advertisements

Saat naik pesawat, mungkin Anda pernah merasakan telinga sebelah kiri atau kanan berdengung. Atau mungkin Anda pernah merasakan telinga berdengung seperti kemasukan air? Pada umumnya, telinga berdengung saat sedang naik pesawat atau kemasukan air hanya berlangsung selama beberapa saat. Dengung di telinga ini akan menghilang dengan sendirinya.

Akan tetapi, ada pula orang-orang yang merasakan telinganya berdengung sepanjang waktu. Nah, untuk masalah tersebut Anda harus memahami berbagai penyebab telinga berdengung dan juga cara pengobatannya. Apa saja hal-hal yang dapat membuat telinga berdengung? Bagaimana cara mengobati telinga berdengung secara alami? Yuk, simak ulasan dari Bacaterus berikut ini.

Penyebab Telinga Berdengung

advertisements

Telinga yang berdengung dapat mengganggu kualitas pendengaran Anda. Sebelum mencari cara untuk mengatasinya, mari kita kenali terlebih dahulu beberapa faktor yang menjadi penyebab telinga berdengung ini:

  1. Pasca Mendengar Suara Bising

Sesaat setelah berada di tempat dengan suara yang bising, seperti konser musik, telinga akan terasa berdengung. Ini disebabkan karena terjadi ketidakseimbangan telinga dalam menerima suara. Telinga masih belum bisa beradaptasi dari tempat yang bising ke tempat yang hening.

  1. Tekanan Udara yang Kuat

Tekanan udara di darat dengan di udara tentu berbeda. Tekanan udara akan terasa lebih kuat ketika berada di atas. Akibatnya, ketika menaiki pesawat yang terbang di ketinggian puluhan ribu kaki, udara yang masuk ke telinga memiliki tekanan yang lebih kuat dan dapat menyebabkan telinga berdengung.

penyebab telinga berdengung

Pun sebaliknya ketika berada di dasar laut, tekanan udara di sana juga sangat kuat. Saat menyelam, selain air yang masuk ke telinga, udara juga masuk dan dapat mengakibatkan telinga berdengung. Akibatnya, para penyelam kerap kali merasa telinganya berdengung usai melakukan aktivitas diving.

  1. Stres dan Depresi

Siapa sangka gangguan suasana hati dan pikiran ini dapat menyebabkan tinnitus atau telinga berdengung? Adalah suatu hal yang sangat mungkin bilamana orang yang sedang mengalami stres atau depresi akan merasakan telinganya berdengung. Ini membuktikan bahwa kondisi kejiwaan, perasaan emosional, dan perasaan cemas dapat menyebabkan timbulnya tinnitus.

  1. Kotoran Telinga Menumpuk

membersihkan telinga

Bukankah kita dilarang untuk membersihkan telinga dengan korek kuping? Bukan dilarang, hanya saja Anda harus lebih waspada saat membersihkan telinga menggunakan korek kuping. Pasalnya, alih-alih dibersihkan jika tidak dilakukan secara perlahan maka kotoran telinga akan masuk semakin dalam. Penumpukan kotoran telinga ini bisa menyebabkan tinnitus. Di samping itu, kotoran telinga akan mengiritasi bagian dalam telinga sehingga menimbulkan suara degungan dari dalam.

  1. Bertambahnya Usia

Seiring bertambahnya usia, daya pendengaran seseorang bisa menurun. Ketika seseorang memasuki usia 60 tahun, biasanya fungsi pendengarannya akan menurun. Bahkan, mereka kerap kali merasakan telinganya berdengung.

  1. Perubahan Postur Tubuh

Telinga berdengung juga dapat terjadi ketika ada perubahan postur tubuh secara tiba-tiba. Misalnya, Anda bangun dari posisi tidur atau duduk dengan cepat. Pergerakan dari tubuh Anda akan memberikan perubahan pada saraf, otot, dan pembuluh darah yang ada di sekitar telinga. Oleh karena itu, tinnitus kerap kali terjadi pada saat Anda bangun tidur atau bangkit dari tempat duduk.

  1. Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Bila Anda mengkonsumsi jenis obat seperti aspirin, antibiotik, atau kina, mungkin Anda akan merasakan gejala tinnitus sebagai efek samping dari obat-obatan tersebut. Biasanya, tinnitus ini akan hilang ketika Anda berhenti mengkonsumsi obat.

  1. Penyakit dan Kondisi Kesehatan Tertentu
advertisements

Tinnitus dapat menjadi indikasi dari penyakit atau kondisi kesehatan tertentu. Misalnya, tumor di kepala atau leher menyebabkan pembuluh darah kepala dan leher yang ada di dekat telinga jadi tertekan dan menghasilkan dengungan di telinga. Tekanan darah tinggi atau hipertensi pun bisa mengakibatkan telinga Anda berdengung.

Cara Mengatasi Telinga Berdengung

Telinga berdengung memang dapat menjadi tanda adanya suatu penyakit yang serius di dalam diri Anda. Namun, jika Anda baru saja merasakan telinga berdengung sebaiknya beri pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan sendiri atau dengan bantuan orang lain. Beberapa cara untuk mengobati telinga berdengung tanpa perlu ke dokter spesialis THT di antaranya adalah:

  • Meniup Telinga

meniup telinga

Mintalah bantuan orang lain untuk meniup telinga Anda. Misalnya, telinga sebelah kanan Anda terasa seperti berdengung, maka orang tersebut harus meniupkan udara dari telinga sebelah kanan. Akan tetapi, Anda juga bisa melakukannya sendiri. Caranya, genggam tangan dan tiupkan udara ke celah yang ada di genggaman Anda. Kemudian, tempelkan genggaman tangan ke telinga.

  • Bawang Putih

Cara menghilangkan dengung telinga yang satu ini adalah dengan menggunakan bahan alami, yakni bawang putih. Cukup seduh parutan bawang putih dengan air hangat, lalu masukkan ke dalam botol bekas air mineral. Tempatkan lubang botol tepat di depan telinga Anda. Uap dari air seduhan bawang putih tersebut akan membantu untuk menghilangkan dengungan di telinga secara alami.

  • Bersihkan Telinga

alat pembersih telinga

Apabila telinga terasa berdengung karena Anda jarang membersihkan telinga, kini saatnya Anda membersihkan telinga. Hindari penggunaan cotton bud dan sebaiknya gunakan korek kuping yang dirancang khusus untuk membersihkan telinga.

Jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri, bersihkan telinga Anda dengan bantuan dari dokter spesialis THT. Untuk membersihkan berbagai kotoran di dalam telinga dengan baik dan benar, silahkan simak ulasan kami di halaman ini.

  • Relaksasi

Kondisi tubuh dan pikiran yang tegang karena stres atau kelelahan juga merupakan faktor yang memicu terjadinya tinnitus. Cobalah untuk melakukan relaksasi sejenak untuk mengobati telinga berdengung yang Anda rasakan.

  • Hindari Suara Bising dan Keheningan

Untuk sementara waktu, cobalah untuk berada di ruangan yang sedikit ramai tetapi tidak terlalu bising. Karena suara yang terlalu bising dapat memperparah dengung di telinga Anda. Hindari pula penggunaan headset untuk sementara waktu.

Nah, itu tadi ulasan tentang penyebab telinga berdengung dan berbagai cara pengobatannya. Jika dengung di telinga tidak kunjung mereda, segera konsultasikan ke dokter spesialis THT. Jangan anggap remeh tinnitus, karena ini dapat menjadi gejala dari penyakit yang serius.

Artikel Menarik Lainnya: