advertisements

Malaysia adalah destinasi pariwisata yang paling banyak diminati oleh wisatawan Indonesia selain Singapura dan Thailand. Biaya akomodasi di Malaysia lebih murah dibandingkan Singapura. Jadi, apakah Anda berencana untuk menghabiskan liburan yang akan datang di Malaysia?

Saat berlibur di Malaysia, Anda bisa berkeliling tempat-tempat wisata sambil menikmati berbagai makanan khasnya. Namun ingat, jangan melupakan keluarga dan teman-teman yang ada di Indonesia. Nah, untuk menyenangkan hati mereka, Anda bisa membawa oleh-oleh khas Malaysia berikut ini.

Kerajinan Perak

advertisements

Kerajinan yang dibuat dari logam perak adalah salah satu buah tangan yang wajib dibeli ketika berada di Malaysia. Sejak jaman dahulu kala, perak merupakan benda berharga yang sangat penting di Kerajaan Malaysia. Pada masa itu, perak digunakan untuk menunjukkan status sosial bagi orang-orang yang berdarah biru.

Akan tetapi, saat ini kerajinan perak dapat diperoleh dengan mudah untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Perak yang dicetak jauh lebih murah dibanding perak yang ditempa. Contoh kerajinan perak yang bisa dibeli untuk oleh-oleh adalah piring, aksesoris, dan ikat pinggang dari perak.

Kaos Malaysia

oleh-oleh khas malaysia

Sama seperti Singapura dan Thailand, Malaysia juga memiliki kaos khas yang dapat dijadikan buah tangan untuk kerabat di tanah air. Ada banyak pilihan kaos khas Malaysia, mulai dari kaos bergambar Menara Petronas, kaos dengan tulisan I ♥ MY atau I ♥ KL, atau kaos dengan gambar Batu Caves.

Tips agar Anda bisa mendapatkan kaos dengan harga murah adalah membelinya di pedagang kaki lima dalam jumlah banyak. Anda bisa menawar dengan harga yang lebih murah jika Anda membeli kaos sebanyak beberapa buah. Harga kaos berkualitas premium umumnya sekitar RM 18 atau 60 ribu rupiah.

Gantungan Kunci dan Magnet Malaysia

gantungan kunci malaysia

Oleh-oleh mainstream satu ini sangat mudah diperoleh di berbagai toko souvernir atau bahkan minimarket yang ada di Malaysia. Gantungan kunci khas Malaysia ini memiliki jenis yang beragam, seperti gantungan kunci 3D, gantungan kunci timbul, dan masih banyak lagi. Begitu pun dengan magnet.

Anda bisa menemukan beragam jenis magnet unik bertema Malaysia. Pada umumnya, magnet dan gantungan kunci ini memiliki gambar atau bentuk yang serupa dengan landmark Malaysia, seperti Menara Kembar Petronas, Batu Caves, Taman Nasional Gunung Mulu, Sunway Lagoon, dan Sirkuit Internasional Sepang.

Miniatur Menara Kembar Petronas

miniatur menara petronas

Tak dapat didustai bahwa Menara Kembar Petronas adalah landmark kebanggaan warga negara Malaysia. Gedung yang pernah menjadi bangunan tertinggi di dunia pada tahun 1998 – 2004 ini merupakan daya tarik bagi wisatawan asing yang berkunjung ke Malaysia.

Tak afdol rasanya jika tidak berfoto dengan latar belakang menara kembar ini ketika sedang berjalan-jalan di negara tersebut. Nah, untuk oleh-oleh Anda bisa membelikan miniatur Menara Kembar Petronas ini. Untuk memperoleh miniatur ini, Anda bisa membelinya di toko souvernir yang berada di Bukit Bintang.

Kerajinan Timah

advertisements

Selain perak, kerajinan dari timah juga menjadi ikon oleh-oleh khas dari Malaysia. Kerajinan timah ini memiliki bentuk yang beragam. Sayangnya, kerajinan dari timah dibandrol dengan harga yang sedikit mahal. Jadi, sebaiknya Anda membeli kerajinan timah ini untuk orang-orang terdekat saja.

Karena harganya sedikit mahal, Anda bisa membelikan barang-barang kecil yang terbuat dari timah, seperti korek api, tempat pena, dan bingkai foto. Jika ingin kerajinan timah dengan ukuran yang lebih besar, Anda bisa membeli jam dinding atau mug. Salah satu tempat yang menjual kerajinan timah dengan kualitas premium di Malaysia adalah Royal Selangor.

Milo Malaysia

Milo adalah susu coklat yang banyak dijual di Indonesia. Lantas, mengapa Milo yang dijual di Malaysia ini bisa dijadikan oleh-oleh? Apa bedanya Milo di Malaysia dengan yang banyak dijual di Indonesia?

Jika dilihat dari kemasannya, sekilas tidak ada perbedaan dari Milo yang dijual di negeri sendiri dengan yang ada di Malaysia. Perbedaan hanya terlihat dari bahasa yang digunakan di kemasannya saja. Akan tetapi, setelah dicoba ternyata Milo Malaysia memiliki rasa coklat yang lebih pekat dan terasa. Oleh karena itu, Milo yang dijual di Malaysia ini bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga dan kawan-kawan yang berada di Indonesia.

Coklat Malaysia

coklat durian

Bukankah di Indonesia kita bisa membeli coklat dengan mudah? Benar. Akan tetapi, coklat khas Malaysia ini memiliki rasa yang berbeda dan pastinya sangat lezat. Salah satu varian coklat Malaysia yang sangat unik adalah coklat durian.

Bayangkan saja ketika rasa coklat dan durian melumer bersamaan di dalam mulut. Hm.. Rasanya tentu sangat nikmat dan legit! Malaysia juga diklaim sebagai produsen coklat terbaik kelima di dunia. Jadi, coklat khas Malaysia memang sangat pas untuk dibawa sebagai buah tangan.

Lego

lego malaysia

Lego adalah sejenis kotak-kotak beraneka warna yang bisa disusun menjadi tokoh tertentu, bangunan, hingga benda apa pun. Mainan ini tidak berasal dari Malaysia, melainkan dari Denmark. Akan tetapi, satu-satunya Legoland yang berada di Asia Tenggara ada di Nusajaya, Johor, Malaysia.

Mainan ini sangat populer dan agak mahal. Ketika berkunjung ke Malaysia, sempatkanlah diri Anda untuk mampir ke Legoland. Di sana Anda juga bisa membeli beberapa mainan lego untuk diberikan kepada keluarga atau teman yang ada di Indonesia.

Bros

bros

Salah satu pilihan oleh-oleh khas Malaysia yang cantik dan tidak membebani bagasi Anda saat pulang ke Indonesia adalah bros. Ya, bros adalah aksesori yang biasanya dikenakan di pakaian atau kerudung.

Sangat mudah menemukan bros di beberapa tempat yang ada di Malaysia. Bros yang dijual di Malaysia kebanyakan dirancang khusus untuk kaum hawa. Jadi, Anda bisa membelikan bros Malaysia ini untuk Ibu, istri, atau sahabat dan saudara wanita Anda. Harganya pun sangat bervariasi tergantung desainnya dan tempat di mana Anda membeli bros tersebut.

Ukiran Kayu

ukiran kayu malaysia

Referensi oleh-oleh yang terakhir adalah ukiran kayu khas Malaysia. Ukiran kayu yang dijual oleh pedagang di Malaysia ini sangat unik dan indah. Harganya pun bervariasi. Jika Anda membelinya di sebuah galeri, tentu harganya akan sedikit mahal. Akan tetapi, bila Anda membeli di pedagang kaki lima, Anda bisa membawa ukiran kayu ini dengan harga yang lebih murah.

Lantas, apa keistimewaan dari ukiran kayu ini? Ukiran kayu yang dijual di Malaysia rata-rata dibuat oleh masyarakat etnik Sabah dan Sarawak. Bahkan, beberapa suku asli Malaysia juga turut menghasilkan kerajinan dari kayu ini sehingga bentuknya sangat unik dan bernilai seni tinggi.

Overall, daftar oleh-oleh khas Malaysia di atas tidak terlalu menguras isi dompet Anda. Selain itu, Anda harus cermat saat membeli cindera mata untuk kerabat di tanah air. Pasalnya, Anda harus tetap berhemat untuk biaya akomodasi Anda selama di Malaysia.

Di samping itu, Anda juga harus memperhatikan kapasitas bagasi yang Anda miliki. Jangan sampai bagasi Anda overload sehingga Anda harus mengeluarkan dana lebih untuk membayar berbagai kelebihannya tersebut. Selamat berlibur!

Artikel Menarik Lainnya: