advertisements

Seiring berjalannya waktu banyak hal yang tak dapat dielakkan, terutama penuaan. Semua orang mendambakan wajah yang awet muda, terutama wanita. Banyak cara yang akan dilakukan demi mendapatkan wajah yang awet muda, mulai dari tips awet muda yang alami sampai dengan yang non-alami. Bahkan ada beberapa yang rela mengoperasi wajah mereka agar terlihat lebih muda.

Kali ini saya akan membahas beberapa tips dan trik agar selalu awet muda yang mudah untuk dilakukan oleh para pembaca semuanya. Untuk itu mari kita simak beberapa hal yang patut di perhatikan berikut ini.

Selalu Bahagia

advertisements

Kenapa harus selalu bahagia? Karena rasa bahagia akan memancarkan aura positif dari dalam tubuh. Anda akan menjadi lebih percaya diri dan terlihat lebih cantik. Percaya atau tidak hal ini memang mempengaruhi kadar kecantikan Anda. Cobalah tanamkan rasa bahagia dan percaya diri pada diri Anda, niscaya aura yang akan keluar dari diri Anda akan terlihat berbeda dan ‘cantik’.

Jaga Pola Makan

Apa hubungannya awet muda dengan makanan? tentu saja ada hubungannya! segala hal yang masuk ke tubuh itu pasti akan ada dampaknya pada tubuh kita, termasuk wajah yang kadar awet mudanya menurun.

Tahu gak sih? Kebanyakan mengkonsumsi makanan yang bemuatan negatif akan membuat pertumbuhan mikroba terjadi secara berlebihan. Jika populasi mikroba yang ada pada tubuh kita sudah melewati ambang normal, maka tubuh kita pun akan kekurangan nutrisi karena dimakan oleh mikroba tersebut.

tips awet muda

Akibatnya, tumpukan ‘sampah’ dalam tubuh pun tak dapat di hindari. Sampah yang dimaksud disini yaitu lemak-lemak jahat yang sulit untuk dicerna oleh tubuh. Terus apa efeknya? Efeknya tentu saja mempengaruhi kesehatan tubuh. Paling mencolok yaitu tampilan usia.

Jalan satu-satunya untuk mencegah hal tersebut adalah dengan menyeimbangkan pola makan Anda. Jangan hanya mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat saja tetapi juga harus diseimbangkan dengan serat dan juga vitamin dari buah dan sayur agar tubuh mendapatkan semua nutrisinya. Silahkan baca artikel ini untuk ulasan lebih lanjut mengenai pola makan yang baik.

Perbanyak Minum Air Putih

Sebagian besar tubuh terdiri dari air. Jika tubuh kekurangan air maka beberapa fungsi tubuh akan terganggu. Peran penting air yaitu untuk melarutkan dan mengantarkan nutrisi di dalam tubuh serta menjaga pencernaan dan juga mengalirkan zat-zat sisa dan zat-zat racun dari dalam tubuh.

Bisa Anda bayangkan bukan jika Anda kekurangan air dalam tubuh Anda? selain mengalami dehidrasi, hal ini juga akan berdampak pada kesehatan Anda yang lain, salah satunya penuaan. Artinya, selain membantu kesehatan tubuh kita, air putih pun dapat membuat wajah awet muda alami dan cantik. Cukup minum air putih 8 gelas sehari.

Istirahat Yang Cukup

cara mengecilkan perut buncit tidur

Tidur adalah istirahat yang sangat membantu untuk regenerasi kulit. Pada saat tertidur, aktifitas kulit menjadi aktif. Kulit akan melakukan regenerasi pada sel-sel yang mati atau rusak, termasuk kulit pada wajah Anda. Tidur yang cukup membantu fungsi tubuh menjadi optimal kembali dan hal ini berefek pada kesehatan dan kecantikan. Sebagai tambahan ada baiknya jika Anda melakukan beberapa hal ini sebelum tidur.

  1. Bersihkan wajah Anda

Membersihkan wajah sebelum tidur sangat bermanfaat untuk menghapus debu dan kotoran pada wajah, serta menghapus bekas make up yang seharian sudah Anda kenakan. Hal ini membantu mempermudahnya regenerasi pada kulit dan membuat oksigen lebih mudah untuk masuk ke pori-pori wajah Anda.

  1. Menggosok gigi
advertisements

Selain memperhatikan kecantikan wajah, kesehatan gigi pun tak boleh luput dari perhatian Anda. Bayangkan saja jika Anda memiliki wajah cantik namun gigi Anda tak terawat? Bukankah itu pun mengurangi kadar kecantikan Anda? Karena itulah menggosok gigi merupakan hal yang sebaiknya Anda lakukan sebelum tidur.

  1. Gunakan pelembab malam

Lho, bukannya tadi wajahnya sudah dibersihkan? kenapa sekarang harus dipakaikan pelembab malam? hal ini karena pada saat Kita tidur di malam hari kita tidak mengkonsumsi makanan mau pun minuman, hal ini akan menyebabkan kulit kekurangan cairan karena kering. Oleh karena itu kita dapat melembabkan kulit kita dengan pelembab tersebut.

Bersihkan Wajah Secara Maksimal dan Teratur

Tentu saja hal ini sangat penting untuk diketahui. Membersihkan wajah secara maksimal dan teratur dapat mengangkat kotoran yang menutupi pori-pori wajah. Adanya kotoran di wajah dapat menyumbat pori-pori, sehingga menyebabkan tersumbatnya berbagai zat sisa dan zat racun yang akan dikeluarkan melalui kulit.

Akibatnya muncul jerawat serta komedo pada wajah dan menyebabkan wajah terlihat kusam. Usahakan bersihkan wajah pada pagi hari sesudah bangun tidur dan sehabis berpergian dari luar rumah, serta saat malam hari.

Rajin Berolahraga

cara mengecilkan perut buncit olahraga

Olah raga membantu tubuh untuk membakar lemak dan juga baik bagi kesehatan jantung. Olahraga juga dapat merangsang sistem hiposis hipotalamus pada otak. Sistem tersebut diketahui dapat mengeluarkan hormon anti aging yang sangat kuat.

Usahakan berolahraga 3 kali dalam seminggu selama 30 sampai 60 menit. Jika tidak sempat Anda dapat melakukan olah raga kecil, misalnya dengan melakukan jogging ringan atau berjalan-jalan mengelilingi rumah selama 15 menit.

Perbanyak Mengkonsumsi Buah

Buah kaya akan serat dan vitamin untuk tubuh. Tubuh sangat memerlukan vitamin serta serat. Hal ini dikarenakan vitamin dan serat sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh. Ada beberapa buah yang dapat membantu mencegah penuaan, yakni sebagai berikut :

  1. Wortel

Di dalam wortel terkandung Vitamin A yang baik untuk mata. Selain itu, wortel pun mengandung betakroten yang baik untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

  1. Paprika Merah

Selain mengandung betakroten, paprika merah pun kaya akan Vitamin C. Paprika merah memiliki fungsi pembentukan kolagen yang secara alami mengencangkan kulit.

  1. Stroberi

Buah ini kaya akan Vitamin C yang baik untuk kulit Anda. Buah ini pun mengandung asam Alegik yang membantu mengurangi kerusakan pada DNA (Deoxyribonucleic Acid) yang memicu timbulnya kerutan.

  1. Anggur

Anggur memiliki kandungan anthocyanins yang sangat bermanfaat untuk mencegah vena melilit dan membantu pembentukan kolagen. Selain itu kandungan tersebut juga dapat memperkuat pembuluh darah yang berfungsi untuk menyebarkan oksigen dan nutrisi serta membuang racun dari dalam tubuh.

  1. Alpukat

Vitamin E yang di terdapat pada alpukat sangat baik untuk memerangi radikal bebas dan merangsang pembentukan sel kulit baru, serta menguatkan jaringan kolagen. Alpukat pun membantu mengurangi resiko terkena kanker kulit.

  1. Apel

Selain kaya akan Vitamin C, apel pun kaya akan Plavanoid yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari kanker paru-paru dan kanker usus. Zat tersebut pun dapat melawan kolesterol jahat dan meningkatkan kolestrol baik.

Gunakan Masker Alami

manfaat minyak zaitun masker wajah

Menggunakan masker juga merupakan salah satu tips awet muda. Namun pastikan Anda selalu menggunakan masker berbahan alami. Penggunaan bahan alami itu selain lebih aman juga tentunya lebih mudah dan terjangkau bagi siapa pun. Berikut beberapa masker alami yang baik bagi wajah agar tetap awet muda.

  1. Masker Putih Telur

Putih telur dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah serta dapat mengencangkan wajah. Caranya pun cukup mudah, cukup oleskan wajah Anda dengan putih telurnya saja secara merata. Usahakan jangan banyak melakukan pergerakan pada saat menggunakan masker ini.

  1. Masker Pisang

Selain lezat disantap, pisang pun dapat diolah menjadi masker yang membantu wajah agar tetap awet muda. Caranya haluskan pisang menggunakan sendok, sesudah hancur Anda bisa mengoleskannya pada wajah Anda secara merata. Tunggu sampai kurang lebih 20 menit lalu bersihkan wajah Anda dengan air dingin.

  1. Masker Jeruk Nipis

Penggunaan masker jeruk nipis pun sangat mudah, cukup campurkan perasan jeruk nipis dengan putih telur lalu oleskan ke seluruh wajah hingga merata. Tunggu hingga mengering lalu bilas hinga bersih.

Trik Awet Muda Lainnya

Selain berbagai macam tips dan trik di atas, terdapat pula beberapa trik sederhana bagi yang ingin selalu tampak muda. Meskipun terkesan sepele, namun manfaat yang ditimbulkannya cukup besar.

  1. Jangan melakukan tindakan yang menyebabkan kulit terkelupas secara paksa atau tindakan berlebihan yang tidak diperlukan.
  2. Hindari kontak dengan sinar matahari secara langsung.
  3. Perhatikan kebersihan kulit pada saat sebelum dan sesudah tidur.
  4. Jangan menggunakan spon kasar ketika membersihkan kulit.
  5. Jangan menggosok kulit dengan benda kasar karena dapat menyebabkan iritasi.
  6. Jangan mencabuti rambut halus kecuali dalam keadaan darurat.

Demikian ulasan rahasia dan tips awet muda yang dapat saya berikan pada kesempatan kali ini. Ingat, usia bukanlah penghalang bagi kita semua untuk tetap tampil muda dan penuh pesona. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semuanya dan jangan lupa untuk terus membaca tips dan trik kecantikan dari kami yang lainnya.

Artikel Menarik Lainnya: