advertisements
advertisement

Sekarang ini sudah tidak ada lagi istilah ‘kuno jika menggunakan kain khas Indonesia’. Karena, saat ini, model-model baju dari kain khas Indonesia banyak sekali yang go international, loh, salah satunya adalah model baju tenun ikat. Tren busana dari tenun ikat ini menarik minat banyak usia, baik dewasa maupun remaja.

Tenun ikat sendiri adalah kain yang ditenun dari benang yang diikat dengan tali plastik sebelum dicelup (diberi warna). Karena proses pembuatannya yang rumit dan motif unik yang tercipta, tenun ikat ini semakin memiliki banyak penggemar. Jika Anda ingin bergaya dengan kain tenun ikat, mari disimak 10 model baju tenun ikat untuk pria dan wanita tren fashion 2017 ala Bacaterus berikut ini:

Dress Lengan 7/8

Dress Lengan 7/8

Anda dapat tampil stylish ke kantor, acara semi-formal, maupun formal dengan menggunakan dress sebagai model baju tenun ikat pilihan Anda. Dress di atas merupakan kombinasi antara kain tenun ikat Nusa Tenggara Timur dengan kain batik embos Pekalongan. Perpaduan warna soft blue dengan oranye, merah, cokelat, dan biru tua pada dress ini sangatlah cantik.

advertisement
advertisement

Model lengan 7/8 dress ini membuat penampilan Anda menjadi terlihat lebih santai tapi tetap chic dan rapi. Untuk ukuran, Anda tidak perlu khawatir, karena dress ini muat all size dari ukuran S-2XL! Dress ini merupakan bukaan kancing depan, memiliki saku di kedua sisi paha, dan dengan detil slit di depan paha kanan. Harga dress ini hanya sekitar Rp 370 ribuan. Anda dapat membelinya di Blibli melalui link ini.

Kemeja Panjang Kombinasi

model baju tenun ikat

Kemeja panjang tentunya wajib dimiliki oleh para pria, baik untuk digunakan sehari-hari atau ke acara formal. Model baju tenun ikat yang satu ini merupakan kemeja lengan panjang kombinasi tenun ikat dengan abstract pattern. Warna kemeja ini adalah hijau gelap, warna yang biasanya dicari kebanyakan pria.

Untuk perawatannya sangat mudah sekali, karena Anda dapat menggunakan mesin cuci dengan air dingin untuk membersihkan kemeja ini. Ana pun tidak perlu khawatir untuk ukuran kemeja ini, karena tersedia dari ukuran S-XL. Anda dapat membeli kemeja lengan panjang kombinasi ini dengan harga sekitar Rp 280 ribuan di Blibli dengan mengklik link ini.

Peplum Long Blouse

Peplum Long Blouse

Seperti yang pernah dibahas di artikel model baju agar terlihat langsing dan model baju untuk perut buncit, blus dengan model peplum dapat menyamarkan perut buncit dan dapat membuat tubuh Anda terlihat lebih langsing. Model baju tenun ikat seperti ini cocok untuk dewasa maupun remaja, untuk acara formal maupun non-formal, dan untuk yang berhijab maupun tidak.

Perpaduan warna kuning tua dengan coklat pada blus ini tidak membuat orang ‘sakit mata’ saat melihatnya. Anda dapat menggunakan peplum long blouse ini untuk segala kesempatan seperti untuk hangout, kuliah, ataupun kerja. Anda dapat membeli blus ini di Lazada melalui link ini. Harga blus ini adalah sekitar Rp 130 ribuan.

Bolero Pendek

Bolero Pendek

Bolero biasanya sering digunakan sebagai ‘penutup’ baju tanpa lengan agar terlihat lebih sopan atau juga digunakan untuk menutupi bagian yang tidak ingin diperlihatkan seperti ketiak. Akan tetapi, bolero juga sering digunakan sebagai main point dalam style. Contohnya, seperti pada gambar di atas.

Bolero tenun ikat berwarna biru terang dipadukan dengan inner dengan halter neck berwarna hitam. Akan tetapi, style di atas tidak terlihat seperti pakaian yang terpisah, bukan? Tapi terlihat seperti blus lengan pendek seperti biasa. Itu terjadi karena bolerolah yang menjadi poin utamanya, bukan inner-nya. Nah, jika Anda ingin memiliki bolero ini, Anda dapat membelinya di Mataharimall dengan harga sekitar Rp 180 ribuan saja, klik saja link ini.

Long Blouse

Long Blouse

Blus lengan panjang memiliki fungsi yang berbeda dengan blus lengan pendek. Blus lengan panjang bisa lebih melindungi kulit Anda dari sinar matahari langsung dan juga dari debu serta polusi. Selain itu, blus lengan panjang dapat membuat penampilan Anda terlihat lebih rapi dan anggun.

advertisement
advertisement

Blus lengan panjang di atas dapat Anda temukan di Blibli dengan mengklik link ini. Bentuk leher U pada blus ini cukup besar sehingga tidak akan mencekik leher Anda. Selain itu, terdapat satu buah saku yang besar pada sebelah kiri perut Anda, cantik sekali, bukan? Anda tidak perlu khawatir tentang ukuran karena Anda dapat memilih ukuran blus ini antara M, L, atau XL.

Fringe Top

Fringe Top

Model baju tenun ikat yang menjadi tren pada tahun 2017 selanjutnya adalah fringe top. Jenis pakaian ini merupakan atasan dengan model rumbai di ujung bawahnya. Banyak orang yang menyukain model baju seperti ini karena bentuknya yang simpel namun unik.

Fringe top ini sangat nyaman untuk digunakan sehari-hari seperti kuliah atau hanya untuk sekedar jalan-jalan. Anda dapat memadukan fringe top ini dengan celana jeans favorit Anda ataupun celana bahan kain.

Kemeja Pendek

Kemeja Pendek

Kemeja pendek dapat Anda gunakan ke kampus, ke mall, ataupun ke undangan tanpa menghilangkan kesan rapi dan elegan yang biasanya dimiliki oleh kemeja panjang. Contohnya dapat Anda lihat pada gambar di atas. Kemeja lengan pendek dengan warna ungu gelap ini sangat keren, bukan? Anda dapat memadukannya dengan jeans ataupun celana kain.

Couple

couple

Anda dan pasangan dapat tampil kompakan dengan model baju tenun ikat seperti pada gambar di atas. Untuk pria, bisa menjadikan kain tenun ikat dengan model kemeja lengan pendek. Untuk wanita, bisa menjadikan kain tenun ikat sebagai long dress atau baju pisah atasan dengan rok panjang lebar.

Baju Koko

baju koko

Kain tenun ikat ternyata bisa dibuat baju Koko alias baju muslim pria juga, loh! Lihat saja baju koko lengan panjang di atas, sangat keren, bukan? Jangan hanya ke kantor saja berpenampilan rapi, ke masjid juga jangan mau kalah rapi, dong. Manfaatkanlah kain tenun sebagai bahan dasar baju koko Anda, atau bisa juga dijadikan aksen seperti pada gambar di atas.

Baggy Pants

Baggy Pants

Baggy pants sangat nyaman digunakan untuk di rumah ataupun di luar rumah. Pada gambar di atas dapat Anda lihat bahwa kain untuk celananya terbuat dari katun sedangkan aksen talinya terbuat dari kain tenun ikat. Sangat simpel akan tetapi tidak menghilangkan kesan elegan dan mewah.

Nah, itulah 10 model baju tenun ikat tren fashion tahun 2017 ini untuk pria dan wanita. Semoga dapat menginspirasi gaya berpakaian Anda. Baju yang manakah yang menjadi favorit Anda?

Artikel Menarik Lainnya: