advertisements

Banyak sekali misteri dunia yang belum terpecahkan sampai sekarang. Berbagai misteri tersebut dapat berbentuk puzzle, kode, lukisan, foto, hingga patung-patung dan pahatan. Semua misteri tersebut tersebar di berbagai negara dengan karakteristik dan kisah yang berbeda-beda.

Belum terpecahkannya berbagai misteri tersebut dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti kurangnya sumber referensi atau bahkan anggapan adanya campur tangan jin dan alien. Nah kali ini bacaterus.com akan mengulas kumpulan cerita misteri dunia yang masih belum terungkap tersebut. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

Segitiga Bermuda

advertisements

Siapa yang tidak mengenal Segitiga Bermuda? Kawasan perairan di lautan Atlantik tersebut memang sangat terkenal dengan berbagai misterinya. Di lautan tersebut banyak kapal laut dan pesawat terbang yang hilang secara misterius. Bahkan hingga kini, bangkai dari kapal dan pesawat yang hilang tersebut tidak pernah ditemukan.

Berbagai macam teori telah coba diungkap untuk menjelaskan fenomena misterius tersebut. Ada yang mengatakan jika di lautan tersebut terdapat medan magnet yang sangat kuat sehingga mampu menarik besi di atasnya. Selain itu, ada juga yang mengatakan jika mereka diculik oleh alien atau penduduk dari negeri Atlantis yang hilang.

Kota Atlantis yang Hilang

dunia hilang atlantis

Misteri akan keberadaan kota Atlantis yang hilang hingga kini masih menjadi perdebatan. Kisah Atlantis sendiri bermula dari buku karangan Plato yang menyatakan bahwa ada kota dengan peradaban dan teknologi yang sangat tinggi pada jaman dahulu kala. Sayangnya kota tersebut kemudian ditenggelamkan ke laut karena penduduknya yang sombong dan tamak.

Banyak orang yang menganggap jika misteri dunia yang hilang tersebut memang benar-benar pernah ada jika melihat berbagai macam reruntuhan dan piramida yang ada di dasar Samudera Atlantik. Namun ada juga yang mengatakan jika Atlantis hanyalah kota gaib yang tidak ditinggali oleh manusia seperti kita.

Phaistos Disc

misteri dunia yang belum terpecahkan phaistos disc

Phaistos Disc adalah sebuah tanah liat berbentuk bundar yang berisi berbagai macam simbol aneh. Simbol tersebut dianggap sebagai salah satu bentuk hieroglyphics di masa lalu. Banyak peneliti yang mengklaim jika simbol tersebut merepresentasikan simbol Linear A dan Linear B yang dulu digunakan di jaman Crete kuno.

Phaistos Disc sendiri ditemukan oleh seorang arkeolog Italia yang bernama Luigi Pernier pada tahun 1908. Disc ini kemungkinan besar sudah dibuat semenjak milenium kedua sebelum masehi. Hingga saat ini Phaistos Disc masih menjadi salah satu puzzle paling terkenal di dunia arkeologi.

Shepherd Monument

misteri dunia yang belum terpecahkan shepherd

Misteri dunia yang belum terpecahkan selanjutnya adalah Shepherd Monument di Staffordshire, Inggris. Jika dilihat secara sepintas, tidak ada yang aneh dengan monumen tersebut. Namun jika diteliti lebih lanjut, kita akan menemukan kumpulan huruf yang sangat misterius yakni “DOUOSVAVVM”.

Kumpulan huruf tersebut sudah lebih dari 250 tahun belum terpecahkan. Bahkan beberapa tokoh terkenal seperti Charles Dickens dan Charles Darwin juga pernah mencoba memecahkan salah satu misteri teraneh di dunia tersebut namun gagal. Meskipun arti kode tersebut masih menjadi misteri, namun banyak yang menganggap jika itu adalah clue dari para Knights Templar mengenai lokasi dari Holy Grail.

Monster Lochness

advertisements

Di sebuah danau bernama Loch Ness di skotlandia, banyak orang yang sering melihat sesosok monster besar keluar dari danau tersebut. Monster tersebut memiliki leher yang panjang mirip dengan bentuk dari dinosaurus yang sering kita lihat di buku atau di media.

Beberapa teori menyatakan jika makhluk tersebut tinggal di dasar danau dan merupakan keturunan langsung dari dinosaurus yang masih hidup. Namun ada juga teori yang menyatakan jika monster tersebut adalah makhluk gaib sehingga hanya dikategorikan sebagai misteri dua dunia, yaitu dunia gaib dan dunia nyata.

Mary Celeste

Mary Celeste merupakan salah satu kisah kapal hantu yang paling terkenal hingga saat ini. Mary Celeste adalah kapal yang ditumpangi oleh 10 orang ketika pergi dari pelabuhan. Kapal tersebut kemudian menghilang dan ketika ditemukan, di dalam kapal tersebut ditemukan cadangan makanan dan air untuk 6 bulan namun tidak ada satupun orang di dalamnya.

Misteri dunia gaib Mary Celeste ini terus menimbulkan perdebatan terutama tentang menghilangnya 10 awak kapal tersebut. Berbagai makam video dokumenter, film, hingga buku banyak dibuat berdasarkan misteri Mary Celeste ini.

Voynich Manuscript

misteri dunia yang belum terpecahkan voynich

Voynich Manuscript merupakan sebuah buku berisi 240 halaman yang ditulis dengan bahasa dan aksara yang tidak diketahui oleh manusia. Dikutip dari mnn.com, dalam buku tersebut juga terdapat berbagai macam gambar aneh seperti diagram, benda, dan tumbuhan yang tidak diketahui jenisnya.

Banyak yang menganggap jika buku tersebut merupakan buku panduan medis jika melihat dari berbagai macam gambar tanaman yang ada di dalamnya. Namun berbagai gambar diagramnya justru lebih mirip dengan benda dari luar angkasa sehingga banyak juga yang menganggapnya sebagai buku buatan alien.

Hingga saat ini belum diketahui siapa penulis buku tersebut. Namun berdasarkan tes karbon yang dilakukan, buku tersebut kemungkinan dibuat antara tahun 1404 hingga 1438. Buku tersebut dinamakan Voynich Manuscript karena pada tahun 1912 pernah dibeli oleh seorang Polandia bernama Wilfrid M. Voynich.

Sinyal Wow!

misteri dunia yang belum terpecahkan wow

Pada suatu malam di musim panas tahun 1977, Jerry Ehman, seorang sukarelawan dari organisasi peneliti alien SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence), mungkin menjadi orang pertama di dunia yang menerima pesan dari alien. Ya, ketika sedang melakukan pencarian sinyal radio secara acak dari luar angkasa, ia menerima sebuah sinyal yang berisi pesan yang sangat misterius.

Sinyal tersebut berlangsung selama 72 detik dan dikirimkan dari tempat yang sangat jauh dan belum pernah dikunjungi oleh manusia sebelumnya. Tempat tersebut kemungkinan berada di konstelasi Sagitarius di dekat bintang bernama Tau Sagittarii. Jarak tempat tersebut dari bumi adalah 120 tahun cahaya.

Dalam transkrip sinyal yang dibuatnya, Ehman melingkari pesan dari alien tersebut dan kemudian menuliskan kata “Wow!” di sampingnya. Oleh karena itulah hingga saat ini pesan tersebut sering disebut sebagai “Wow! Signal” alias “Sinyal Wow!”.

Misteri Dunia Bawah Tanah Baiae

terowongan baiae

Pada tahun 1932 di kota Napoli, Italia, ditemukan sebuah terowongan bawah tanah di wilayah reruntuhan kota kuno Baiae dari jaman Romawi. Terowongan tersebut penuh dengan gas beracun dan memiliki suhu lebih dari 120 derajat fahrenheit. Terowongan tersebut dibuat dengan sedemikian kompleks sehingga sangat sulit bagi manusia biasa untuk memasukinya.

Banyak orang percaya bahwa terowongan tersebut merupakan jalan menuju dunia bawah tanah yang sering disebut dalam mitos Yunani. Namun hingga saat ini terowongan tersebut masih belum bisa dimasuki dan tetap menjadi salah satu misteri dunia bawah tanah yang belum terpecahkan.

Georgia Guidestones

misteri dunia yang belum terpecahkan georgia guidestone

Georgia Guidestones merupakan sebuah monumen batu granit yang didirikan pada tahun 1979 di Elbert County. Monumen yang sering juga disebut sebagai “American Stonehenge” tersebut berisi 10 perintah yang ditulis dalam 8 bahasa yakni Inggris, Spanyol, Swahili, Hindi, Hebrew, Arab, Cina, dan Rusia. Pada monumen tersebut juga terdapat beberapa simbol astronomi.

Meskipun tidak ada kode rahasia yang ditulis dalam monumen tersebut, namun hingga saat ini tujuan pembuatan serta siapa pembuatnya belum diketahui. Hanya ada satu nama samaran yang dianggap sebagai pelopor dari pembuatannya yakni R.C. Christian.

Dari 10 perintah yang ditulis tersebut, perintah pertama menjadi yang paling kontroversial. Perintah tersebut berbunyi “Maintain humanity under 500,000,000 in perpetual balance with nature” yang dalam Bahasa Indonesia berarti “Mempertahankan populasi manusia di bawah 500 juta untuk menjaga keseimbangan dengan alam”.

Banyak orang yang menganggap jika perintah tersebut merupakan “izin” untuk mengurangi populasi manusia dengan berbagai cara, entah itu dengan membunuhnya atau menyebarkan penyakit. Para pemerhati teori konspirasi juga menganggap jika monumen tersebut dibuat oleh para penyembah iblis “Luciferian secret society” sebagai bentuk dari new world order.

Artikel Menarik Lainnya: