advertisements

Selain memiliki pantai yang indah, Maluku juga memiliki beberapa Pulau yang sudah tidak diragukan lagi keindahan dan juga kecantikannya. Indonesia merupakan daerah kepulauan, maka tidak mustahil jika di Indonesia banyak terdapat pulau-pulau kecil yang memiliki keindahan dan pesonanya masing-masing di setiap daerah, termasuk Maluku.

Jika Anda punya rencana untuk berkunjung ke Maluku dalam waktu dekat ini, jangan lupa untuk mengunjungi berbagai pulau cantik yang ada di sana. Nah, berikut ini adalah 6 Pulau cantik di Maluku yang wajib dikunjungi tersebut.

Pulau Ora dan Pantai Ora

advertisements

Pulau Ora adalah Pulau yang memiliki Pantai dengan air yang jernih, sehingga terumbu karang di dasar laut dapat dengan mudah terlihat dari permukaan. Selain itu, di Pulau ini juga terdapat penginapan apung di atas permukaan air laut.

Keindahan pegunungan yang hijau diiringi oleh kicauan burung-burung kecil, deburan ombak dan birunya langit Maluku menambah kecantikan dan keindahan dari Pulau ini. Jika Anda sudah berkunjung ke sini dijamin pasti Anda tidak mau pulang.

pulau cantik ora

Saat ini, Pulau Ora sudah mulai dikenal oleh banyak orang, baik dari luar daerah maupun dari dalam daerah Maluku. Pulau Ora menjadi semakin ramai dan banyak pengunjung sejak disiarkan pada acara adventure dan traveler di salah satu stasiun televisi. Sejak saat itu, pamor dari Pulau dan Pantai Ora semakin meningkat dan semakin banyak orang yang datang berkunjung ke Pulau Ora.

Pulau Osi dan Pulau Marsegu

Pulau Osi dan Pulau Marsegu

Pulau Osi adalah salah satu Pulau yang saat ini menjadi objek wisata di daerah Maluku. Pulau ini menyediakan pemandangan yang cukup menawan, dan di Pulau ini juga sudah tersedia resort nyaman yang berdiri di atas perairan Pulau Osi.

Sebenarnya, Pulau Osi memiliki dan terdiri dari beberapa Pulau-Pulau kecil. Pulau-Pulau tersebut terhubung dengan jembatan yang terbuat dari kayu yang membentang di atas permukaan air laut.

Pulau Osi juga berada dekat dengan Pulau Marsegu. Pulau Marsegu merupakan salah satu anakan dari Pulau Osi. Di Pulau Marsegu Anda bisa menyelam, diving atau hanya sekedar menikmati keasrian dari Pulau yang tak berpenghuni ini.

Saat ini, Belum banyak yang mengetahui tentang Pulau Marsegu. Sehingga, jika Anda berkunjung ke Pulau Marsegu Anda akan merasa bahwa Pulau cantik ini milik Anda, semacam private Island gitu.

Pulau Nusa Pombo

Pulau Nusa Pombo

Pulau Nusa Pombo adalah Pulau cantik yang terletak di tengah-tengah, berada di antara Pulau Ambon dan Pulau Haruku. Pulau ini dikenal sebagai tempat favorite bagi para penyelam.

advertisements

Keindahan alam bawah laut dengan terumbu karang yang berwarna-warni dan masih terjaga kealamiannya membuat Pulau ini menjadi salah satu objek wisata di daerah Maluku. Selain menyelam, Anda juga dapat menikmati keindahan pulau ini dengan berkeliling menggunakan perahu.

Ada batu-batu raksasa yang berbentuk seperti tebing-tebing besar yang menjulang tinggi di atas permukaan air laut. Batu-batu tersebut menambah keindahan dari Pulau Nusa Pombo. Batu-batu tersebut juga menjadi ciri khas tersendiri dari Pulau Nusa Pombo ini.

Pulau Tumaho

Pulau Tumaho. Pulau ini dikelilingi oleh hamparan pasir putih dan terumbu karang di seluruh pesisir pantainya. Pengunjung dapat melakukan kegiatan menyelam di pantai-pantai atau wilayah perairan di Pulau Tumaho ini.

Pulau Tumaho

Selain itu, dari Pulau ini juga Pengunjung dapat melihat gunung dengan ketinggian 2490 mdpl yang berada di tengah laut, dan merupakan daratan tertinggi di Kabupaten Buru. Gunung tersebut disebut oleh penduduk dengan sebutan Gunung Kepala Mada. Pulau ini berlokasi di Kota Namlea, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku.

Pulau Banda/Bandanaira

Pulau Banda/Bandanaira

Pulau Banda berada di daerah kepulauan Banda. Bandanaira adalah nama dari satu-satunya kota yang berada di Kepulauan Banda. Pulau Banda memiliki banyak tempat wisata yang sudah pasti tidak diragukan lagi keindahannya.

Selain Pantai dan keindahan bawah lautnya, di Banda juga terdapat Gunung berapi yang masih aktif dan Gunung tersebut membuat panorama Pulau Banda menjadi lebih menawan. Gunung itu berada di tengah laut dan berhadapan langsung dengan Kota Bandanaira.

Pulau Bair

Pulau Bair

Pulau Bair mungkin belum banyak yang tahu. Pulau Bair disebut-sebut sebagai Raja Ampat dari Maluku. Dengan keunikan dan daya tarik tersendiri yang berbeda dari pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya.

Pulau cantik ini memiliki dua teluk yang dipenuhi dengan air laut, jernih dan tenang. Deretan hutan mangrove dan tebing-tebing batu membuatnya sekilas terlihat seperti Raja Ampat di Papua, namun dengan skala yang lebih kecil.

Pulau ini berlokasi di daerah Kota Tual, Provinsi Maluku dan bersebelahan atau berada dekat dengan Kabupaten Maluku Tenggara. Karena tempatnya yang terpencil, menyebabkan hanya sedikit orang yang meyadari akan keberadan dari Pulau Bair ini. Keasrian dan kealamian dari Pulau ini masih terjaga dengan baik. Jika Anda beruntung, Anda akan melihat beberapa ikan langka yang berenang di teluk.

Demikian ulasan mengenai 6 Pulau cantik yang ada di Maluku. Jika Anda berkunjung ke Maluku jangan lupa untuk mampir ke 6 Pulau ini. Dijamin pasti tidak akan menyesal jika mampir ke Pulau-pulau tersebut. Kalau sudah main pasti tidak ingin pulang lagi karena  bisa menyegarkan pikiran dan menghilangkan stress.

Yuk main ke Maluku. Jika Anda memiliki saran mengenai tempat-tempat menarik lainnya di Maluku, silahkan bagikan dengan kami di kolom komentar.

Artikel Menarik Lainnya:
Referensi dan sumber gambar: