advertisements

Bagaimana jika Anda sedang diet, tetapi Anda juga ingin menunaikan ibadah puasa? Ibadah puasa bukanlah suatu penghalang untuk Anda tetap melakukan diet. Justru dengan adanya bulan puasa ini, diet Anda akan sangat terbantu. Puasa artinya menahan lapar dan haus. Jika selama ini diet Anda selalu gagal karena Anda sulit menahan lapar, maka di bulan puasa ini Anda bisa mencoba kembali untuk melakukan diet tersebut.

Banyak yang tidak tahu bagaimana menyiapkan menu buka puasa untuk diet yang tepat. Nah, Bacaterus akan memberikan informasi mengenai kriteria dan tips menyiapkan menu buka puasa sehat untuk para pelaku diet. Yuk, cari tahu informasi selengkapnya di sini!

Kombinasi Antara Karbohidrat Kompleks dan Air Putih

advertisements

Saat buka puasa adalah waktu yang tepat untuk menghidrasi tubuh setelah seharian penuh tubuh Anda tidak mendapatkan asupan cairan. Minumlah air putih sebanyak yang Anda mampu. Akan tetapi, jangan terlalu berlebihan agar perut tidak terasa kembung.

Untuk menu makanannya, usahakan untuk menyiapkan makanan yang dianggap sebagai sumber karbohidrat kompleks yang baik. Beberapa makanan yang dapat menjadi sumber karbohidrat kompleks antara lain adalah kacang-kacangan (kacang hijau, kacang kedelai, dan kacang merah) serta biji-bijian (gandum atau beras merah).

Menggunakan Ikan Sebagai Lauk

pola makan sehat salmon

Ikan adalah menu buka puasa untuk diet yang sangat sehat. Anda bisa memilih salah satu jenis ikan untuk diolah menjadi menu buka puasa yang lezat. Bacaterus menyarankan Anda untuk memilih ikan salmon atau tuna. Karena kedua jenis ikan ini mengandung asam lemak omega 3 yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Akan tetapi, cara memasak ikan juga sangat perlu untuk diperhatikan. Karena Anda sedang diet, sebaiknya masak ikan dengan cara dipanggang, dibakar, atau direbus. Jika Anda merasa ikan salmon atau tuna terlalu mahal, Anda bisa mengganti dengan ikan yang lebih murah, seperti ikan gurami.

Tidak Masalah Menyantap Daging Sapi

Daging Panggang

Banyak orang berpendapat bahwa saat sedang diet, terutama diet untuk menurunkan berat badan, maka seseorang harus menghindari daging sapi. Padahal, daging sapi tidak akan menaikkan berat badan Anda jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat.

Pilihlah daging sapi tanpa lemak untuk diolah menjadi menu buka puasa untuk pelaku diet. Kemudian, daging sapi ini bisa dipanggang atau dibakar menjadi steak. Perhatikan juga bumbu yang digunakan saat memasak. Jika sedang diet, bumbui daging tersebut dengan air lemon, merica, dan garam. Selain steak, Anda bisa memasak daging sapi tanpa lemak ini menjadi makanan, seperti rawon atau soto.

Ganti Nasi Putih dengan Nasi Merah

nasi merah menu buka puasa untuk diet

Ketika sedang diet, Anda memang diharuskan untuk mengurangi konsumsi nasi putih. Pasalnya, nasi putih lebih cepat dicerna oleh tubuh dan mengandung kalori yang cukup tinggi sehingga berisiko untuk menaikkan kadar glukosa dalam darah.

Cobalah untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah. Karena nasi merah merupakan sumber karbohidrat kompleks yang lebih lama dicerna tubuh, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Kombinasikan nasi merah ini dengan lauk sehat untuk menjadi menu buka puasa untuk diet yang sempurna.

Hindari Makanan yang Digoreng

advertisements

Makanan yang digoreng sarat akan kandungan lemak yang tinggi. Oleh karena itu, makanan gorengan sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi pada saat Anda sedang diet. Hindari makanan yang digoreng dalam menu buka puasa Anda. Karena pada saat bulan puasa, pola makan dan istirahat Anda akan berubah.

Sementara itu, kandungan lemak dalam makanan gorengan dapat membuat kita jadi cepat mengantuk. Mengapa? Saat Anda menyantap makanan gorengan, maka ikatan oksigen dapat berkurang hingga 20 persen.

Jangan Lupa untuk Mengkonsumsi Makanan Berserat

Sumber serat terbaik berasal dari buah dan sayur. Bacaterus ingin mengingatkan Anda yang sedang diet saat bulan puasa untuk turut memasukkan buah dan sayur dalam menu buka puasa Anda. Buah dan sayur dapat melancarkan pencernaan Anda dan mencegah risiko sembelit.

Buah dan sayur bisa dimasukkan ke dalam menu buka puasa Anda menjadi hidangan pembuka, seperti salad atau takjil. Selain itu, sayur juga bisa diolah menjadi lauk yang sehat untuk menu buka puasa Anda. Usai tarawih, Anda juga bisa menyantap buah-buahan segar favorit Anda.

Hindari Makanan dan Minuman yang Mengandung Santan

kolak pisang

Kolak pisang adalah takjil favorit bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sayangnya, jika Anda sedang diet sebaiknya Anda tidak memasukkan kolak pisang ke dalam menu buka puasa untuk diet. Tak hanya itu saja, opor ayam juga merupakan lauk favorit pada saat Bulan Ramadhan yang sebaiknya dihindari.

Bila Anda sedang diet, sebaiknya Anda tidak menyantap opor ayam dan makanan bersantan lainnya. Karena makanan bersantan sarat akan lemak dan dapat menaikkan kadar kolesterol Anda. Jika kadar kolesterol meningkat, maka hal tersebut dapat turut menaikkan tekanan darah dan kadar gula dalam darah.

Tidak Mengkonsumsi Minuman Bersoda

minuman bersoda

Segelas cola dingin tentu dapat mengobati dahaga Anda usai berpuasa sehari penuh. Akan tetapi, minuman bersoda sangat tidak direkomendasikan untuk Anda yang sedang diet. Tahukah Anda bahwa minuman bersoda atau minuman dalam kemasan lainnya sarat akan kalori yang tinggi? Saat diet, Anda harus mengurangi asupan kalori sehari-hari.

Terlalu banyak asupan kalori bisa berkontribusi dalam menaikkan berat badan Anda. Jika ingin membatalkan puasa saat maghrib, sebaiknya minumlah beberapa gelas air putih. Air putih juga dapat meredakan dahaga, kok.

Katakan Tidak Pada Fast Food

fast food

Teman-teman kantor mengajak Anda buka puasa bersama di restoran cepat saji (fast food)? Boleh saja, tetapi Anda harus ingat bahwa Anda sedang diet. Saat diet, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi fast food.

Makanan cepat saji mengandung lemak dan natrium yang sangat tinggi, baik itu ayam goreng (fried chicken), hamburger, atau bahkan kentang gorengnya. Sebaiknya jika Anda ingin buka puasa bersama di restoran fast food, bawalah makanan sendiri dari rumah. Katakan pada teman-teman bahwa Anda sedang menjalankan diet dan menghindari makanan cepat saji.

Jangan Memasukkan Makanan Instant Dalam Menu Buka Puasa

Tak sempat menyiapkan hidangan buka puasa? Mungkin Anda akan memilih untuk menggoreng sosis, kornet, atau nugget. Namun sayangnya, menu buka puasa yang praktis seperti ini harus dicoret dalam menu buka puasa Anda.

Ingat, Anda sedang dalam program diet sehat. Sementara makanan-makanan instant tersebut sangat tinggi lemak, kalori, dan natrium. Belum lagi tambahan bahan pengawet yang bisa digunakan dalam makanan instant. Usahakan untuk menyiapkan makanan segar dan sehat sendiri.

Menyiapkan menu buka puasa untuk diet memang tidak semudah ketika Anda sedang tidak menjalani program diet. Namun, untuk memperoleh hasil yang sempurna dibutuhkan usaha yang maksimal pula. Tetap semangat menjalani diet sembari berpuasa, ya!

Artikel Menarik Lainnya: