advertisements

Tips menghadapi calon mertua saat main ke rumah gebetan: bawalah martabak. Eh, memangnya harus, ya? Hehe, tenang saja, itu cuma stereotype saja, kok. Maksudnya, kamu kalau mau main ke rumah doi tuh jangan dengan tangan kosong. Hal ini dilakukan bukan serta merta untuk menyogok camer alias calon mertua supaya merelakan anaknya bisa dibawa pergi kencan saja, loh.

Dengan kamu yang membawa makanan ketika datang ke rumah si dia, camer kamu bakal berpikir kalau kamu tuh bertanggung jawab, setidaknya bisa ngebayarin anaknya makan, dan sekalian biar ada camilan juga kan pas lagi ngapel. Ingin tau tempat martabak enak yang tidak mungkin gagal untuk merebut hati camer? Ini dia 10 rekomendasi martabak enak di Bandung yang pasti sukses mengantarkan kamu pada izin camer untuk memacari anaknya:

Martabak San Fransisco

advertisements

Martabak San Fransisco sudah berdiri sejak tahun 1967, dan semenjak itu pula selalu ramai pengunjung. Di sini tersedia martabak manis dan asin dengan kisaran harga Rp 40 ribu – Rp 205 ribu. Hm? Biasa saja kok mahal, sih? Tunggu sampai kamu mengetahui pilihan topping di Martabak San Fransisco. Untuk martabak manis, kamu bisa pilih rasa vanila, green tea, red velvet, Nutella, keju, Oreo, Toblerone, dan masih banyak lagi.

Untuk martabak asin, selain isian daging, ada topping ikan tuna, loh! Daging sapinya bukan daging cincang abal-abal, tapi merupakan daging pilihan. Menteganya pun 0% fat. Selain itu, kamu bisa pilih ingin martabak tebal atau tipis. Langsung saja samperin lokasinya biar tidak penasaran, di Jalan Ir. H. Djuanda No. 105 (Dago) dan Jalan Burangrang No. 42 (Pujasera San Francisco). Dua-duanya buka dari jam 4 sore – 12 malam WIB.

Martabak Asan

martabak asan

Menu yang paling difavoritkan pelanggan setia Martabak Asan adalah martabak tipis kering (tipker)-nya, walaupun ada juga menu martabak tebal jika kamu merupakan pecinta martabak tebal. Di sini cuma ada martabak manis saja, ya. Kalau mau yang asin-asin tersedia batagor dan siomay. Lokasinya ada di Jalan Kebon Kawung No. 8, buka dari jam 5 sore – 11 malam. Untuk cabang Jalan Jend. Sudirman No. 403 (Andir) buka dari jam 5 sore – 10.30 malam.

Pilihan topping di martabak enak di Bandung ini memang tidak banyak, bisa dikatakan sebagai martabak tradisional, karena hanya ada topping cokelat, kacang, pisang, dan keju saja. Harga per porsinya mulai dari Rp 30 ribuan (martabak tipker) dan Rp 70 ribuan (martabak tebal). Memang rasanya agak mahal tapi harga tidak berbohong, kok. Dijamin, kamu pasti ketagihan dan ingin terus-terusan kembali ke Martabak Asan.

Martabak Tropica

martabak tropica

Lokasi Martabak Tropica ada di Jl. Wayang 2 (Burangrang) No. 30. Beroperasi dari jam 2 siang – 11 malam WIB. Jika biasanya adonan martabak manis hanya berwarna putih dan tidak ada rasa khusus, di sini kamu diberikan pilihan yang sulit, karena semuanya menggiurkan. Sebut saja adonan green tea, red velvet, pandan, hingga adonan bolu. Tapi jangan salah, adonan originalnya pun sudah sangat enak walau belum diberi topping apapun.

Kamu pasti akan dibuat pusing lagi untuk memilih topping, karena pilihannya lebih banyak lagi. Ada topping Nutella, Toblerone, Kit Kat green tea, Ovomaltine, Oreo, Hersey’s, Silver Queen, kismis, kacang mede, kurma, durian, hingga ikan cakalang (resep kreasi pakar kuliner Bondan Winarno). Untuk kamu yang tidak bisa memilih topping, beli saja martabak 10 rasa. Di sini juga ada martabak tipis kering buat kamu yang ngefavoritin martabak tipker.

Martabak Nikmat Andir

martabak nikmat andir

Sesuai dengan namanya, martabak ini memang sangat nikmat! Sudah rasanya enak, unik-unik pula menunya. Mulai dari yang agak normal, martabakkacang cokelat, martabak pandan jagung keju, martabak taro keju, dan martabak Toblerone, hingga yang unik seperti martabak dengan topping durian, kacang merah, plum, ceri, kurma, cranberry, jeruk kupas, mangga, cocktail, nangka, belimbing, hingga lotus. Range harganya Rp 30 ribuan – Rp 150 ribuan.

Yang di atas tadi untuk martabak tebal, ya. Untuk topping martabak tipkernya beda lagi, nih. Ada keju, apel, lemon, tiramisu, black cappucinno, green menthol, Nutella, Toblerone, vanila kelapa, pandan, dan almon. Unik-unik banget, kan? Dan rasanya tidak perlu diragukan lagi, tentu saja NIKMAT. Martabak enak di Bandung ini berlokasi di Jalan Jend. Sudirman No. 413, nomor teleponnya (022) 6015386.

Martabak Canada

advertisements

Martabak ini tidak ada di Canada, melainkan di Jalan Kebon Kawung No. 2, Cicendo (depan Hotel Mutiara). Bukanya setiap hari, mulai dari jam 5 sore – 12 malam WIB. Di sini tersedia martabak asin dan manis (tebal dan tipker). Pilihan martabak asin mulai dari daging sapi, ayam, hingga corned dengan kisaran harga Rp 33 ribu – Rp 52 ribu (bisa pakai telor ayam/bebek).

Pilihan martabak manis mulai dari yang biasa: kacang, keju, cokelat, hingga ada juga Toblerone, Silver Queen Chunky Bar, dan Nutella dengan kisaran harga Rp 38 ribu – Rp 105 ribu. Di sini Bacaterus sarankan pesan martabak tipker-nya, walaupun martabak tebalnya juga tidak kalah enak. Martabak tipker di sini pas banget, soalnya cara pembuatannya sempurna hingga menciptakan martabak tipker yang enak banget.

Martabak Good

Jangan ngaku martabak lover kalau kamu belum mencicipi Martabak Good. Martabak enak di Bandung ini berada di Jalan Cibadak No. 184. Martabak di sini disuguhkan dalam porsi beesaaarrr dengan isian yang sangaaaat banyaaak. Misalnya, nih, kamu pesan martabak keju, nah si kejunya itu sampai meleber ke mana-mana saking banyaknya. Range harganya mulai dari Rp 20 ribu – Rp 40 ribuan.

Di sini juga tersedia martabak asin dengan 4 telor atau 5 telor, sesuai selera kamu. Untuk isiannya ada ayam, jamur, kornet, tuna balado, jagung, keju, dan daging sapi. Harganya berkisar dari Rp 28 ribu – Rp 52 ribu.

Martabak Shaffron

martabak shaffron

Martabak enak di Bandung ini punya menu yang banyak banget. Mulai dari yang reguler seperti kacang, cokelat, pisang, dan keju, di sini juga ada menu martabak yang unik seperti Cadbury, Hershey’s, Ovomaltine, JIF creamy peanut, Milo, Nutella, Van Houten Chocolate, dan Skippy.

Selain martabak manis, di sini juga tersedia martabak asin, yaitu martabak telur yang dimakan sambil dicocol ke kuah kari! Untuk martabak asinnya, kamu bisa pilih mau pakai telur ayam atau telur bebek. Untuk karinya kamu juga bisa pilih mau kari ayam atau kari sapi. Semuanya enak, kok. Lokasi Martabak Shaffron ada di Jalan Ciumbuleuit No. 85, Hegarmanah. Bukanya setiap hari dari jam 4 subuh – 11 malam.

Martabak Bolu Golden Bell

martabak bolu golden bell

Kamu lagi ingin makan martabak, tapi ingin bolu juga? Bingung pilih yang mana? Tidak perlu bingung lagi karena Martabak Bolu Golden Bell hadir untuk kamu. Tekstur adonannya tidak seperti martabak kebanyakan yang berongga dan berminyak, martabak di sini benar-benar menggunakan adonan bolu, sehingga bentuknya padat, empuk, lembut, dan tidak berminyak.

Martabak Bolu Golden Bell sering dijadikan oleh-oleh karena tahan hingga 6 hari, padahal tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali, loh! Pilihan topping-nya ada keju, cokelat, kismis, dan kacang. Kisaran harganya mulai dari Rp 40 ribu – Rp 45 ribu saja. Oleh-oleh yang murah meriah dan enak, bukan?

Martabak Brownies Dakocan 168

martabak brownies dakocan 168

Martabak, tapi brownies? Gimana tuh maksudnya? Jadi, di Martabak Brownies Dakocan 168 ini adonannya menggunakan adonan brownies. Jadi bentuknya betul-betul seperti kue brownies, hanya saja bentuknya bulat seperti martabak. Biar tidak penasaran langsung saja datang ke Jalan Dr. Radjiman. Bukanya setiap hari mulai pukul 6 sore – 9 malam WIB.

Rasa cokelat dari adonan browniesnya sangat kentara, dan lagi pilihan topping yang disediakan pun banyak sekali. Mulai dari yang biasa seperti kacang dan keju hingga cokelat merk M&M’s. Selain martabak brownies yang ukurannya besar, di sini juga ada yang ukurannya mini, satu kotak biasanya berisi 9 martabak kecil-kecil. Jadi bisa dimakan bareng satu keluarga gebetan kamu.

Martabak Mertua

martabak enak di bandung

Nah ini nih, dari namanya saja sudah pasti bakal sukses membantu kamu mendapatkan restu dari mertua. Menu martabak di sini kekinian banget. Mulai dari martabak green tea, red velvet, martabak pizza yang topping-nya banyak, hingga yang paling fenomenal dan cuma ada di Martabak Mertua, yaitu martabak mozarella!

Martabak enak di Bandung ini berlokasi di Jalan Jupiter Barat Blok H2 No. 89c, Metro, Margahayu. Supaya lebih mudah, masuk ke kawasan Metro Indah Mall dari Jl. Soekarno Hatta, lalu keluar melalui pintu belakang. Kamu harus sabar antri, karena peminat martabak mertua banyak banget! Kalau kamu tidak mau antri, pesan antar saja. Free, kok, tapi hanya untuk maksimal jarak 2 KM. Hubungi nomor ini 081224179885.

Ada satu lagi cabang Martabak Mertua, yaitu di Jalan Dipatiukur No. 84A (sebelah kampus ITHB). Di sini juga menyediakan pesan antar di nomor telepon 082216907529. Martabak Mertua buka setiap hari dari jam 3 sore – 10 malam.

Ya, itulah 10 martabak enak di Bandung yang bakal bisa membantu kamu merebut hati camer. Tidak percaya? Silakan dipraktekkan. Dijamin, deh, camer kamu bakal minta kamu sering-sering dateng ke rumah. Untuk diminta beliin martabak. Tapi kan lumayan, jadi sekalian ngapel, iya gak?

Artikel Menarik Lainnya:
Referensi dan sumber gambar: