advertisements

Anda tentu pernah menjalankan ibadah puasa saat tanggal tua, bukan? Kondisi ini membuat Anda harus lebih berhemat dalam menentukan menu buka puasa dan sahur. Sebelum tanggal muda tiba, mungkin Anda harus buka puasa dengan menu seadanya. Akan tetapi, hal tersebut bukanlah sebuah penghalang untuk tidak menunaikan ibadah puasa.

Kini, Anda tak perlu khawatir, karena Bacaterus akan membagikan ide menu buka puasa praktis dan murah yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Penasaran menu buka puasa apa saja yang akan dibagikan Bacaterus? Simak ulasan selengkapnya di sini, yuk!

Ikan Lele Goreng dan Sambal Tomat

advertisements

Di Jawa Timur, menu ini dikenal dengan nama pecel lele. Isi dari menu ini adalah ikan lele goreng yang disajikan bersama sambal tomat. Menu ini biasanya bisa didapatkan dengan mudah di warung kaki lima yang ada di pinggir jalan.

Jika di warung kaki lima Anda bisa mendapatkan 2 ekor ikan lele goreng, sambal tomat, dan nasi putih dengan harga 15 ribu rupiah, Anda hanya perlu mengeluarkan uang 10 ribu rupiah saja jika Anda memasaknya sendiri. Di samping itu, lele goreng dan sambal tomat ini adalah menu buka puasa praktis dan murah yang sangat akrab di lidah orang Indonesia.

Nasi Goreng Telur

Nasi Goreng Telur menu buka puasa praktis dan murah

Nasi goreng adalah menu makanan yang fleksibel. Mengapa fleksibel? Karena nasi goreng bisa dinikmati kapan saja, baik pagi maupun malam hari. Nasi goreng juga dapat menjadi menu buka puasa yang sangat praktis.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi goreng hanya nasi putih, bawang merah, bawang putih, garam, merica, kecap manis, telur, dan minyak goreng. Namun, Anda juga menambahkan lauk berupa potongan ayam atau baso sapi. Perkiraan dana untuk membuat nasi goreng telur adalah sekitar 7 ribu rupiah saja.

Pecel

Pecel

Pernah mencoba menu makanan khas Jawa Timur ini? Rasa dan tampilan pecel memang sedikit mirip dengan karedok khas Jawa Barat. Nah, pecel ini adalah menu makanan yang sangat mudah dan praktis. Anda hanya perlu membeli sayuran, seperti kangkung, tauge, dan kacang panjang. Kemudian, Anda bisa membeli bumbu pecel yang sudah jadi di toko. Rebus sayuran tersebut hingga matang, lalu larutkan bumbu pecel dengan air hangat.

Untuk membuat pecel yang nikmat sekaligus dengan bumbunya, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 10 ribu rupiah. Selain murah meriah, pecel juga masuk dalam kategori menu berbuka yang sehat karena didominasi oleh sayuran yang kaya vitamin.

Tahu-Tempe Goreng dan Sambal Kecap

Tahu-Tempe Goreng

Anda pasti setuju bahwa makanan yang satu ini masuk ke dalam jajaran menu buka puasa praktis dan murah. Ya, tahu dan tempe goreng adalah makanan khas Indonesia yang harganya sangat murah. Namun, siapa sangka jika tempe dijual di Inggris dengan harga 250 ribu rupiah. Oleh karena itu, selagi kita bisa menikmati tahu-tempe goreng dengan harga yang murah, maka kita harus bersyukur.

Mengolah tahu-tempe goreng sangatlah mudah. Tahu dan tempe mentah direndam dalam air garam dan bawang putih selama beberapa menit. Kemudian, goreng tahu dan tempe dalam minyak panas hingga warnanya kekuningan. Sajian tahu-tempe goreng dan sambal kecap ini hanya menghabiskan dana 5 ribu rupiah saja.

Tumis Sayuran

advertisements

Menu sehat yang satu ini sangat cocok untuk disantap saat berbuka puasa. Anda bisa menggunakan sayuran favorit Anda, seperti kangkung, tauge, sawi, bayam, dan brokoli. Bumbu untuk menumis sayuran ini hanyalah bawang merah, bawang putih, garam, merica, dan sedikit kecap asin.

Kemudian, Anda juga bisa menambahkan sedikit lauk, seperti udang atau telur puyuh, ke dalam tumis sayuran ini. Tumis sayur tanpa lauk ini hanya membutuhkan dana sekitar 5-7 ribu rupiah, tergantung pada banyaknya sayuran yang Anda masak.

Bihun Goreng Telur

Alternatif hidangan buka puasa yang murah dan praktis lainnya adalah bihun goreng. Cara membuat bihun goreng telur ini sangat mudah, seperti ketika Anda membuat nasi goreng. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bihun goreng adalah bihun mentah, bawang merah, bawang putih, garam, merica, telur, kecap manis, dan minyak goreng.

Sebelumnya Anda harus merebus bihun mentah tersebut hingga matang. Kemudian, masak dengan bahan-bahan yang tersisa. Tambahkan sawi hijau ke dalam bihun goreng Anda atau lauk lain, seperti potongan ayam, udang, dan baso sapi.

Telur Penyet dan Sambal Terasi

Telur Penyet dan Sambal Terasi

Telur penyet ini bisa berupa telur rebus yang digoreng, telur mata sapi, atau telur dadar. Kemudian, Anda hanya perlu membuat sambal terasinya saja sebagai pendamping. Untuk membuat menu makanan ini, Anda hanya perlu menyediakan uang 7 ribu rupiah saja.

Telur penyet dan sambal terasi ini sangat nikmat disantap dengan sepiring nasi putih hangat. Dengan tambahan krupuk, maka menu makanan sederhana ini akan menjadi lebih nikmat apalagi disantap saat waktu berbuka tiba.

Sup Kacang Merah

Sup Kacang Merah

Mencari menu buka puasa praktis dan murah yang juga bergizi? Anda bisa membuat sup kacang merah. Bahan-bahan yang diperlukan untuk memasak sup kacang merah adalah kacang merah segar, wortel, bawang merah, bawang putih, merica, garam, dan kaldu ayam atau sapi.

Nah, langkah selanjutnya adalah Anda harus merebus 1 liter air ini bersama kaldu instant sampai air berkurang menjadi tinggal 750 ml saja. Sembari menunggu, Anda dapat menumis bawang dengan sedikit minyak goreng sampai harum. Setelah itu, masukkan bawang dengan kacang merah dan wortel ke dalam air kaldu tersebut. Jika Anda memiliki dana lebih, Anda bisa menambahkan sedikit daging sapi ke dalam sup kacang merah ini.

Sayur Bening

Sayur Bening

Salah satu menu yang praktis dan murah untuk hidangan buka puasa maupun sahur adalah sayur bening. Bahan-bahan untuk membuat sayur bening adalah bayam, jagung, kunci (rempah-rempah), bawang merah, bawang putih, garam, gula, dan merica.

Sejatinya, sayur bening ini lebih nikmat jika disantap dengan bakwan jagung. Sayangnya, resep untuk membuat bakwan jagung sedikit rumit dan membutuhkan waktu yang lama. Akan tetapi, sayur bening ini bisa disantap bersama ikan pindang goreng atau ikan mujair goreng sebagai lauknya.

Mi Instant

Siapa yang tidak kenal dengan makanan praktis yang satu ini. Mi instant sering menjadi menu makanan pilihan pada saat tanggal tua. Anda pun bisa menyantap mi instant ini sebagai menu buka puasa atau sahur.

Selain cara pembuatannya yang mudah, rasa mi instant ini juga sangat enak. Namun, untuk membuat mi instant ini jadi lebih lezat dan bergizi, Anda bisa menambahkan telur dan sawi hijau. Mi instant goreng atau kuah dapat ditambahkan dengan telur dan sayuran.

Inilah 10 menu buka puasa praktis dan murah yang bisa Anda buat pada saat isi dompet sedang tipis. Anda pun bisa menjadikan menu-menu ini sebagai hidangan sahur. Nah, apa menu buka puasa yang praktis dan murah yang menjadi andalan Anda? Yuk, share dengan kami di kolom komentar!

Artikel Menarik Lainnya: