advertisements

Jika mendengar nama bunga kamboja, pasti beberapa di antara kita ada yang langsung mengaitkannya dengan kuburan. Ya, sejak jaman dahulu bunga kamboja memang identik dengan area pemakaman. Namun Anda tidak usah takut karena kini bunga kamboja banyak dijadikan sebagai tanaman hias. Selain itu, manfaat bunga kamboja untuk kesehatan juga sangat banyak.

Meskipun memiliki nama kamboja, namun bunga ini sebenarnya bukan berasal dari Negara Kamboja. Ya, bunga ini berasal dari wilayah Amerika Tengah. Bunga ini pertama kali ditemukan oleh seorang botanis Prancis bernama Charles Plumier sehingga nama ilmiah dari bunga kamboja ini adalah Plumeria.

advertisements

Seperti diulas pada artikel sebelumnya, bunga kamboja merupakan salah satu jenis tanaman yang tahan di segala kondisi. Bunga ini mampu tumbuh subur di berbagai tempat, baik itu bersuhu panas ataupun dingin. Bahkan di beberapa wilayah, orang-orang menyebutnya sebagai the rose of desert alias mawar padang pasir karena ia mampu tumbuh dengan baik di padang pasir.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenis bunga kamboja yang dijadikan sebagai tanaman hias. Beberapa di antaranya adalah kamboja putih, merah, dan kuning. Ada juga jenis kamboja Jepang atau adenium. Meskipun dinamakan kamboja Jepang, namun lagi-lagi bunga ini tidak kaitannya sama sekali dengan negeri Sakura tersebut.

Kamboja

Nah, kali bacaterus.com akan mengulas berbagai macam manfaat tanaman kamboja untuk kesehatan dan juga kecantikan. Selain dari bunganya, berbagai manfaat tersebut dapat juga didapatkan dari daun, getah, hingga batangnya. Apa sajakah itu?

Menyembuhkan Bisul

Manfaat daun kamboja yang pertama adalah untuk mengobati bisul. Cara menggunakannya sangatlah mudah, pertama-tama ambilah selembar daun kamboja yang masih segar. Setelah itu lemaskan dengan cara memanaskannya di atas api.

Setelah lemas dan layu, oleskanlah minyak kelapa atau minyak zaitun. Selanjutnya, langsung tempelkan daun yang masih panas tersebut ke area yang ditumbuhi oleh bisul. Lakukan ritual ini secara rutin hingga bisulnya kempes dan sembuh.

Jika ritual penggunaan daun kamboja tersebut dirasa terlalu merepotkan, maka ada cara lainnya untuk menyembuhkan bisul yaitu dengan menggunakan getah kamboja. Caranya, ambilah getah kamboja langsung dari pohonnya kemudian oleskan ke bisul tersebut. Lakukanlah secara rutin hingga sembuh.

Mengatasi Bengkak

kaki bengkak

Untuk mengatasi anggota tubuh yang bengkak, kita bisa menggunakan kulit pohon kamboja. Caranya, tumbuk kulit batang kamboja hingga halus kemudian rebus hingga mendidih. Silahkan gunakan air rebusan tersebut untuk merendam atau mengompres bagian tubuh yang bengkak.

Selain menggunakan kulit batangnya, akar dan daun kamboja juga bisa digunakan untuk mengobati bengkak. Caranya adalah dengan merebus akar, daun kamboja, serta sedikit garam hingga mendidih. Setelah itu gunakan air tersebut untuk merendam dan mengompres kulit yang bengkak. Lakukan secara teratur dua kali sehari agar proses penyembuhan berjalan dengan cepat.

Mengobati Patek (Frambusia)

Patek atau frambusia merupakan sejenis penyakit infeksi pada kulit. Penyakit ini disembuhkan dengan menggunakan kulit kamboja. Caranya, tumbuk halus kulit kamboja kemudian rebus hingga airnya matang. Setelah itu gunakan air tersebut untuk mandi atau menggosok daerah yang terkena patek.

Mengobati Kencing Nanah

advertisements

Kencing nanah atau gonorrhea merupakan salah satu penyakit menular seksual (PMS) yang banyak terjadi di Indonesia. Penyakit ini dapat diatasi dengan menggunakan akar kamboja. Pertama-tama ambilah satu potong akar dari pohon kamboja.

Setelah itu, cucilah hingga bersih lalu rebus dengan menggunakan 2 gelas air. Diamkan rebusan tersebut hingga mendidih dan tersisa satu gelas saja. Selanjutnya, minumlah air tersebut secara rutin sebanyak satu gelas setiap harinya.

Mengobati Sakit Gigi

manfaat bunga kamboja sakit gigi

Getah dari pohon kamboja memiliki banyak kandungan antibiotik yang sangat bermanfaat seperti alkaloid, tanin, flavonoid dan triterpenoid. Maka dari itu, getah kamboja ini juga dapat meredakan sakit pada gigi yang berlubang.

Caranya cukup mudah. Pertama-tama, ambilah beberapa tetes getah kamboja dengan menggunakan kapas. Setelah itu letakkan kapas tersebut pada gigi berlubang yang sedang sakit. Lakukanlah sekali atau dua kali sehari agar rasa sakitnya berkurang.

Namun ingat, penggunaan getah kamboja ini hanya berfungsi untuk meredakan sakitnya saja dan tidak menyembuhkannya secara permanen. Agar benar-benar sembuh, sangat disarankan untuk mengobatinya langsung ke dokter gigi terdekat.

Menghilangkan Tahi Lalat

Jika Anda memiliki tahi lalat yang mengganggu, maka getah pohon kamboja dapat digunakan untuk menghilangkannya. Caranya, ambilah beberapa tetes getah kamboja dengan menggunakan kapas. Setelah itu oleskan dan tempelkan kapas tersebut pada tahi lalat yang ingin dihilangkan. Lakukanlah secara rutin hingga tahi lalatnya hilang.

Menghilangkan kutil dan Mata Ikan

cara menghilangkan mata ikan

Penyakit kutil, mata ikan, dan sejenisnya dapat juga diatasi dengan getah kamboja. Caranya sama seperti di atas yakni dengan mengambil beberapa tetes getah kamboja dengan kapas. Setelah itu, oleskanlah ke kutil atau mata ikan secara merata. Untuk cara mengatasi mata ikan yang lainnya, silahkan baca artikel ini.

Khasiat Bunga Kamboja Lainnya

Selain berbagai macam fungsi bunga kamboja di atas, masih banyak khasiat lainnya yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya adalah dengan meminum seduhan bunga kamboja. Caranya, ambilah beberapa kuntum bunga kamboja kemudian jemur hingga kering.

Setelah itu seduhlah dengan menggunakan air panas seperti layaknya Anda menyeduh teh. Jika diminum secara teratur, maka manfaat bunga kamboja kering yang diseduh tersebut akan dapat menyembuhkan berbagai macam masalah pencernaan seperti disentri dan sembelit.

Selain itu, meminum rebusan bunga kamboja secara teratur juga dipercaya dapat mencegah rematik dan asam urat serta dapat memperlancar keluarnya air seni. Selain itu, air rebusan ini juga dapat meredakan batuk dan mengurangi panas ketika demam.

Jika tidak suka meminum rebusannya secara langsung, maka Anda juga dapat mencampur bunga kamboja ini dengan air teh. Aroma khas teh yang dicampur dengan aroma bunga kamboja akan semakin membuat cangkir Anda harus semerbak.

Karena bau harumnya yang sangat khas tersebut, maka bunga kamboja juga dapat dijadikan sebagai campuran ketika membuat sayur. Tentu saja berbagai manfaat di atas tetap dapat Anda rasakan ketika mencampurkan bunga kamboja ini dengan sayuran yang lain.

Nah itulah dia berbagai manfaat bunga kamboja yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan. Kini Anda tidak hanya dapat menjadikan pohon kamboja sebagai tanaman hias, namun juga sebagai tanaman herbal untuk obat-obatan tradisional yang sangat bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya: