advertisements

Lukisan Mona Lisa merupakan lukisan yang paling terkenal dan misterius di dunia saat ini. Lukisan karya Leonardo Da Vinci tersebut menggambarkan potret setengah badan dari seorang wanita yang diberi nama Mona Lisa. Misteri lukisan Mona Lisa sudah ada sejak dibuat pada abad ke-16. Kini lukisan tersebut dipajang di museum The Louvre, Paris, Perancis.

Lukisan Mona Lisa menjadi sangat terkenal bukan hanya karena keindahannya, namun juga karena berbagai misteri yang ada di belakangnya. Dari mulai senyuman, latar pembuatan, hingga siapa model dari Mona Lisa tersebut hingga kini masih terus diperbincangkan.

advertisements

Berbagai macam film serta karya sastra banyak yang menyinggung mengenai misteri tersebut, salah satunya adalah novel The Da Vinci Code karya Dan Brown. Nah sebelum kita membahas lebih jauh mengenai berbagai misterinya, mari kita simak terlebih dahulu sejarah dari lukisan Mona Lisa itu sendiri.

Sejarah Lukisan Mona Lisa

Leonardo Da Vinci diyakini mulai melukis Mona Lisa antara tahun 1503 hingga 1506. Pada tahun 1516, Leonardo diundang oleh Raja François I untuk bekerja di Clos Lucé yang berdekatan dengan istana kerajaan. Di sana, Leonardo melanjutkan proses pelukisan Mona Lisa yang sebelumnya telah berhenti selama beberapa tahun.

lukisan mona lisa

Wanita yang berada di lukisan tersebut dipercaya sebagai Lisa Gherardini. Lisa merupakan istri dari Francesco del Giocondo, seorang pengusaha kain sutra yang sangat kaya di kota Florence, Italia. Lukisan tersebut rencananya akan di pajang di rumah baru mereka sekaligus untuk merayakan kelahiran anak kedua mereka yaitu Andrea.

Selain nama Mona Lisa, lukisan ini juga terkenal dengan berbagai nama lainnya. Di Italia lukisan ini dikenal dengan nama La Gioconda yang berarti orang yang bahagia. Nama tersebut juga diambil dari nama pernikahan dari Lisa. Sedangkan di Perancis, lukisan ini dikenal dengan nama La Joconde yang merupakan terjemahan dari La Gioconda ke dalam bahasa Perancis.

Setelah Da Vinci meninggal, lukisan ini kemudian diwarisi oleh murid dan asistennya yakni Salai. Lukisan ini kemudian dibeli oleh King Francis I of France dan disimpan di Palace of Fontainebleau. Setelah beberapa kali dipindahkan dan bahkan hilang karena dicuri, lukisan Mona Lisa saat ini dipajang secara permanen di museum The Louvre.

Misteri Senyuman Mona Lisa

misteri lukisan Mona Lisa

Dari berbagai misteri yang menyelimutinya, senyuman Mona Lisa dianggap sebagai yang paling menarik dan mengundang rasa penasaran. Senyuman yang tergambar dalam lukisan tersebut memang sangat misterius karena setiap orang dapat menginterpretasikannya dengan berbeda-beda.

Ada yang melihatnya sebagai senyuman kebahagiaan, senyuman ketakutan, dan bahkan senyuman kemarahan. Terkadang seseorang melihat senyuman kebahagiaan ketika melihat ke bibirnya, namun setelah melihat ke arah matanya maka senyuman tersebut akan berubah feeling-nya.

Beragamnya interpretasi tersebut membuat para ahli tertarik untuk menelitinya lebih dalam lagi. Salah satunya adalah Dina Goldin, seorang professor di Brown University, yang menyatakan jika perubahan ‘rasa’ senyuman tersebut diakibatkan oleh bentuk dinamis dari lekuk muka Mona Lisa.

Selain itu pada tahun 2005 para peneliti dari University of Amsterdam mencoba menganalisis senyuman tersebut dengan menggunakan software komputer yang bisa mendeskripsikan perasaan seseorang melalui sebuah gambar. Hasilnya, senyuman tersebut menunjukan 83% perasaan bahagia, 9% lelah, 6% takut, 2% marah, kurang dari 1% netral, dan 0% terkejut.

Tiang di Latar Belakang

advertisements

Misteri lukisan Mona Lisa lainnya yang masih mengundang rasa penasaran adalah latar belakang dari lukisan Mona Lisa. Seperti diketahui, lukisan yang dipajang di museum The Louvre saat ini menampilkan latar belakang berupa pemandangan tepi sungai di sebuah lembah di Italia.

Padahal banyak orang meyakini jika sebelumnya di latar belakang tersebut terdapat dua buah tiang di samping kanan dan kirinya. Dengan adanya dua buah tiang tersebut, maka Mona Lisa menjadi tampak sedang duduk di balkon atau teras rumahnya.

Banyak orang yang menganggap jika kedua tiang yang tepat berada di kedua ujung lukisan asli tersebut dipotong agar sesuai dengan bingkai yang akan digunakannya. Namun dalam sebuah penelitian pada tahun 2005, tidak ditemukan adanya tanda-tanda bekas pemotongan dan gambar Mona Lisa dengan dua buah tiang yang banyak beredar saat ini kemungkinan hanyalah rekayasa.

misteri lukisan Mona Lisa tiang

Siapa Sebenarnya Mona Lisa?

Selain berbagai macam objek yang terdapat pada lukisannya, tokoh di balik pembuatan lukisan Mona Lisa juga masih menjadi misteri. Banyak orang yang percaya jika Mona Lisa adalah Lisa del Giocondo, namun tidak sedikit pula yang meragukannya. Berikut adalah beberapa tokoh yang dianggap sebagai Mona Lisa tersebut:

  • Lisa del Giocondo

lisa del giocondo

Seperti disinggung di atas, Lisa del Giocondo merupakan tokoh yang paling banyak dipercaya masyarakat sebagai Mona Lisa. Semasa akhir hayatnya, Da Vinci pernah membicarakan tentang lukisan seorang wanita Florentine yang dibuat berdasarkan permintaan dari Giuliano de’ Medici. Namun hingga kini tidak ada bukti keterkaitan antara Lisa del Giocondo dan Giuliano de’ Medici.

  • Isabella of Aragon

lukisan Mona Lisa isabella

Tokoh lainnya yang dianggap sebagai model dari Mona Lisa adalah Isabella of Aragon, sang Ratu Milan. Teori ini diambil berdasarkan fakta bahwa Da Vinci pernah bekerja sebagai pelukis Kerajaan Milan selama 11 tahun. Gaun berwarna hijau tua yang dipakai Mona Lisa merupakan pakaian dari keluarga Kerajaan Milan sehingga kemungkinan besar model dari lukisan tersebut adalah Isabella of Aragon.

  • Mona Lisa adalah Laki-Laki

lumisan mona lisa da vinci

Teori terakhir dan yang paling kontroversial adalah pernyataan bahwa model dari Mona Lisa adalah seorang laki-laki. Alih-alih Lisa del Giocondo, banyak yang menganggap jika yang menjadi Mona Lisa itu adalah suaminya yakni Francesco del Giocondo. Ya, Francesco meminta Da Vinci untuk melukis dirinya sendiri, bukan istrinya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh seniman Susan Dorothea White yang menyatakan jika Mona Lisa adalah seorang pria. Bedanya, Susan mengklaim jika lukisan tersebut adalah potret dari Leonardo Da Vinci sendiri. Dalam penelitiannya ia menggabungkan wajah Da Vinci dan Monalisa dalam satu gambar dan hasilnya kedua wajah tersebut menyatu dengan sempurna.

Pendapat kontroversial lainnya diungkapkan oleh sejarawan Silvano Vinceti. Ia menyatakan bahwa Mona Lisa adalah kekasih pria dari Da Vinci yakni Gian Giacomo Caprotti. Sedangkan Serge Bramly menyatakan jika Mona Lisa dibuat tanpa ada model di dunia nyata karena Da Vinci sedang menggambarkan sesosok wanita yang sempurna.

Alis dan Bulu Mata

alis mona lisa

Misteri lain yang masih terus diperbincangkan hingga saat ini adalah alis dan bulu mata dari Mona Lisa. Seperti terlihat dalam lukisannya, Mona Lisa hanya memiliki alis yang sangat tipis dan tidak memiliki bulu mata sama sekali. Hal ini tentu mengundang tanda tanya mengingat di masa pembuatannya berbagai lukisan dibuat dengan cukup detil.

Seorang peneliti asal Perancis bernama Pascal Cotte kemudian melakukan penelitian di tahun 2007. Penelitian tersebut mencoba mengungkapkan keberadaan bulu mata dengan cara membuat foto close up dari lukisan tersebut dengan kamera beresolusi tinggi.

Hasilnya, Cotte menemukan sebuah bulu mata di atas mata kiri dari Mona Lisa. Dengan begitu ia dapat menyimpulkan jika sebenarnya Da Vinci melukis bulu mata di wajah Mona Lisa, namun bulu mata tersebut terhapus seiring dengan berjalannya waktu ataupun karena kesalahan saat pembersihan lukisan. Selain itu ia juga mengungkapkan jika sebenarnya posisi tangan Mona Lisa tidak dilukis dengan posisi tersebut pada awal pelukisannya.

Selain berbagai macam misteri di atas, tentu masih banyak misteri lukisan Mona Lisa lainnya yang masih tersembunyi. Sebagian misteri mungkin akan terpecahkan seiring dengan berjalannya waktu, namun sebagian yang lain mungkin akan tetap menjadi misteri yang hanya bisa dijawab oleh Leonardo Da Vinci sendiri.

Artikel Menarik Lainnya: