advertisements

Menjadi penyanyi terkenal pasti mendapatkan akses mudah untuk bermain film layar lebar. Tetapi tidak mudah untuk tetap bertahan dan meningkatkan kualitas dari film ke film, apalagi masih tetap berjalan beriringan dengan dunia musik. Banyak penyanyi yang merambah dunia film, tetapi mayoritas tidak bisa membuktikan kapasitas akting mereka, meski mereka sudah pernah berakting di video clip atau bahkan dalam serial televisi.

Dari sekian banyak penyanyi, termasuk rapper, Bacaterus pilihkan sepuluh sosok yang sukses di dunia musik juga mampu bertahan dan kemudian sukses juga di dunia film. Inilah sepuluh aktor/aktris tersebut.

Frank Sinatra

advertisements

Penyanyi Jazz legendaris ini, yang terkenal dengan julukan “The Voice”, selain penyanyi yang sukses juga adalah aktor yang brilian. Banyak filmnya yang sukses secara kualitas dan finansial, antara lain From Here to Eternity [1953], The Man with the Golden Arm [1955], Ocean’s 11 [1960], dan The Manchurian Candidate [1962].

Dirinya pernah masuk nominasi Oscar dan berhasil meraihnya lewat film From Here to Eternity sebagai Best Supporting Actor. Bersama rekan-rekannya di The Rat Pack, Sinatra mencetak film-film populer sejak 1960-1988.

Elvis Presley

Elvis Presley

Dia adalah “The King of Rock and Roll” yang melahirkan banyak single hits dan populer sejak era 50an hingga akhir hayatnya di tahun 1977. Tampan, berkharisma, memiliki suara yang merdu, aksi panggung yang enerjik, semua itu ditambah dengan bakat aktingnya yang mengantarkannya bermain dalam banyak judul film layar lebar.

Filmnya yang populer antara lain: Love Me Tender [1956], Jailhouse Rock [1957], Blue Hawaii [1961] dan Viva Las Vegas [1964]. Elvis is really “The King.”

Barbra Streisand

Barbra Streisand

Wajah yang cantik dan suara yang merdu membuatnya langsung populer di usia muda. Lewat Funny Girl [1968], Streisand meraih Oscar pertamanya sebagai Best Actress. Setelah itu hanya masuk nominasi di The Way We Were [1973].

Kemudian, karir film Streisand tidak hanya jalan ditempat, tetapi semakin maju dan bertindak sebagai sutradara untuk film Yentl [1983], The Prince of Tides [1991] dan The Mirror Has Two Faces [1996] yang melahirkan hitsI Finally Found Someone” berduet dengan Bryan Adams.

Bette Midler

Bette Midler

Bette Midler besar di dunia pentas teater dan langsung sukses lewat album debutnya di tahun 1972. Dengan personality yang bagus, mudah baginya untuk kemudian memiliki acara televisi sendiri dan akhirnya merambah ke dunia film lewat The Rose [1979] yang membuatnya dinominasikan sebagai Best Actress di ajang Academy Awards.

Di tahun 1988, Midler membintangi Beaches [1988] yang diiringi single hitsWind Beneath My Wings” yang sukses merajai Billboard Hot 100. Sekali lagi masuk nominasi Oscar lewat For the Boys [1991], kemudian Midler lebih banyak bermain dalam serial televisi.

Cher

advertisements

Mulai sukses bermusik sejak era 1960an bersama suaminya, Cher memiliki banyak single hits yang beberapa di antaranya pernah berada di posisi puncak Billboard Hot 100. Karirnya sempat mengalami kemunduran setelah cerai dengan Sonny Bono, Cher kembali ke dunia musik dan sukses yang kemudian disusul dengan kesuksesan di dunia film lewat Mask [1985] dan Moonstruck [1987].

Sudah berkali-kali Cher vakum dan kembali ke dunia musik untuk sukses berkali-kali dengan berbagai genre musik. Di tahun 2010, Cher beradu akting dengan Christina Aguilera di film Burlesque.

Tim McGraw

Penyanyi Country ini memang belum pernah dipercaya berperan sebagai aktor utama. Tetapi dalam setiap film yang dibintanginya, Tim McGraw menampilkan akting yang baik dengan karakter yang berbeda-beda dalam setiap filmnya.

Setelah mencuri perhatian dalam Friday Night Lights [2004], aktingnya diakui banyak pihak dalam film The Blind Side [2009] dengan karakter yang berkharisma. Di tahun 2010, dia membintangi Country Strong bersama Gwyneth Paltrow yang membuatnya kembali ke dunia musik Country.

Will Smith

Will Smith

Namanya adalah jaminan kelarisan film blockbuster. Independence Day [1996], Men in Black [1997], I, Robot [2004] dan I Am Legend [2007] adalah beberapa film box-office yang dibintanginya. Di ajang Academy Awards, sudah dua kali dirinya masuk nominasi Best Actor, yaitu lewat Ali [2001] dan The Pursuit of Happyness [2006].

Memulai karir sebagai rapper yang dikenal sebagai Fresh Prince, dirinya kemudian berakting di serial comedy televisi, Fresh Prince of Bel-Air, yang suksesnya mengantarkan dirinya merambah ke film layar lebar. Saat ini dirinya masih termasuk ke dalam jajaran aktor papan atas Hollywood.

Ice Cube

Ice Cube

Terlahir dengan nama O’Shea Jackson, Sr. pada tahun 1969, karir musiknya melejit setelah menjadi personil group rap N.W.A. Setelah itu dia bersolo karir dan sukses menembus dunia film lewat Boyz n the Hood [1991].

Sejak itu, dia berakting dalam berbagai genre film dan kemudian juga bertindak selaku produser di beberapa filmnya, antara lain Barbershop [2002] dan Are We There Yet? [2005]. Hanya satu penghargaan yang diraihnya dari karir aktingnya sejauh ini, yaitu dari Blockbuster Entertainment Award lewat film Three Kings [1999]

Mark Wahlberg

Mark Wahlberg

Bersama group rap Marky Mark and the Funky Bunch, Mark Wahlberg yang merupakan adik dari Donnie Wahlberg yang di masanya adalah salah satu personil boyband populer NKOTB ini berhasil melejit lewat singleGood Vibration” yang berhasil bertengger di posisi puncak Billboard Hot 100. Selepas album kedua yang kurang sukses, Mark Wahlberg meretas karir di dunia akting dan berhasil sukses lewat Boogie Nights [1997].

Setelah banyak film yang dibintangi, The Departed [2006] adalah film yang mengantarkan dirinya masuk nominasi Oscar, disusul penampilannya dalam The Fighter [2010], Lone Survivor [2013], dan Transformers: Age of Extinction [2014]. Saat ini, Mark Wahlberg adalah salah satu aktor papan atas Hollywood.

Justin Timberlake

Justin Timberlake

Mantan personil boyband ‘NSync di era akhir 1990an, kemudian sukses bersolo karir dengan 4 albumnya yang sukses luar biasa, membuatnya mudah untuk tampil dalam sebuah produksi film. Pertama kali mencuri perhatian lewat Alpha Dog [2006], aktingnya mencuat di film The Social Network [2010].

Di tahun 2011 dia berakting di 3 film sebagai aktor utama, salah satunya adalah film action sci-fi In Time [2011]. Dia juga pernah mengisi suara untuk film Shrek the Third [2007] dan Trolls [2016].

Justin Timberlake adalah sosok yang profesional dan memiliki tingkat fokus yang tinggi. Ketika dia sedang terlibat dalam produksi film, karir musiknya vakum. Setelah selesai promo albumnya, dia pun kembali berakting. Itulah yang membuat dirinya sukses dalam dua dunia hiburan ini.

Itulah sepuluh penyanyi yang kemudian sukses juga berakting di dunia film. Tidak mudah bagi mereka untuk tetap eksis di dunia musik dan film sekaligus. Mereka membutuhkan konsentrasi dan peningkatan kualitas akting yang signifikan dari film ke film.

Untungnya, seluruh sosok di atas, adalah insan-insan hiburan yang total dalam bidang yang mereka geluti. Kalau di Indonesia, siapa ya penyanyi yang kemudian sukses juga berakting di film layar lebar? Jawab sendiri ya!

Artikel Menarik Lainnya: