advertisements

Ada banyak produk pemutih wajah yang dijual bebas di pasaran. Sayangnya, tidak semua produk tersebut dapat memberikan hasil yang optimal untuk memutihkan wajah. Alih-alih memiliki wajah yang lebih putih dan cerah, produk tersebut berisiko menimbulkan efek samping pada kulit wajah Anda.

Salah satu cara aman untuk mencerahkan kulit wajah adalah dengan menggunakan masker wajah alami untuk memutihkan. Masker wajah alami tentunya dibuat dari bahan-bahan yang alami, seperti buah, sayur, dan bahan makanan lainnya. Nah, apa saja bahan alami yang direkomendasikan Bacaterus untuk memutihkan wajah? Cari tahu ulasan selengkapnya di bawah ini, yuk!

Putih Telur

advertisements

Nah, untuk membuat masker wajah dari putih telur, gunakanlah telur ayam kampung. Sisihkan putih telurnya dan kocok secara lepas. Setelah itu, tambahkan sedikit madu murni pada putih telur tersebut. Aplikasikan masker campuran dari putih telur dan madu ke seluruh area wajah, lalu diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Putih telur merupakan bahan alami yang efektif untuk menghilangkan jerawat, noda bekas jerawat, komedo, dan flek hitam. Wajah jadi terlihat lebih cerah jika Anda rutin menggunakan masker ini 2-3 kali dalam seminggu.

Bengkuang

bengkoang

Sejak zaman dahulu, bengkuang dipercaya dapat memutihkan wajah dengan cepat dan tanpa efek samping. Bahkan, bengkuang juga banyak digunakan sebagai bahan utama pembuatan kosmetik atau produk perawatan tubuh dan wajah yang menawarkan manfaat untuk memutihkan kulit.

Namun, masker wajah bengkuang yang terbaik adalah masker bikinan sendiri. Cara membuat masker bengkuang adalah dengan memarutnya hingga halus. Kemudian, peras parutan bengkuang, gunakan air perasan tersebut untuk memasker wajah. Anda juga dapat menambahkan sedikit parutan bengkuang untuk memasker wajah dan tubuh.

Daun Seledri

Daun Seledri masker wajah alami untuk memutihkan kulit

Siapa sangka daun seledri dapat memberikan manfaat untuk membuat wajah terlihat lebih cerah? Namun, cara menggunakan daun seledri sebagai masker wajah ini sedikit berbeda. Pertama, ambil 1-2 ikat daun seledri yang sudah dicuci hingga bersih. Kemudian, potong hingga menjadi bagian-bagian kecil, lalu rebus di dalam air selama kurang lebih 20 menit.

Setelah itu, diamkan seledri yang direbus itu sampai dingin. Ambil potongan daun seledri dan usapkan di area wajah. Letakkan potongan daun seledri tersebut di wajah hingga mengering, lalu bilas dengan air bersih.

Pepaya

Pepaya

Buah yang murah meriah ini ternyata dapat memutihkan wajah secara perlahan tapi pasti, lho. Pasalnya, buah pepaya dapat meregenerasi kulit dengan cara mengangkat sel kulit mati yang mengakibatkan wajah terlihat kusam. Setelah kulit wajah yang kusam tersebut terkelupas, maka perlahan wajah Anda akan tampak lebih putih dan bercahaya.

Cara membuat masker wajah alami untuk memutihkan kulit dari pepaya adalah dengan menghaluskan 50 – 100 gram daging buah pepaya di dalam blender. Kemudian, tambahkan sedikit madu dan aplikasikan masker pepaya ini ke seluruh wajah.

Alpukat

advertisements

Buah satu ini dapat membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan lembab. Alpukat tidak hanya bisa digunakan sebagai masker wajah saja, tetapi juga dapat dipakai sebagai masker kulit tubuh yang kering. Kombinasi antara buah alpukat, 1 butir kuning telur, dan ¼ cangkir susu murni dapat menjadi masker wajah alami untuk memutihkan kulit yang efektif.

Kulit Lemon / Jeruk

Jangan buang kulit lemon atau jeruk terlebih dahulu, karena kulit buah yang kaya akan Vitamin C tersebut dapat menjadi masker wajah alami untuk memutihkan kulit. Untuk menjadikan kulit lemon / jeruk sebagai masker, parut kulit tersebut hingga halus.

Setelah itu, jemur kulit buah di bawah sinar matahari selama 2 jam. Lalu campurkan kulit lemon / jeruk kering ke dalam susu murni, dan usapkan ke seluruh area wajah. Diamkan masker kulit lemon / jeruk ini selama 20 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat.

Tomat

Tomat

Tomat merupakan buah favorit yang banyak digunakan sebagai masker wajah. Hal tersebut tentu tidak lepas dari khasiat tomat yang dapat mencegah jerawat serta mencerahkan kulit wajah yang kusam. Di samping itu, tomat juga kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk kulit. C

ara membuat masker tomat bikinan sendiri ini sangat mudah, cukup haluskan 1-2 buah tomat dan segera letakkan di area wajah. Beri sedikit pijatan ringan di sekitar wajah agar nutrisi dalam buah tomat ini dapat diserap dengan cepat oleh kulit wajah.

Wortel

masker wortel

Bukankah wortel bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata? Ya, wortel memang banyak mengandung Vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata kita. Akan tetapi, wortel juga dapat digunakan sebagai masker alami untuk wajah, lho. Masker wortel diklaim dapat mencegah tanda-tanda penuaan serta mencerahkan wajah hingga tampak lebih bersinar.

Untuk membuat masker wortel, Anda hanya membutuhkan satu buah wortel segar. Blender wortel sampai halus, kemudian tuangkan 1-2 sendok makan madu murni ke dalamnya. Setelah itu, segera usapkan masker wortel ini ke seluruh area wajah dan diamkan sampai mengering. Untuk membersihkan sisa masker wortel di wajah, gunakanlah handuk atau kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Pisang

masker pisang

Sehat, murah, dan mudah diperoleh. Itulah buah pisang. Seperti yang kita ketahui, pisang adalah buah favorit masyarakat Indonesia karena dapat dijumpai di seluruh penjuru negeri. Bahkan, buah yang memiliki kulit berwarna kuning ini dapat diolah menjadi berbagai menu hidangan yang lezat.

Namun, kali ini Bacaterus akan mengajak Anda untuk membuat masker pisang yang dapat memutihkan wajah yang tampak kusam. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakanlah jenis pisang susu. Haluskan pisang susu ini dengan sendok dan tambahkan sedikit minyak zaitun. Kemudian, gunakan campuran pisang susu dan minyak zaitun tersebut sebagai masker pencerah wajah.

Strawberry

Buah cantik berwarna merah ini juga diklaim dapat digunakan sebagai masker pemutih wajah. Pasalnya, strawberry dapat mengangkat sel kulit mati dan mengelupas kulit yang terlihat kusam. Ketika sel kulit mati dan kotoran terangkat, maka wajah akan terlihat lebih putih dan cerah. Bahkan, masker strawberry ini bisa membuat kulit wajah Anda terasa segar dan tampak merona.

Anda hanya perlu menghaluskan 8 buah strawberry di dalam blender. Kemudian, tambahkan 3-4 sendok makan susu murni dan campur sampai merata. Aplikasikan campuran strawberry dan susu murni itu ke area wajah dan diamkan selama 1 jam agar nutrisi dari stawberry dan susu dapat diserap oleh kulit.

Banyak produk perawatan wajah yang mengklaim bahwa menggunakan bahan-bahan alami di dalamnya. Akan tetapi, itu tidak mengurangi risiko adanya efek samping setelah menggunakan produk tersebut. Apabila Anda ingin mencerahkan wajah dengan bahan-bahan yang tanpa efek samping, gunakanlah salah satu masker wajah alami untuk memutihkan di atas.

Artikel Menarik Lainnya: