advertisements

Siapa yang tidak kenal dengan risoles? Semua orang pasti sudah mengenal banyak tentang camilan khas satu ini. Biasanya risoles disajikan saat ada moment atau acara penting, seperti acara arisan sampai dengan acara-acara hajatan pernikahan yang besar. Rasanya yang khas, membuat jajanan satu ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Risoles merupakan jajanan tradisional yang memiliki isian di dalamnya. Isian yang digunakan pun cukup beraneka ragam, ada yang menggunakan isian dadaran telur, potongan sayuran, sambal ati, dan masih banyak lagi yang lainnya. Seiring dengan perkembangannya, isian yang digunakan untuk risoles cukup lengkap sekali. Sehingga akan membuat lidah Anda semakin dimanjakan.

Sekilas Tentang Risoles

advertisements

Risoles sebenarnya berasal dari kata Belanda, yakni rissole yang biasa diisi dengan daging cincang dan digoreng. Namun ada pula risoles yang dipanggang dalam oven. Sedangkan untuk bagian luarnya sendiri, risoles menggunakan tepung panir yang digoreng sampai garing.

Menurut catatan sejarah di Wikipedia, makanan satu ini sebenarnya sudah ada sejak abad ke 13, di mana saat itu risoles dikenal dengan sebutan roinsolles. Muncul di Belanda, makanan satu ini perkembangannya cukup pesat. Tidak perlu waktu yang lama, risoles sudah mampu menjamah ke seluruh penjuru dunia, termasuk salah satunya di Indonesia.

resep american risoles enak

Di Indonesia pun, risoles masih terbagi lagi menjadi beragam varian. Ada risoles isi daging ayam, risoles jamur, risoles ragout, dan masih banyak lagi. Salah satu varian jajanan ini yang cukup populer di tanah air adalah American Risoles.

Meskipun namanya american risoles, namun cemilan yang satu ini sama sekali bukan berasal dari Amerika. Malah konon katanya orang Amerika sama sekali tidak memiliki resep risoles yang khas karena mereka hanya mengetahui resep risoles yang asli dari Eropa.

Lantas mengapa dinamakan american risoles? Jawabannya terdapat pada isinya. Ya, risoles ini menggunakan isian smoked beef, keju, dan mayonaise yang merupakan makanan khas negara barat. Maka dari itu, orang Indonesia akhirnya menyebut makanan yang satu ini sebagai american risoles.

Bahan-Bahan American Risoles

cara membuat american risoles mayonaise

Pada kesempatan yang baik kali ini bacaterus.com akan mencoba berbagi resep American Risoles yang sangat mudah. Namun sebelum itu, lebih baik persiapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan, adapun bahan-bahan tersebut antara lain:

  • Tepung terigu sebanyak 100 gr
  • Garam cukup dengan 1 sdt
  • Telur sebanyak 3 btr
  • Susu cair sebanyak 250 ml
  • Mentega kiranya 1 sdm, lelehkan
  • Margarine untuk olesan secukupnya saja

Bahan untuk membuat isian risoles:

  • Smoked beef sekitar 4 lbr, potong kecil 1 x 3 cm
  • Keju cheddar parut sebanyak 100 gr
  • Telur rebus cukup dengan 4 btr, potong kecil
  • Telur ayam kampung cukup 1 butir, kocok lepas.
  • Tepung panir sebanyak 250 gr.
  • Minyak goreng sebanyak ½ Kg
  • Mayonaisse sekiranya 6 sdm, dicampur dengan sedikit susu kental manis dan saos tomat (jika ingin lebih pedas bisa diganti saus sambal)

Cara Membuat American Risoles

Langkah pertama kita bisa membuat kulit dari risoles terlebih dahulu. Caranya, campur antara tepung terigu bersama dengan garam sampai merata. Lalu pecahkan telur ayam ke dalam campuran tepung terigu tersebut. Setelah itu tambahkan susu kental manis sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi licin dan halus.

Selanjutnya masukan mentega ke dalam adonan yang telah Anda buat tadi, lalu tutup adonan dengan menggunakan plastik kurang lebih 30 menitan. Olesi wajan dadar dengan menggunakan margarine, usahakan wajan dadar tersebut memiliki diameter mencapai 12 cm. Panaskan.

advertisements

Sekarang tuang adonan kulit tadi sebanyak 1 sendok makan ke dalam wajan panas tersebut. Lakukan penggorengan seperti Anda mendadar telur, tetapi jangan lama cukup 2-3 menit saja. Ini nanti akan menghasilkan kulir risoles sebanyak 14 lembar.

Untuk langkah-langah yang lebih lengkap mengenai cara pembuatan kulit risoles ini, Anda dapat menyimaknya di artikel ini. Setelah selesai membuat kulitnya, kini kita akan melanjutkan resep american risoles ini dengan membuat isinya.

Caranya, bentangkan kulit risoles terlebih dahulu, kemudian beri potongan smoked beef, potongan telur rebus, dan sedikit keju parut. Kemudian lipat kulit risoles tadi sampai membentuk amplop. Sisihkan terlebih dahulu.

Ulangi langkah di atas sampai bahan isian dan kulitnya habis semua. Selanjutnya celupkan risoles tersebut ke telur kocok dan gulingkan di dalam tepung panir sampai merata. Setelah selesai, simpan risoles tadi dalam lemari pendingin selama kurang lebih 1 jam.

Sambil menunggu, panaskan minyak secukupnya. Nah setelah mendiamkan risoles tadi dalam lemari pendingin selama 1 jam, ambil risoles tersebut dan goreng sampai matang atau ditandai dengan perubahan warna menjadi kuning kecoklatan.

Kini American Risoles siap untuk disantap, sajikan risoles satu ini selagi masih hangat-hangatnya. Risoles ini sangat pas dinikmati di waktu bersantai Anda sambil menonton televisi. Jika suka pedas, maka Anda bisa memakannya bersama dengan cabe rawit atau saus tomat.

Tips Membuat American Risoles yang Nikmat

Memang cara membuat American Risoles itu sangatlah mudah, akan tetapi banyak orang mengalami kegagalan yang mengakibatkan tekstur dari risoles menjadi pecah-pecah. Kegagalan ini pada dasarnya dapat disebabkan karena 2 faktor, yakni terlalu lama saat mengoreng dan ketika masih dingin (dari kulkas) langsung digoreng dalam minyak panas.

Nah untuk mengatasi kegagalan saat membuat American Risoles tersebut, berikut ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan saat mengolahnya:

  • Pastikan isi dari risoles tersebut padat dan rapat secara lebih sempurna
  • Setelah digulingkan pada tepung panir, masukan risoles terlebih dahulu ke dalam chiller minimal 1 jam. Hal ini bertujuan agar tepung panir menempel secara sempurna.
  • Ketika menggoreng, usahakan menggunakan api kecil sampai sedang. Sebab jiika terlalu besar, tekstur dari risoles bisa menjadi pecah-pecah.
  • Apabila risoles yang Anda buat menggelembung saat digoreng, tusuklah gelembung tersebut dengan menggunakan lidi atau tusuk sate. Dengan demikian, risoles akan kembali ke bentuk semula lagi.

Nah, itulah sajian informasi singkat seputar resep American Risoles yang dapat kami sampaikan. Anda dapat menyajikan american risoles ini dengan risoles ragout yang tidak kalah nikmat dan pernah kami ulas resepnya di artikel ini. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: