advertisements
advertisements

Setelah beberapa bulan yang lalu kita digegerkan oleh sinetron Ganteng-Ganteng Serigala yang dikritik oleh banyak pihak sebagai jiplakan dari film Twilight, kini muncul lagi sinetron serupa dengan judul Manusia Serigala yang tayang di MNC TV. Sinetron ini ditengarai sebagai saingan dari sinetron GGS tersebut.

Jika GGS saja jiplakan, lantas istilah apa yang pantas untuk menyebut sinetron Manusia Harimau ini? Ah, sudah lupakan sementara permasalahan jiplak-menjiplak sinetron tersebut karena kali ini saya hanya akan membahas mengenai manusia harimau yang konon katanya memang benar-benar ada di dunia nyata.

Karakteristik Gaib Harimau

advertisements
advertisements

Di Indonesia harimau banyak diidentikan dengan hal-hal yang berbau gaib. Salah satunya adalah ilmu silat harimau yang melibatkan ‘harimau gaib’ dalam ritualnya. Selain itu, berbagai organ tubuh harimau juga banyak diburu karena memiliki kekuatan gaib yang tinggi seperti taring atau tulang singkalnya.

Seperti diulas oleh rwabhineda.com, terdapat seekor harimau yang memiliki kekuatan gaib tinggi yang disebut ‘Harimau Raden’. Harimau tersebut merupakan raja dari segala harimau. Ia tidak perlu berburu untuk mendapatkan makanan karena biasanya makanan tersebut sudah tersedia di hadapannya.

manusia harimau

Tulang singkal harimau

Harimau raden ini memiliki organ tubuh yang disebut tulang singkal atau orang sunda menyebutnya sebagai ‘sima’. Tulang singkal merupakan tulang yang tumbuh bukan pada tempatnya. Tulang ini biasanya tumbuh di kepala dan menembus daging. Tulang singkal memiliki ukuran sebesar lidi dengan panjang sekitar 10 hingga 15 cm.

Tulang singkal ini sangatlah langka dan memiliki kekuatan gaib yang sangat besar. Konon katanya tulang ini dapat memberikan kekuatan setara dengan seribu kuda mengamuk. Semakin marah orang yang memilikinya maka semakin besar pula kekuatannya hingga bisa membuat orang yang dipukulnya mati.

Selain tulang singkal, masih banyak organ tubuh harimau lain yang dipercaya memiliki kekuatan gaib seperti gigi taring dan lainnya. Dengan berbagai karakteristik tersebut wajar rasanya jika harimau merupakan binatang yang paling ‘dihormati’ dalam urusan dunia gaib di Indonesia.

Sinetron Manusia Harimau di MNC TV

manusia harimau

Mari break sejenak dan kembali membahas sinetron Manusia Harimau yang ditayangkan oleh MNC TV. Dalam sinetron buatan MD entertainment itu dikisahkan seorang siswa SMA bernama Arga (diperankan oleh Randy Pangalila) memiliki keturunan manusia harimau sehingga ia bisa berubah menjadi harimau ketika marah.

Agar bisa meredam emosinya, Arga selalu diingatkan oleh Bembi (Ryan Wijaya) untuk mengingat wanita yang dicintainya yakni Citra (Vebby Palwinta). Sayangnya, hubungan cinta antara Arga dan Citra juga dinaungi oleh kutukan karena jika sesama keturunan harimau saling mencintai maka salah satunya akan mati.

Selain masalah kisah cintanya tersebut, Arga juga harus menghadapi permusuhan dengan Bara (Kevin Kambey), Reno (Elscant), dan Bombom (Indra Kharisma). Ketiganya merupakan keturunan manusia singa yang semenjak nenek moyangnya menaruh dendam untuk memusnahkan manusia harimau.

Cukup sekian pembahasan mengenai sinetron manusia harimau karena saya sendiri bukan pecinta sinetron. Jika dilihat dari sinopsis di atas, rasanya kisah manusia harimau tersebut murni karangan dan tidak mengambil aspek gaib tentang harimau yang banyak tersebar di Indonesia. Salah satu kisah manusia harimau yang paling terkenal di Indonesia adalah kisah Cindaku dari Kerinci.

Cindaku, Manusia Harimau Asal Kerinci

manusia harimau kerinci

Gunung Kerinci

advertisements
advertisements

Di daerah pegunungan Kerinci, Jambi, Sumatera terdapat kepercayaan jika beberapa orang di daerahnya bisa berubah menjadi harimau atau disebut Cindaku. Kepercayaan ini berawal dari kisah nenek moyang mereka yang memiliki hubungan dan perjanjian dengan bangsa harimau.

Dikutip dari indospiritual.com, dalam perjanjian tersebut mereka membuat batas wilayah kekuasaan masing-masing. Harimau memiliki wilayah kekuasaan di hutan rimba sedangkan manusia di desa dan perkotaan. Keduanya harus menghormati perjanjian tersebut dan tidak boleh merampas hak kedua belah pihak.

Jika ada manusia yang melanggar perjanjian tersebut, maka ia harus siap menerima konsekuensinya. Konsekuensi tersebut bisa berupa kematian akibat serangan harimau ataupun kemunculan Cindaku yang memang merupakan penjaga dari para harimau tersebut.

Masyarakat Kerinci saat ini masih percaya jika Cindaku atau manusia harimau masih ada. Mereka yang menjadi Cindaku adalah anak cucu dari leluhurnya yang memiliki kekuatan supranatural. Mereka dapat berubah menjadi harimau apabila dadanya menyentuh tanah Kerinci yang merupakan rumah dari harimau Sumatera.

Beberapa orang mempercayai jika Cindaku hanya akan menampakkan diri apabila ada orang yang mengusik hutan Kerinci. Artinya Cindaku tidak bisa seenaknya menampakkan diri jika bukan untuk menjaga hutan dan perjanjian garis tanah yang sudah disepakati oleh nenek moyangnya dulu.Pada blog luxy-bayanganhati.blogspot.com dijabarkan beberapa ciri-ciri dari manusia harimau tersebut yaitu:

  • Jika berhadapan dengan manusia biasa dia tidak mau memandang muka atau kening kita.
  • Setentang dengan puncak hidungnya ke bawah atau pada muncungnya tidak ada berbendar, hanya licin saja.
  • Memakai baju hitam atau sejenis kain batik dan membawa sesuatu seperti senapan, pedang, atau tongkat yang mana itu adalah ekornya.
  • Laki-laki atau perempuan berkumis.

Jika di daerah Kerinci Cindaku dipercaya sebagai titisan leluhur, maka di daerah Sumatera yang lain seperti Riau, Cindaku dipercaya sebagai ilmu yang dapat dipelajari. Ya setiap orang dapat mempelajari ilmu ini sehingga mereka dapat berubah wujud menjadi manusia harimau. Kekuatan yang mereka miliki juga akan menyerupai harimau dan bahkan bisa berlipat-lipat.

Kepercayaan Inugami di Jepang

manusia harimau inugami

Inugami

Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Jika di daerah Sumatera terdapat kepercayaan mengenai manusia harimau, maka di Jepang terdapat kepercayaan mengenai manusia anjing yang disebut Inugami. Bedanya, inugami ini biasanya digunakan untuk aktivitas kejahatan seperti pembunuhan, penculikan, dan lainnya.

Ritual yang dilakukan untuk mendapatkan kekuatan Inugami juga cukup kejam. Sang pemilik harus mengubur anjing hidup hingga tersisa kepalanya saja. Kemudian di dekat kepala tersebut ditaruh makanan namun tidak boleh sampai terjangkau olehnya. Ketika anjing tersebut sudah kelaparan dan hampir mati, maka sang pemilik harus menebas kepalanya tersebut.

Sang pemilik yang memiliki kekuatan Inugami disebut Inugami-mochi. Karena mati dengan dendam dan juga amarah, Inugami ini bisa saja membunuh pemiliknya sendiri jika pemiliknya tidak mampu untuk mengendalikannya. Anggota keluarga Inugami-mochi juga biasanya harus menikah dengan keluarga Inugami-mochi yang lain.

Adakah Manusia Singa dan Manusia Serigala?

Di dalam sinetron Manusia Harimau terdapat kubu yang berasal dari keturunan manusia harimau dan di film Twilight terdapat kelompok manusia serigala. Lantas jika istilah manusia harimau dan manusia anjing ada di dunia nyata, apakah manusia singa dan serigala juga ada.

Jika menilik pada kisah Cindaku dan Inugami di atas, maka semuanya kembali kepada budaya masing-masing. Cindaku berasal dari daerah Sumatera yang banyak dihuni harimau sementara Inugami berasal dari Jepang yang banyak memiliki kepercayaan gaib terhadap anjing.

Maka dari itu, cerita manusia serigala biasanya datang dari kawasan Eropa yang memang banyak terdapat serigala di wilayah hutan dan pegunungannya. Lalu bagaimana dengan manusia singa? Karena singa berasal dari Afrika, maka mungkin ada manusia singa di daerah sana. Namun yang jelas, rajanya singa saat ini sudah banyak berkeliaran di sekitar kita. If you know what I mean, LOL!

Artikel Menarik Lainnya: