advertisements
advertisement

Girlband dan Boyband menjadi salah satu entertainment yang populer saat ini. Siapa yang tidak mengenal SNSD atau Super Junior ataupun BigBang? Mereka sangat terkenal dikalangan K-Popers bahkan non K-popers juga tak sedikit yang mengetahui mereka.

Mereka bukan hanya sekedar grup yang bernyanyi sambil menari, setiap member dalam Girlband dan Boyband memiliki posisi yang unik sesuai dengan bakat mereka dan kepribadian mereka. Jadi, apa saja posisi yang ada dalam sebuah Girlband dan Boyband? Berikut adalah beberapa posisi umum yang wajib ada dalam sebuah Girlband dan Boyband.

Leader/pemimpin

advertisement
advertisement

Pemimpin grup atau lebih dikenal dengan istilah leader dalam dunia kpopers. Leader adalah seorang yang memimpin dalam grup. Tanggung jawab seorang leader sama halnya dengan pemimpin pada umumnya yaitu bertanggung jawab jika ada sesuatu yang terjadi dengan para membernya.

Selain itu, leader juga bertanggung jawab menjadi penengah jika di antara member sedang ada masalah atau kesalahpahaman. Leader juga bertanggung jawab mengingatkan para member untuk jadwal-jadwal acara grup.

Memang untuk masalah jadwal manager yang mengatur dan memberi tahu kepada artisnya/boyband/girlband, namun tak jarang mereka lupa tentang jadwalnya, jadi leader lah yang bertugas untuk mengingatkan.

Leader

Selain itu, seorang leader juga harus memiliki jiwa kepemimpinan dan kesabaran. Tidak mudah mengurus sebuah grup dengan sifat-sifat member yang berbeda, jadi seorang leader wajib memiliki jiwa kepemimpinan yang luar biasa dan bisa mengambil keputusan dengan tepat.

Uniknya yang menjadi leader dalam sebuah Girlband dan Boyband biasanya member yang memiliki umur paling tua di antara member lainnya. Contoh leader dalam boyband Super Junior, Leeteuk, dia adalah member yang paling tua dalam grupnya.

Tapi jangan salah lho, tidak semua leader Boyband dan Girlband adalah member paling tua, contohnya saja girlband TWICE memiliki leader dengan usia kelahiran 1996 dan dia bukan tertua di grupnya. Namun, ia dipercaya memiliki jiwa kepemimpinan yang sangat tinggi dan bisa menjadi leader.

Main Vocal

Main Vocal

Setiap boyband dan girlband wajib memiliki posisi ini. Main vocal adalah posisi member dalam boyband dan girlband yang memiliki suara paling bagus di antara member lainnya. Sebagai main vocal biasanya ia bertanggung jawab dalam vocal dengan nada tinggi ya bisa dibilang member yang hobi teriak dengan suara merdu dan nada tinggi.

Contoh seorang main vocal dalam sebuah boyband dan girlband adalah Taeyeon-SNSD, Hyorin-Sistar, Youngjae-GOT7, Yesung-Super Junior, dan masih banyak lagi.

Lead Vocal

Kadang beberapa orang menyebutkan bahwa posisi lead vocal dan main vocal itu sama, namun sebenarnya posisi ini agak sedikit berbeda. Jika main vocal bertanggung jawab dalam nada tinggi, untuk lead vocal tidak bertugas dalam hal itu.

advertisement
advertisement

Lead vocal adalah seorang member yang memiliki bagian paling banyak dalam menyanyi. Baik untuk lead vocal dan main vocal, mereka sama-sama memiliki suara merdu dan enak di dengar lho. Contoh seorang Lead Vocal adalah JB-GOT7, Jungkook-BTS, Nayeon-TWICE, Eunha-Gfriend, dan masih banyak lagi.

Dancer

Kita semua tau bahwa boyband dan girlband adalah sebuah grup yang bernyanyi sambil menari di atas panggung. Pastinya sebuah boyband dan girlband wajib memiliki hal yang satu ini yaitu seorang dancer.

Member yang memiliki bakat yang sangat luar biasa dalam urusan menari serta memiliki badan yang fleksibel dan lentur, dialah seorang dancer dalam grupnya. Uniknya, para dancer biasanya menciptakan choreography nya sendiri untuk lagu-lagu yang akan ditampilkannya.

Sebutan untuk para dancer dalam grup adalah dancing machine. Kenapa dancing machine?? Karena seorang dancer dalam sebuah grup biasanya menari seperti mesin dan tidak ingin berhenti menari. Contoh member dengan posisi dancer adalah Kai-EXO, Yugyeom-GOT7, Shownu_MonstaX, MOMO-TWICE, dan lainnya.

Visual

Visual

Visual lebih dikenal dengan member yang paling cantik atau paling tampan dalam sebuah girlband atau boyband. Biasanya visual lebih memiliki banyak fans dibandingkan dengan member lainnya. Contoh visual dalam boyband dan girlband yaitu Jin-BTS, Mark-GOT7, Siwon-Super Junior, Tzuyu-TWICE, Yerin-Gfriend, Dasom-Sistar, dan masih banyak lainnya.

Face Of Group (FOG)

Face Of Group

Sebenarnya Face Of Group dan visual hampir mirip. Mereka sama-sama memiliki penampilan menarik dan paling cantik/tampan. Namun, Face Of Group atau yang lebih dikenal dengan FOG ini adalah member yang paling sering menempati posisi di tengah pada saat sedang perform.

Selain perform, ia juga akan diposisikan di tengah pada saat sedang photoshoot atau sedang megiklankan suatu produk.

Seorang FOG juga biasanya memiliki jadwal individu yang lebih banyak dibanding dengan member lainnya seperti mengikuti banyak variety show atau bahkan drama. Ia bahkan paling terkenal diantara yang lainnya. Contoh FOG dalam sebuah Boyband dan Girlband seperti Chanyeol-EXO, Jinyoung-GOT7, Nayeon-TWICE, dan lainnya.

Rapper

Rapper

Seperti yang kita tahu bahwa rapper adalah seorang yang bisa menyanyikan lagu dengan intonasi yang cepat. Dalam sebuah boyband dan girlband, rapper juga sangat dibutuhkan untuk memberi warna dalam lagu mereka. Jadi, tidak hanya lagu mellow, namun kita juga bisa menikmati lagu yang swag dengan adanya rapper.

Biasanya setiap rapper dalam grup memiliki khasnya masing-masing, ada yang memakai suara bass, ada yang tipe fast rap, ada yang slow rap juga. Semua tergantung dengan style mereka masing-masing.

Rapper juga menulis sendiri lirik untuk rap nya. Contoh rapper dalam grup boyband dan girlband: Bobby-IKON, GD-Bigbang, TOP-Bigbang, Suga-BTS, Zelo-BAP, Lalisa-Blackpink, Chaeyoung-TWICE, Bora-Sistar dan rapper lainnya.

Magnae

Magnae

Magnae adalah istilah untuk kpopers menyebut member yang termuda dalam sebuah grup. Member yang disebut magnae tentu saja member yang paling muda. Biasanya member termuda ini sangat disayang dan dimanja oleh member-member lainnya.

Namun, tak jarang juga sang magnae malah jahil terhadap member lainnya. Terkadang ada magnae yang sangat pemalu dan pendiam, sehingga membuat leader khawatir. Contoh magnae dalam boyband dan girlband: Jungkook-BTS, Taemin-Shinee, Umji-Gfriend, Suzy-MissA dan lain-lain.

Nah, apa posisi member boyband / girlband kesayanganmu?

Artikel Menarik Lainnya: