advertisements
advertisement

Pantai yang indah tak hanya ada di Pulau Dewata saja. Berbagai wilayah di Indonesia juga memiliki banyak pantai eksotis yang wajib untuk dikunjungi jika Anda sedang berada di sana, salah satunya adalah di provinsi Jawa Timur.

Provinsi yang beribu kota di Surabaya ini memiliki banyak pantai indah yang akan menyegarkan mata Anda. Berbagai pantai tersebut juga sangat cocok untuk mengisi libur akhir pekan Anda. Nah, berikut ini adalah daftar pantai terindah di Jawa Timur versi Bacaterus.

Pantai Papuma, Jember

advertisement
advertisement

Untuk mencapai Pantai Papuma, Anda harus menempuh perjalanan yang cukup lama dari pusat kota Jember. Pantai ini terletak di Desa Lojejer, Kec. Wuluhan, Kab. Jember. Pemandangan di Pantai Papuma memang sangat menakjubkan.

Terdapat pasir putih dan batu karang yang tersebar di bibir pantai. Batu karang inilah yang menjadi pesona tersendiri dari Pantai Papuma. Uniknya, batu karang di Pantai Papuma memiliki nama, yakni Dhampar Kencana, Genteng, Kodok, Kresna, Kajang, dan Narada.

pantai terindah di jawa timur Papuma Jember

Jika Anda ingin berkunjung ke Pantai Papuma, sebaiknya menginaplah satu atau dua malam di hotel yang ada di sekitar pantai. Pasalnya, perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan akan sangat melelahkan. Sempatkan diri juga untuk menikmati sunset yang sangat indah di pantai yang kerap kali dijadikan tempat untuk foto pre-wedding ini.

Pantai Popoh, Tulungagung

Pantai ini berada sekitar 30 KM dari selatan pusat kota Tulungagung. Sekilas penampakan Pantai Popoh ini tidak kalah dengan Tanah Lot yang ada di Bali. Pantai yang menyerupai teluk ini dihiasi oleh bebatuan karang yang besar dan nampak berdiri dengan kokoh. Tepatnya, pantai ini terletak di sebelah timur Pegunungan Kidul.

Pantai Popoh di Tulungagung

Ada yang mengatakan jika ingin melihat pemandangan gunung dan pantai dalam satu tempat, maka datang saja ke Pantai Popoh. Ya, selain dapat menikmati keindahan pantai, Anda juga dapat menyaksikan pemandangan gunung yang ada di sekitar pantai ini.

Pantai Pelang, Trenggalek

Siapapun pasti setuju bahwa Pantai Pelang ini tidak kalah dengan pantai-pantai yang ada di Lombok. Pantai Pelang menawarkan pemandangan bukit batu yang sangat eksotis sehingga sangat pas bagi Anda yang suka mengabadikan momen indah dalam sebuah foto.

Pantai Pelang Trenggalek

Hampir sama dengan Pantai Popoh, disini Anda juga dapat bermain pasir pantai sembari menikmati pemandangan pegunungan yang terlihat dari pantai ini. Bahkan, jika biasanya udara di sekitar pantai terasa panas, di Pantai Pelang ini udaranya terasa sejuk karena dekat dengan pegunungan.

Sekitar 30 meter dari bibir pantai Anda akan menemukan air terjun yang memisahkan Pantai Pelang dengan pantai yang lainnya. Air terjun yang diapit dengan pepohonan rindang ini tampak indah dan menawan. Apabila Anda ingin berkunjung ke Pantai Pelang, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 56 KM dari pusat kota Trenggalek.

Pulau Bawean, Gresik

advertisement
advertisement

Berjarak 120 KM dari Kota Gresik ada sebuah pulau yang menawarkan pantai yang bersih nan eksotis. Pulau tersebut bernama Bawean. Pasalnya, di pulau ini ada beberapa pantai pasir putih yang bersih yang menarik banyak wisatawan untuk datang kemari.

Untuk sampai ke Pulau Bawean, Anda memang harus menyebrangi lautan dengan kapal ekspres Bahari. Di sekitar Pulau Bawean terdapat pulau-pulau kecil yang menawarkan pasir pantai yang putih dan bersih, seperti Pulau Noko, Pulau Gili, dan Pulau Selayar. Berada di sini membuat Anda merasa sedang berada di Lombok. Pemandangan di sekitar pulau-pulau kecil ini memang begitu indah.

Gili Labak, Madura

Bukan hanya Lombok saja yang memiliki pantai indah seperti yang ada di Gili Trawangan. Di Madura – Jawa Timur juga terdapat sebuah pantai yang sangat mengensankan, yakni Gili Labak. Pasir putih yang halus, air laut yang nampak bening, dan terumbu karang yang sangat indah adalah sebagian dari daya tarik yang ditawarkan oleh Gili Labak ini.

Namun, bila Anda ingin melakukan snorkeling sebaiknya bawalah alat sendiri dari rumah. Karena di sekitar pantai ini belum ada yang menyewakan keperluan untuk menyelam. Maklum saja, Gili Labak memang merupakan pantai yang belum terjamah oleh banyak wisawatan.

Pantai Plengkung (G Land), Banyuwangi

Pantai Plengkung

Apakah Anda gemar berselancar di laut? Jika ya, Anda harus mencoba surfing di Pantai Plengkung atau yang dikenal dengan nama G Land. Dapat dikatakan bahwa G Land adalah surganya para surfer. Bahkan, ada banyak peselancar dari mancanegara yang singgah di sini untuk menjajal ombaknya.

Akan tetapi, meskipun Anda bukanlah seorang peselancar, Anda tetap dapat menikmati keindahan pantai yang menawarkan air laut yang sangat bening ini. Akan tetapi, pasir putih di pantai ini tidak terlalu bersih. Bukan kotor karena sampah, pantai G Land ini memang memiliki banyak batu-batuan sehingga pasirnya tidak tampak terlalu bersih.

Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Pantai Pulau Merah

Apakah Anda salah seorang penggemar acara travelling yang bertajuk My Trip My Adventure? Beberapa waktu yang lalu, acara populer tersebut sempat mengunjungi salah satu pantai terindah di jawa timur yakni Pantai Pulau Merah yang berada di Banyuwangi.

Bahkan, host dari acara itu sempat berselancar untuk merasakan ombak di pantai tersebut. Ya, ombak di pantai ini memang terkenal ideal untuk kegiatan berselancar. Syuting acara itu juga bertepatan dengan kontes surfing bertaraf internasional yang juga digelar di Pantai Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah kerap kali dijuluki sebagai Kuta in East Java. Pemandangan di pantai ini akan semakin menawan ketika matahari terbenam. Untuk sampai di Pantai Pulau Merah, Anda hanya perlu menempuh jalur darat sekitar 3 jam saja dari Banyuwangi.

Pantai Pulau Sempu, Malang

pulau sempu

Bacaterus sempat mengulas tentang eksotisme Pulau Sempu pada beberapa waktu yang lalu di sini. Pulau tersebut juga menawarkan keindahan pantai yang mempesona. Di tengah pulau ini terdapat laguna yang sangat indah, yakni Segara Anakan. Laguna ini membuat tampilan Pulau Sempu terlihat seperti Phuket Island yang ada di Thailand.

Di sekitar pulau ini terdapat pantai dengan pasir putih yang masih bersih. Air laut di sekitarnya tampak jernih dan memukau. Siapapun pasti betah bermain-main di pantai yang ada di sekitar Pulau Sempu ini. Selain itu, kondisi air lautnya juga cukup tenang sehingga aman untuk berenang.

Pantai Tambakrejo, Blitar

Pantai Tambakrejo Blitar

Blitar adalah tempat dimana presiden pertama kita, Bapak Soekarno, dimakamkam. Sekitar 30 KM dari kota Blitar terdapat sebuah pantai yang tidak pernah sepi pengunjung, yakni Pantai Tambakrejo. Pantai ini memiliki ombak dan air laut yang tenang sehingga banyak orang yang berenang dan bermain air disini.

Namun, kita harus berbagi pantai dengan para nelayan. Ya, pantai ini memang dijadikan sebagai ‘tempat parkir’ bagi perahu-perahu para nelayan sekitar. Tak jauh dari pantai terdapat Tempat Pelelangan Ikan yang menjual berbagai jenis ikan segar. Anda bisa membeli ikan segar untuk dikonsumsi sendiri atau sekedar oleh-oleh.

Pantai Klayar, Pacitan

Pantai Klayar Pacitan

Di Pacitan juga terdapat pantai yang sedikit mirip dengan Tanah Lot, Bali. Pantai Klayar tidak hanya menawarkan keindahan pantai dan laut saja. Di area bibir pantai terdapat batu-batu karang yang berbentuk seperti Spinx yang ada di Mesir. Selain itu, ada air mancur alami yang memiliki tinggi sekitar 10 meter.

Pantai ini juga menyajikan pemandangan air laut yang sangat elok. Bagaimana tidak, air laut disini nampak memiliki gradasi warna biru dan hijau toska yang berpadu dengan pasir putih yang masih bersih sehingga akan membuat terkesima siapa pun yang memandangnya.

Pantai Klayar masih terbilang alami dan belum banyak terjamah oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Jadi, jika Anda ingin bersantai dengan tenang di tepi pantai, maka Pantai Klayar adalah destinasi yang tepat untuk Anda.

Setiap pantai yang ada di Jawa Timur memiliki eksotika dan pesonanya tersendiri. Dari semua daftar pantai terindah di Jawa Timur ini, manakah yang menjadi favorit Anda? Silahkan bagikan pengalaman Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Artikel Menarik Lainnya: