advertisements

Salah satu minuman yang dapat membuat energi kita meningkat ialah kopi. Banyak orang menyukai kopi dari rasa dan juga aromannya. Selain itu, kopi ternyata dapat membuat tubuh kita sehat.

Hal tersebut terbukti dari beberapa penelitian. Kopi yang dikonsumsi bukanlah kopi yang bercampur dengan kandungan-kandungan laun seperti gula, susu dan lain-lain. Nah, berikut adalah beberapa manfaat kopi bagi kesehatan tubuh.

Kopi dapat meningkatkan stamina dan kerja otak

advertisements

Mengapa kopi dapat meningkatkan stamina? Di dalam kopi terdapat kafein. Kafein adalah sejenis stimulan yang bekerja di alam bawah sadar. kafein membuat sel-sel dalam tubuh kita bekerja secara lambat sehingga badan tidak mudah terasa lelah dan membuat badan lebih segar.

Mengurangi peningkatan beberapa penyakit

Kopi juga dapat mengurangi resiko dari beberapa penyakit. Contohnya ialah penyakit kanker, parkinson, penyakit hati atau liver, dan juga diabetes. Hal ini disebabkan karena Kopi memiliki kandungan stimulan yang bekerja untuk mengurangi peningkatan penyakit tersebut.

Mengurangi Depresi

kopi mengurangi depresi

Pada tahun 2011, penelitian Harvard menyatakan seorang wanita mengalami penurunan tingkat  depresi karena mengonsumsi kopi 4 cangkir sehari.  Hal ini terjadi karena ada beberapa kandungan kopi yang berfungsi meningkatkan rasa senang ketika mencicipinya.

Menurunkan berat badan

Untuk yang memiliki kelebihan berat badan khususnya wanita, hal tersebut pasti sangat mengganggu. Kopi pun bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Mengapa? Beberapa studi menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh. Kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak, sebanyak 10% pada orang obesitas dan 29% pada orang kurus.

manfaat kopi

kopi hitam biasa (tanpa susu atau krim) memiliki jumlah kalori sangat rendah. Secangkir khas kopi hitam hanya berisi sekitar 2 kalori. Namun, jika Anda menambahkan gula dan susu, maka kalori akan bertambah.

Kopi adalah nomor satu sumber antioksidan. Antioksidan sendiri memiliki banyak sekali kegunaan salah satunya mencegah berbagai macam penyakit, mencegah penuaan dini, bagus untuk kesehatan kulit dan lain-lain. Namun, ada kemungkinan bahwa efek ini akan berkurang pada peminum kopi jangka panjang. Nah, berikut adalah beberapa kandungan pada kopi:

  • Riboflavin (Vitamin B2): 11% RDA.
  • Pantothenic Acid (Vitamin B5): 6% RDA.
  • Manganese dan Potassium: 3% RDA.
  • Magnesium dan Niacin (B3): 2% RDA.

Waktu Untuk Minum Kopi

Namun, sayangnya sebagian orang yang mengetahui manfaat kopi belum tentu mengetahui waktu yang tepat untuk menikmatinya. Kopi memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, namun ketika kopi dikonsumsi secara berlebihan, hal tersebut juga akan menimbulkan beberapa kerusakan pada tubuh. Untuk itu disini dijelaskan waktu-waktu yang tepat untuk meminum kopi.

kopi

Apa itu cortisol? Cortisol adalah salah satu hormon yang terdapat dalam tubuh manusia dan dikenal sebagai hormon stress. Hormon ini juga dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan kadar gula darah. Kortisol juga bersifat menekan imunitas, anti peradangan dan anti alergi.

advertisements

Hormon kortisol, umumnya akan meningkat pada jam 8 – 9 pagi (bangun tidur) sehingga asupan kafein belum dibutuhkan. Namun, jika tetap memaksakan diri untuk mengkonsumsi kafein disaat hormon kortisol meningkat , maka Anda akan mengalami kecanduan dan ketagihan. Jika sudah demikian, maka tubuh akan terus bergantung dengan kopi untuk memulihkan kebugarannya, maka dari itu sering kali seseorang akan merasa lesu jika tidak meminum kopi dipagi hari.

Waktu yang tepat untuk mengkonsumsi kopi adalah diatas jam 9 pagi. Karena pada jam tersebut, kafein akan menjaga kestabilan hormon kortisol yang telah diproduksi oleh tubuh sejak bangun tidur.

Pada gambar di atas terlihat kelas jam-jam berapa saja hormon koristol meningkat dan jam berapa saja waktu-waktu bagi tubuh dalam membutuhkan kafein atau kopi. Jika Anda mengikuti jam-jam diatas, otomatis kafein dan kandungan-kandungan yang ada didalam kopi dapat bekerja maksimal dalam tubuh kita.

Artikel Menarik Lainnya:
Referensi dan sumber gambar: