advertisements
advertisements

Mungkin banyak yang belum tahu kalau Maluku memiliki pantai-pantai yang indah dan menawan. Meski tidak seterkenal dan tidak seramai pantai Kuta di Bali, namun keindahan dari 10 pantai yang ada di Maluku ini tidak kalah dengan pantai Kuta.

Belum banyak yang mengetahui keberadaan pantai-pantai cantik di Maluku, sehingga membuat keasrian dan kealamian dari 10 Pantai ini, masih terjaga dengan baik. Nah, berikut adalah 10 Pantai indah yang wajib dikunjungi tersebut.

Pantai Pintu Kota

advertisements
advertisements

Pantai ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu adanya sebuah tebing yang menjorok ke laut. Di tengah tebing tersebut terdapat lubang besar yang menyebabkan bentuknya menyerupai sebuah gerbang. Oleh karenanya, Pantai Indah ini diberi nama Pantai Pintu Kota.

Terletak di Dusun Airlow, Kecamatan Nusaniwe. Pantai ini memiliki pasir putih kecoklatan, dipenuhi dengan batu karang dan bebatuan. Pantai ini memiliki air laut yang jernih dan terdapat beberapa spot untuk menyelam.

Pantai Liang/Hunimua

Pantai Liang pantai indah

Pantai ini sebenarnya bernama Pantai Hunimua. Dikarenakan Hunimua berlokasi di Desa Liang, Kecamatan Salahutu. Penduduk lebih mengenal pantai ini dengan Pantai Liang. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih bersih dan air laut yang jernih.

Hunimua menyajikan pemandangan yang indah, jika Anda memandang ke depan, tidak hanya nampak hamparan laut, namun juga terlihat jajaran pulau-pulau di seberang. Saking indahnya, Pantai ini pernah dinobatkan sebagai pantai terindah oleh PBB pada tahun 1991.

Pantai Pasir Panjang/Ngurbloat

Pantai Pasir Panjang

Pantai Ngurbload memiliki garis pantai sepanjang 5 KM. Oleh sebab itu, Pantai ini juga disebut sebagai Pantai Pasir Panjang. Berpasir putih dan sangat lembut, air lautnya pun biru jernih dengan gelombang yang relatif tenang.

Barisan pohon kelapa di sepanjang pesisir pantai membuat panorama semakin menawan. Pantai pasir panjang atau pantai Ngurbload terletak di Desa Ngilngof, bagian Barat Pulau Kei.

Pantai Natsepa

Pantai Natsepa

Pantai Natsepa, begitu orang menyebutnya. Sebelum memasuki pantai ini, Anda akan disambut oleh teduhnya pepohonan yang rindang berjajar di sepanjang pesisir Pantai dengan pasir yang putih bersih dan air laut yang jernih.

Selain berenang dan bermain air laut, pengelola Pantai ini juga menyediakan perahu untuk pengunjung yang ingin memancing ke tangah laut dan juga berkeliling menikmati indahnya Pantai Natsepa. Pantai Natsepa berlokasi di Desa Suli, jaraknya 18 KM dari pusat kota Ambon.

Pantai Jikumerasa

advertisements
advertisements

Tidak jauh beda dengan Pantai Liang, Pantai Jikumerasa terletak di Desa Jikumerasa, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru. Pantai Jikumerasa merupakan salah satu primadona bagi masyarakat Pulau Buru.

Keindahan alam yang luar biasa dan hamparan pasir putih membuatnya terlihat seperti lukisan. Pantai Jikumerasa memiliki pemandangan yang luar biasa tatkala matahari mulai tenggelam dibalik bukit-bukit kecil yang mengelilingi daerah Pantai.

Pantai Santai

Diberi nama Pantai Santai karena pantai ini dipercaya sebagai tempat yang cocok untuk melepas penat, letih dan pas untuk bersantai, dan berpiknik ria. Pantai ini terletak di Desa Latuhalat, Nusa Niwe, Ambon-Maluku.

Pantai Santai memiliki karakteristik yang cukup menarik dengan pasir putih, air laut yang jernih dan dangkal. Selain itu, pantai ini juga memiliki beberapa spot untuk diving dan juga snorkeling.

Pengelola Pantai Santai menyediakan operator diving yang siap melayani pengunjung. Karena guide penyelam tidak selalu siap sedia setiap saat, maka bagi Anda yang ingin melakukan diving atau snorkeling disarankan untuk membuat janji dengan sang operator beberapa hari sebelum Anda melakukan kegiatan diving ataupun Snorkeling.

Pantai Nanseri

Pantai Nanseri

Pantai Nanseri. Selain memiliki pasir putih kecoklatan, Nanseri juga dikelilingi oleh batu karang di tepiannya. Di balik air lautnya yang jernih, Anda dapat menikmati keindahan dari terumbu karang yang berwarna-warni.

Di sini Anda juga dapat berenang, memancing atau hanya sekedar duduk-duduk menikmati panorama pohon kelapa yang berada di pesisir Pantai Nanseri. Pantai ini berlokasi di Desa Kilang, Provinsi Maluku.

Pantai Sopapei

Pantai Sopapei

Pantai Sopapei adalah pantai yang terletak di Desa Suli Bawah dan jaraknya dekat dengan Pantai Natsepa. Pantai Sopapei memiliki pasir yang putih dan air lautnya pun jernih. Pantai ini juga memiliki garis pantai yang panjang.

Pantai ini sering dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk berlibur, memancing dan juga berenang karena memiliki deburan ombak yang relatif kecil. Pantai Sopapei biasa disebut dengan Pantai Suli oleh penduduk sekitar.

Pantai Desa Hukurila

Pantai Desa Hukurila

Pantai Desa Hukurila atau Pantai Hukurila, berlokasi di Desa Hukurila, 15 KM ke selatan dari pusat kota Ambon. Selain memiliki keindahan panorama, pantai ini terkenal sebagai tempat yang menyediakan pemandangan bawah laut yang menawan.

Gua-gua bawah lautnya menjadi hunian bagi satwa air seperti kelinci laut, ikan-ikan kecil dan mahluk air lainnya. Terumbu karang yang masih terjaga keasriannya menjadi surga bagi para pencinta snorkeling dan juga diving.

Pantai Hukurila memiliki pasir yang berwrna hitam keabu-abuan yang juga dikelilingi oleh batu karang di pesisirnya. Karena pantai ini berhadapan langsung dengan Laut Banda timur, maka tempat ini sangat cocok untuk menyaksikan pemandangan terbitnya matahari.

Pantai Namalatu

Pantai Namalatu

Yang terakhir adalah Pantai Namalatu. Pantai Namlatu sendiri berada di Desa Latuhalat, 14 KM jarak tempuh dari pusat kota Ambon ke sebelah utara. Sesampainnya di Pantai Namlatu anda akan langsung berhadapan dengan hamparan Laut Banda yang merupakan Laut dengan palung terdalam se Indonesia. Nama Namalatu sendiri diambil dari dua suku kata yaitu “Nama” yang berarti nama dan “Latu” yang berarti Raja.

Pantai indah ini memiliki pasir yang putih, di pesisirnya juga terdapat pecahan kecil batu karang yang berwarna putih. Gradasi warna air lautnya memiliki keunikan tersendiri dari putih transparan, hijau muda, hingga biru memberikan keindahan bagi setiap mata yang memandang.

Bagaimana tertarik mengunjungi 10 Pantai Indah ini? Yuk main-main ke Maluku. Banyak surga tersembunyi di Provinsi timur Indonesia yang belum banyak diketahui, termasuk pantai dan pulau-pulau cantiknya.

Demikianlah ulasan mengenai 10 pantai indah di Maluku dari Bacaterus. Jika Anda memiliki saran mengenai tempat-tempat menarik lain di Maluku, silahkan bagikan dengan kami di kolom komentar.

Artikel Menarik Lainnya:
Referensi dan sumber gambar: