apem yang lainnya, apem selong juga berbentuk bulat dan dibuat dengan bahan dasar tepung beras. Bedanya, apem selong memiliki pinggiran atau tepian berupa kulit kering yang mengelilinginya. Kulit kering tersebut akan memberikan tekstur crispy seperti halnya kulit pada pinggiran martabak manis.

Bentuknya yang unik tersebut juga akan berpadu dengan rasa gurih dan empuk dari apem ini. Agar menambah aroma serta cita rasanya yang khas, masyarakat juga biasanya menambahkan air kelapa kepada adonan apem selong ini.

Orang-orang biasanya membuat apem selong ini dengan menggunakan wajan cekung atau cetakan untuk kue serabi. Seiring dengan berkembangnya jaman, apem ini juga banyak dikombinasikan dengan topping yang lezat seperti keju, coklat, dan lainnya.

Hingga sekarang apem selong masih tetap eksis dan populer di kalangan masyarakat meskipun sudah agak sulit menemukannya karena jarang ada pedagang yang menjualnya. Akan tetapi Anda tetap bisa membuat apem sendiri di rumah. Nah, maka dari itu kali ini bacaterus.com akan mengulas resep apem selong yang lembut dan istimewa khas Surabaya. Bagaimanakah caranya?

Bahan-Bahan Apem Selong

resep apem selong

Sebelum membuatnya, pertama-tama mari kita persiapkan terlebih dahulu berbagai bahan yang akan digunakan dalam resep apem selong ini. Dalam contoh kali ini kita kan membuat apel selong polos tanpa tambahan toping. Berikut bahan-bahannya:

  • Gula pasir sebanyak 650 gram
  • Santan matang sekitar 600 ml
  • Tepung beras cukup dengan 500 gram
  • Ragi instan sekitar 2 sendok makan
  • Tepung tapioka sekitar 50 gram
  • Telur ayam cukup 4 butir
  • Garam seperlunya
  • Air kelapa sekitar 400 ml
  • Vanilli secukupnya

Cara Membuat Apem Selong

advertisements

Apabila semua bahan pembuatannya sudah siap, sekarang mari kita mulai langkah-langkah pembuatannya. Pertama-tama kita campur antara air kelapa 400 ml dengan 2 sendok makan ragi instan lalu aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur secara merata. Sisihkan.

Setelah kedua bahan tersebut tercampur secara merata, campurkan antara tepung beras, tepung tapioka, gula, garam, dan juga vanili ke dalam sebuah wadah. Kemudian aduk-aduk semuanya hingga tercampur secara merata.

Selanjutnya masukan telur ke dalam campuran antara air kelapa dan ragi tadi lalu aduk-aduk kembali hingga merata. Apabila sudah tercampur secara merata masukan ke dalam campuran adonan tepung beras.

Langkah selanjutnya, masukan juga santan kelapa ke dalam adonan tersebut dan aduk-aduk hingga tercampur merata, serta pastikan pula adonan tersebut mengembang. Selanjutnya sisihkan atau diamkan selama kurang lebih 1 jam.

Kini kita masuk pada langkah pemasakan, untuk memasak adonan tersebut terlebih dahulu siapkan wajan cekung atau cetakan serabi yang sudah diolesi minyak agar tidak lengket. Kemudian ambil sekitar 1 sendok sayur adonan apem selong tersebut dan letakan di atas cetakan.

Selanjutnya tekan adonan tersebut dengan sendok sayur sambil menggoyang-goyangkan wajan atau cetakannya. Langkah ini bertujuan untuk menciptakan kulit kering di sekeliling apemnya yang merupakan ciri khas dari apem selong.

Setelah kulit keringnya terbentuk, silahkan masak adonan tersebut dengan api sedang hingga berubah warna menjadi kecoklat-coklatan. Apabila sudah matang, sajikan apem selong ini selagi masih hangat-hangatnya.

Untuk menambah nikmat ketika mengonsumsi apem selong tersebut, Anda bisa menambahkan toping di atasnya. Toping yang bisa Anda pilih antara lain seperti susu kental manis, susu coklat, selai, meses, keju, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa menambah kenikmatan kue apem selong tersebut dengan cara mengonsumsinya bersama secangkir teh hangat, kopi, ataupun wedang jahe. Untuk membuat wedang jahe yang nikmat ala angkringan, silahkan simak resepnya di sini.

Demikian informasi mengenai resep apem selong lembut dan istimewa khas Surabaya. Sajikan apem selong ini saat ada momen-momen penting keluarga, seperti saat menggelar hajatan, jamuan tamu, pesta, arisan, dan lain sebagainya. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: