advertisements

Apakah Anda sedang dalam program pembentukan otot? Atau Anda sedang berusaha untuk mempertahankan massa otot Anda? Program pembentukan atau pertahanan massa otot ini tetap bisa dilakukan sembari menjalankan ibadah puasa. Asalkan, pada saat buka puasa dan sahur Anda mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat memaksimalkan otot.

Kita semua tahu bahwa makanan berprotein tinggi dapat mempengaruhi pembentukan otot. Namun, tidak semua orang tahu secara spesifik makanan apa saja yang dapat membentuk otot secara maksimal. Oleh karena itu, Bacaterus akan memberikan informasi mengenai bahan makanan yang bisa dijadikan sebagai menu buka puasa buat otot maksimal.

Daging Sapi Tanpa Lemak

advertisements

Satu porsi (3 ons) daging sapi tanpa lemak hanya mengandung 154 kalori saja, tetapi banyak nutrisi penting yang membuat bahan makanan ini bisa diolah menjadi menu buka puasa buat otot maksimal.

Beberapa nutrisi penting untuk pembentukan otot yang terkandung dalam daging sapi adalah seng, besi, dan protein. Selain itu, daging sapi tanpa lemak juga mengandung protein dan asam amino yang cukup tinggi. Daging sapi ini bisa diolah menjadi sup, rawon, atau steak.

Dada Ayam Tanpa Kulit

ayam panggang menu buka puasa buat otot maksimal

Sama seperti daging sapi, dada ayam tanpa kulit juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang sangat penting untuk pemeliharaan dan pembentukan otot. Di samping itu dada ayam juga baik untuk Anda yang sedang dalam usaha menurunkan berat badan.

Untuk menjadikan dada ayam ini sebagai makanan khusus untuk buka puasa, Anda bisa mengolahnya menjadi sup, tim ayam, atau ayam panggang. Hindari mengolah dada ayam dengan santan, seperti kari atau opor, karena dada ayam tersebut bisa menjadi makanan yang berlemak tinggi.

Cottage Cheese

Cottage Cheese

Mungkin ada beberapa dari Anda yang belum mengenal Cottage Cheese. Ini adalah keju bertekstur lembut dan terbuat dari dadih. Jika keju parmesan memiliki rasa yang sedikit asin, cottage cheese memiliki rasa yang asam. Keju ini mengandung banyak protein kasein murni. Seperti yang kita ketahui, protein kasein adalah protein yang lambat dicerna, sehingga bagus untuk pembentukan dan pemeliharaan otot.

Tak hanya itu saja, Cottage Cheese juga dapat menjadi sumber Vitamin B12, kalsium, dan nutrisi penting lainnya. Untuk menu buka puasa, Anda bisa menyajikan cottage cheese ini bersama salad atau sandwich dari roti gandum.

Telur

Telur

Sudah menjadi rahasia umum bila telur dianggap sebagai sumber protein yang baik. Di samping itu, telur juga menyediakan asam amino esensial, kolin, dan Vitamin D. Selain itu, telur juga merupakan bahan makanan dengan harga yang murah.

Untuk membuat telur sebagai menu buka puasa buat otot maksimal, Anda bisa merebusnya dan menyantapnya dengan salad. Selain itu, telur rebus juga bisa dimakan bersama sambal tomat atau terasi sehingga rasanya semakin nikmat.

Susu Whey Protein

advertisements

Susu whey protein pasti sudah akrab di telinga Anda yang sedang membentuk atau memelihara massa otot. Pastikan susu whey protein ini jadi menu tetap pada saat Anda berbuka puasa. Susu ini sudah jelas mengandung whey protein yang berperan penting untuk memaksimalkan otot.

Lantas, bagaimana cara mengolah susu whey protein ini menjadi hidangan untuk buka puasa? Susu whey protein tidak perlu diolah menjadi hidangan apapun. Anda hanya perlu mengkonsumsi 1-2 gelas susu ini saat buka puasa atau sahur.

Tuna dan Salmon

Kedua ikan ini harus ada dalam menu buka puasa Anda jika ingin memperoleh otot yang kuat dan maksimal. Baik tuna maupun salmon sama-sama mengandung protein yang sangat tinggi. Namun, tak hanya itu saja, kedua ikan ini mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk tubuh dan mendukung usaha Anda dalam memaksimalkan otot. Ya, asam lemak omega 3 adalah jenis lemak baik yang dapat memaksimalkan proses metabolisme di dalam tubuh.

Di samping itu, tuna dan salmon sangat mudah diolah menjadi berbagai macam hidangan yang lezat. Untuk buka puasa, Anda bisa mengolah ikan salmon ini dengan cara dipanggang bersama air perasan lemon, sedikit garam, dan lada. Sementara itu, ikan tuna juga bisa dijadikan sebagai isian sandwich atau disantap menjadi steak. Jika Anda merupakan penyuka sashimi, Anda juga bisa membuat kedua ikan ini menjadi sashimi ala Jepang.

Oatmeal

oatmeal

Jika tak sempat menyiapkan hidangan buka puasa, Anda bisa menyantap oatmeal. Selain praktis, oatmeal juga sangat baik untuk memaksimalkan otot Anda. Oatmeal adalah sumber karbohidrat yang ideal bagi orang-orang yang sedang dalam tahap pembentukan massa otot. Pasalnya, oatmeal mengandung indeks glikemik rendah yang tidak akan meningkatkan insulin.

Dengan kata lain, oatmeal adalah sajian tepat sebagai sumber karbohidrat bagi pelaku diet untuk menurunkan badan atau orang-orang yang sedang memelihara otot. Agar oatmeal ini dapat menjadi hidangan nikmat untuk berbuka puasa, sajikan oatmeal dengan potongan buah segar, seperti kiwi, stroberi, atau blueberry.

Roti Gandum

Roti Gandum

Roti gandum bisa diolah menjadi hidangan buka puasa atau sahur yang praktis. Anda bisa memperoleh jenis roti ini di supermarket. Roti gandum juga merupakan sumber karbohidrat yang sangat baik untuk membentuk massa otot. Selain simple, rasa roti gandum ini juga cukup lezat.

Nah, bagaimana mengolah roti gandum menjadi menu buka puasa buat otot maksimal? Caranya cukup mudah, olah roti gandum ini menjadi sandwich. Sebelumnya, oleskan cottage chesse di permukaan roti gandum, letakkan selada dan tomat. Kemudian, isi dengan ikan salmon dan tuna, lalu panggang di dalam microwave. Resep ini praktis dan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Buah dan Sayuran

pola makan sehat buah

Siapa bilang untuk membentuk massa otot Anda hanya perlu mengkonsumsi protein saja? Anda juga harus mengkonsumsi buah dan sayuran. Pasalnya, di bulan puasa ini pola makan dan istirahat Anda akan mengalami perubahan.

Agar tidak mudah sakit, konsumsi buah dan sayuran yang sarat akan antioksidan. Antioksidan ini berperan penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, buah dan sayur juga menyediakan Vitamin E, Vitamin C, dan Beta-Karoten. Selain membentuk otot, Anda juga harus menjaga kesehatan tubuh Anda sendiri.

Kacang-Kacangan

Lemak juga berperan penting untuk memaksimalkan pembentukan dan pemeliharaan otot. Namun, pastikan Anda memperoleh asupan lemak tak jenuh dari sumber makanan yang tepat, seperti kacang-kacangan.

Kacang hijau, kacang almond, atau kacang merah dapat menjadi sumber lemak baik untuk meningkatkan pemeliharaan otot. Anda bisa mengolah kacang-kacangan ini menjadi takjil atau topping untuk menyantap salad dan oatmeal.

Dengan menu buka puasa buat otot maksimal ini, Anda bisa tetap berpuasa sembari menjaga atau membentuk massa otot. Namun, Anda juga harus tetap melakukan sesi latihan. Karena tanpa latihan, massa otot Anda tidak akan terbentuk secara maksimal.

Artikel Menarik Lainnya: