advertisements

Pola hidup sehat merupakan kewajiban yang harus dijalani oleh setiap orang. Dengan pengertian pola hidup sehat yang baik, kita tidak perlu khawatir akan terkena berbagai macam penyakit kronis. Selain itu, pola hidup yang sehat juga dapat memperpanjang umur.

Banyak yang menganggap jika menjalani pola hidup yang sehat itu sangat susah dan merepotkan. Padahal kita dapat mulai mencobanya dari hal-hal kecil. Nah berikut saya akan mengulas berbagai macam aktivitas sederhana yang berpengaruh besar terhadap kesehatan kita.

Sarapan Setiap Pagi

advertisements

Para meneliti mengungkapkan jika orang-orang yang makan sarapan di pagi hari cenderung untuk menyerap lebih banyak vitamin dan mineral dibandingkan lemak dan kolesterol. Dengan begitu kita akan mudah memiliki tubuh yang langsing karena tidak akan terlalu rakus makan di siang hari.

Untuk mendapatkan manfaat yang sempurna dari sarapan, kita disarankan untuk mengkonsumsi kombinasi karbohidrat, protein, dan juga sedikit lemak. Jangan mengkonsumsi satu jenis makanan saja karena berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak bisa didapatkan dari satu makanan saja.

Rajin Berolahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang wajib dilakukan karena memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Beberapa manfaat tersebut di antaranya adalah mengontrol berat badan, mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan diabetes, mengurangi resiko kematian akibat serangan jantung, memperkuat tulang dan otot, dan masih banyak lagi.

Jika Anda termasuk orang yang sibuk dan tidak punya banyak waktu, maka cobalah untuk meluangkan waktu sekitar setengah jam di pagi atau sore hari untuk berolahraga. Melakukan jogging atau bersepeda selama 30 menit juga cukup untuk membuat tubuh Anda segar seharian.

Biasakan Berjalan Kaki

pengertian pola hidup sehat naik tangga

Jika melihat berbagai macam kenyamanan dari fasilitas transportasi yang ada saat ini, pasti kita akan malas untuk berjalan kaki meski hanya 100 meter saja. Padahal berjalan kaki memiliki manfaat yang besar bagi tubuh. Menurut penelitian yang dilakukan American Council on Exercise, orang yang berjalan kaki selama 30 menit sehari akan mengurangi resiko kematian dini.

Oleh karena itu mulai saat ini cobalah untuk berjalan kaki setiap ada kesempatan. Naiklah ke lantai atas menggunakan tangga dibandingkan lift atau elevator. Selain itu jika jarak Anda ke tempat tujuan cukup dekat, maka jangan biasakan untuk menggunakan kendaraan bermotor.

Jadikan Sayur dan Buah-Buahan Sebagai Cemilan

Jika ada sering memakan cemilan di sela-sela belajar atau kerja, maka cobalah untuk mengganti cemilan tersebut dengan makanan yang lebih sehat. Meskipun tampak sepele, namun cemilan merupakan salah satu penyumbang terbanyak dari lemak dan kolesterol pada tubuh.

Maka dari itu, cobalah untuk mengganti cemilan yang sering Anda konsumsi dengan buah-buahan dan sayur-sayuran. Mengkonsumsi kedua jenis makanan tersebut sangat baik bagi tubuh karena keduanya memiliki kandungan vitamin dan serat yang cukup tinggi.

Minum Susu dan Teh

pengertian pola hidup sehat minum teh

Selain air putih, susu dan teh juga merupakan cairan yang penting bagi tubuh. Susu sapi memiliki kandungan kalsium yang cukup banyak sehingga mampu memperkuat tulang dan gigi. Tidak hanya itu, susu juga juga bisa mencegah tekanan darah tinggi, sakit jantung, batu ginjal, dan kanker usus besar.

advertisements

Di lain pihak, secangkir teh juga dapat memperkuat daya ingat serta mencegah kanker dan penyakit jantung. Cara meminum teh juga dapat dikombinasikan dengan bahan lain yang Anda sukai seperti es, jus buah, jahe, kayu merah, susu, dan masih banyak lagi.

Rutin Minum Air Putih

Tips pola hidup sehat yang selanjutnya mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita yakni minum air putih. Air putih sangat berguna untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi sehingga berbagai organ vital seperti otak, hati, ginjal, dan jantung tetap berfungsi secara normal. Para pakar menyarankan kita untuk meminum minimal 8 gelas air putih setiap harinya agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Mengunyah Sebanyak 20 Hingga 30 Kali

Hal sepele yang sering luput dari perhatian kita ketika makan adalah cara mengunyah yang baik dan benar. Berbagai ahli nutrisi menyarankan kita untuk mengunyah makanan dengan pelan sebanyak 20 hingga 30 kali agar makanan tersebut benar-benar hancur dan sudah bercampur dengan air ludah.

Dengan makanan yang sudah hancur tersebut, tubuh kita akan lebih mudah untuk menyerap nutrisi secara maksimal dari makanan tersebut. Selain itu, makan dengan pelan dan tidak terburu-buru juga akan mengurangi konsumsi kalori harian kita hingga 10 persen. Artinya, pengertian pola hidup sehat ini juga sangat baik diikuti oleh Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Minum Air Putih di Waktu Pagi

Setiap harinya setiap orang rata-rata memiliki 4,5 kg racun di dalam tubuhnya. Racun tersebut dibawa oleh makanan yang kita makan lalu kemudian disaring oleh hati. Jika jumlahnya masih dalam batas normal tentu organ hati dapat menanggulanginya, namun jika sudah menumpuk tentu akan sangat berbahaya bagi tubuh.

Berbagai racun yang menumpuk di tubuh tersebut akan merusak sel, mengundang penyakit, mempercepat proses penuaan, dan masih banyak lagi. Nah untuk membantu tubuh kita mengeluarkan racun tersebut, cukup minum segelas air putih hangat yang dicampur dengan air setiap 30 menit sebelum sarapan pagi. Mudah bukan?

Kurangi Konsumsi Gula

pengertian pola hidup sehat manis

Seperti kita ketahui gula merupakan salah satu bahan makanan yang dapat menimbulkan berbagai penyakit jika dikonsumsi berlebihan. Beberapa penyakit tersebut di antaranya adalah diabetes, penyakit jantung, osteoporosis, sakit kepala, depresi, dan lainnya.

Maka dari itu, kurangilah konsumsi gula agar Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit tersebut. Dikutip dari bodyandsoul.com, mengurangi gula juga dapat membantu program penurunan berat badan karena tubuh kita tidak akan bisa membakar lemak bersamaan dengan membakar gula yang dikonsumsi.

Tidur Lebih Cepat

Agar tubuh kita dapat melakukan proses metabolisme dengan baik, maka sangat disarankan untuk tidur malam lebih cepat. Pasalnya ketika kita tidur, hati akan menyaring semua racun yang terdapat dalam darah. Agar prosesnya berjalan maksimal, tubuh kita harus berada dalam posisi horizontal.

Selain itu, pastikan Anda juga makan 4 jam sebelum tidur atau sebelum jam 8 malam. Tidur dalam keadaan perut penuh akan menghambat metabolisme tubuh sehingga Anda tidak akan bangun dalam keadaan segar. Jika Anda kesulitan untuk tidur di malam hari, silahkan baca tips tidur cepat dan nyenyak di artikel ini.

Jalankan Hobi

Selain berbagai hal yang berkaitan dengan fisik, pola hidup yang sehat juga harus didukung oleh mental yang sehat. Nah untuk menyegarkan pikiran Anda, lakukanlah berbagai macam hobi yang Anda sukai seperti bermain bola, membuat kerajinan tangan, bermain kartu, shopping, dan lainnya.

Tidak hanya membuat pikiran menjadi lebih fresh dan rileks, menjalankan berbagai macam hobi tersebut juga akan membuat tubuh kita beraktivitas dan berkeringat. Jika sudah begitu maka tentu saja menjalankan pengertian pola hidup sehat menjadi sesuatu yang mudah untuk dilakukan oleh siapa saja.

Artikel Menarik Lainnya: