advertisements

Berlibur ke Batam memang membuat kita lupa waktu. Selain banyak makanan khas Batam yang sangat lezat dan tidak boleh dilewatkan, ada pula sejumlah tempat belanja murah di Batam yang bisa membuat Anda “lapar mata”. Namun, meskipun Anda memiliki berbagai aktivitas menyenangkan di Batam, jangan lupa untuk berbelanja oleh-oleh khas dari kota ini.

Butuh referensi mengenai oleh-oleh khas Batam yang biasa diburu oleh para wisatawan? Bacaterus akan memberikan beberapa rekomendasi barang dan makanan yang bisa Anda jadikan buah tangan kala sedang berkunjung ke Batam.

Kaos T-Obenk

advertisements

Anda pasti sudah tidak asing dengan kaos Dagadu dari Yogyakarta atau Joger dari Bali. Nah, di Batam ada merk kaos serupa yang biasa dibeli oleh wisatawan untuk dijadikan souvernir. Nama kaos khas Batam tersebut adalah T-Obenk.

Kaos ini disablon dengan kata-kata unik dan lucu, tapi ada juga kaos yang hanya memiliki tulisan “I Love Batam”. Jika Anda bingung mencari oleh-oleh yang bermanfaat untuk keluarga maupun sahabat, kaos T-Obenk ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda.

Tas Branded

Tas Branded Oleh-Oleh Khas Batam

Sudah menjadi rahasia umum jika tas branded adalah oleh-oleh khas Batam yang paling banyak diminati. Batam adalah gudangnya tas-tas dari merk terkenal, seperti Louis Vuitton, Chanel, Hermes, Michael Kors, dan masih banyak lagi. Di kota ini Anda bisa menemukan tas branded asli sampai dengan yang tiruan alias KW.

Mengapa fenomena tas branded ini sangat merajai Batam? Pasalnya, banyak barang impor yang bisa masuk dengan mudah ke Batam. Bahkan, biaya impornya pun lebih murah sehingga banyak masyarakat Batam yang melihat hal ini sebagai ladang usaha. Alhasil, tas-tas dari merk ternama internasional bisa dijual dan dibeli dengan mudah di Batam.

Rocklate

Rocklate

Belum ke Batam jika Anda belum membeli dan mencoba Rocklate. Cemilan manis yang satu ini bisa dibungkus dan dibawa untuk oleh-oleh. Nah, lantas apa itu Rocklate? Mengapa makanan ini begitu dicari oleh para wisatawan? Rocklate adalah coklat yang dikombinasikan dengan marshmallow, sehingga bagian dalam makanan ini terasa sangat lembut dan mudah lumer di dalam mulut.

Tak hanya itu saja, biasanya Rocklate juga diberi bahan tambahan lain, seperti biskuit dan kacang mede. Makanan yang satu ini bisa ditemukan dengan mudah di Batam. Datang saja ke toko oleh-oleh terdekat, maka Anda akan menemukan cemilan Rocklate ini.

Layer Cake

Layer Cake

Bila dilihat sekilas Layer Cake khas Batam ini memang sangat mirip dengan kue lapis legit. Bahkan, rasa dari kedua kue ini pun hampir sama. Namun, Layer Cake ini tetap menjadi salah satu kue khas Batam yang biasa dibungkus untuk dijadikan buah tangan.

Sama seperti Rocklate, Anda pun bisa menemukan Layer Cake ini dengan mudah di toko oleh-oleh. Rasa layer cake yang paling favorit adalah original, tetapi Anda juga bisa mencoba rasa lainnya, seperti Cheese, Mocha, Coklat, Fresh Pandan, dan masih banyak lagi.

Bingka Bakar

advertisements

Salah satu oleh-oleh khas Batam yang sangat favorit adalah Bingka Bakar. Kue ini berasal dari Kerajaan Melayu, tetapi saat ini Bingka Bakar menjadi salah satu buah tangan sekaligus cemilan favorit di Batam. Apabila dilihat sekilas, kue ini hampir sama dengan Bika Ambon. Namun, kue ini diolah dengan cara dipanggang sehingga aromanya sangat harum.

Jika Anda mencari oleh-oleh berupa makanan yang praktis dan bisa dibawa pulang ke kota Anda, maka Bingka Bakar ini adalah pilihan yang cocok. Kue ini tersedia dalam rasa coklat, stroberi, pandan, wijen, dan keju. Bingka Bakar juga banyak dijual di pusat oleh-oleh yang ada di Batam.

Handphone, Tablet, dan Laptop

Apabila Anda berencana untuk berlibur ke Batam, tak ada salahnya jika Anda membelikan oleh-oleh yang sedikit mahal, seperti handphone misalnya. Ya, sama seperti tas branded, gadget bisa masuk dengan mudah ke Batam tanpa dikenakan bea cukai.

Oleh karena itu, harga jual handphone, tablet, dan laptop di Batam jauh lebih murah dibanding kota-kota lain yang ada di Indonesia. Akan tetapi, Anda harus waspada ketika membeli ponsel atau gadget lainnya di Batam. Pasalnya, tidak semua barang tersebut asli. Beberapa di antaranya adalah barang replika atau refurbish (produk gagal yang diperbarui).

Kek Pisang Villa

Kek Pisang Villa

Yang satu ini juga kue khas Batam yang selalu menjadi incaran para wisatawan. Kek Pisang Villa ini bisa Anda temukan dengan mudah di pusat oleh-oleh yang ada di Batam. Kue yang berbahan dasar buah pisang ini juga menjadi salah satu oleh-oleh favorit selain bingka bakar.

Ada berbagai pilihan topping yang tersedia untuk Kek Pisang Villa ini, mulai dari keju, kacang, dan coklat. Nah, apakah Anda berminat untuk menjadikan kue ini sebagai buah tangan untuk orang-orang terdekat? Kue ini cukup praktis dan awet untuk dibawa keluar kota, lho.

Bilis Molen

Bilis Molen

Apakah Anda pernah mencicipi jajanan pisang molen? Nah, oleh-oleh khas Batam yang akan kami bahas satu ini memiliki bentuk yang menyerupai pisang molen, tapi isi dari jajanan ini adalah ikan teri. Meskipun isiannya berbeda, tetapi Bilis Molen mengunakan tepung dan adonan yang hampir sama dengan pisang molen.

Nah, jika pisang molen hanya  bisa dimakan sebagai cemilan, Bilis Molen bisa dijadikan lauk untuk dimakan bersama dengan nasi putih, lho. Makanan ringan ini bisa Anda temukan di pusat oleh-oleh Batam yang terdekat dengan Anda.

Luti Gendang

Luti Gendang

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan kroket. Akan tetapi, kali ini kita tidak membahas tentang kroket. Kita akan membahas Luti Gendang, sebuah roti khas Batam yang tampilannya mirip kroket. Perbedaan terletak dari bahan dasar kedua jajanan ini.

Kroket terbuat dari kentang, sedangkan Luti Gendang dari adonan roti. Jika kroket diisi dengan ragout, Luti Gendang diisi dengan ikan yang sudah dimasak dengan rempah-rempah tertentu. Kemudian, roti ini digoreng sampai berwarna coklat keemasan sebelum akhirnya dijual kepada para pembeli.

Stik Buah Naga

Stik Buah Naga

Buah naga dikenal sebagai salah satu buah-buahan segar yang sering dimanfaatkan sebagai dessert. Akan tetapi, kali ini buah naga disajikan dalam bentuk stik. Ya, buah naga ini dipotong memanjang seperti pensil, lalu dikeringkan dengan cara digoreng.

Nah, stik buah naga ini sangat cocok dikonsumsi sebagai cemilan. Rasa manis alami dalam jajanan inilah yang membuat rasanya menjadi semakin nikmat.

Itulah rekomendasi mengenai oleh-oleh khas Batam yang biasa diburu oleh para wisatawan. Apakah Anda memiliki saran mengenai buah tangan khas Batam lainnya? Jika ya, silakan tulis saran Anda  mengenai barang atau makanan favorit Tersebut di kolom komentar untuk berbagi dengan kami dan seluruh pembaca lainnya.

Artikel Menarik Lainnya: