advertisements

Demam drama serial Turki sedang mewabah di Indonesia. Dari siang sampai malam selalu ada saja sinetron Turki yang ditayangkan di layar kaca Indonesia. Ya, itu tak lepas dari aktor dan aktris pemeran sinetron tersebut yang memiliki paras menarik nan menawan. Selain itu, plot dari drama Turki cukup seru untuk disimak.

Turki merupakan negara yang sangat besar dan berada di kawasan Eurasia. Ibu kota Turki adalah Ankara. Namun, jika Indonesia memiliki Jakarta sebagai ibu kota sekaligus kota yang dianggap paling maju dari wilayah lainnya, kota terpenting dan paling berkembang yang dimiliki Turki adalah Istanbul.

advertisements

Istanbul adalah jantung ekonomi, budaya, sejarah, dan hiburan bagi Negara Turki. Jangan heran jika banyak para wisatawan yang menjadikan Istanbul sebagai destinasi pariwisata jika mereka berkunjung ke Turki ataupun ke Eropa.

Nah, jika Anda juga ingin berjalan-jalan di Istanbul dan kota-kota lainnya yang ada di Turki, kenali terlebih dahulu makanan khas Turki berikut ini. Daftar makanan khas ini dapat menjadi rekomendasi untuk berwisata kuliner ketika berada di Turki.

Kebab

makanan khas turki kebab

Ini adalah salah satu makanan Turki yang paling populer di seluruh dunia. Kebab adalah irisan daging kambing atau sapi yang dipanggang di suatu tiang panggangan yang berputar, lalu digulung di dalam roti pita yang gurih. Selain daging, kebab juga berisi tomat, bawang bombay, selada, jamur, dan saus sambal.

Jika tidak ingin menyantap kebab yang dibungkus dengan roti pita, Anda juga bisa menyantap sate kebab, yakni potongan daging, paprika, dan bawang yang ditusuk dan dipanggang hingga matang. Di Turki, Anda bisa menemukan makanan ini dengan mudah. Banyak pedagang kaki lima yang menjual kebab di hampir seluruh wilayah yang ada di Turki.

Borek

Borek

Sepintas tampilan Borek terlihat sangat mirip dengan Baklava. Hanya saja jika Baklava berisi kacang dan memiliki rasa yang manis, Borek ini berisi keju, daging cincang, dan sayuran berupa bayam atau kentang. Berbagai bahan tersebut membuat borek memiliki rasa yang gurih.

Walaupun tampilannya hampir sama, cara pembuatan Borek berbeda dari Baklava. Borek biasa dipanggang langsung atau direbus terlebih dahulu sebelum dipanggang. Selain itu, Anda juga bisa memilih Borek kering yang gurih atau Borek basah yang empuk dan lumer di dalam mulut. Sebelum disajikan, bagian atas Borek juga ditaburi dengan wijen hitam.

Dolma

Dolma

Penampilannya sedikit mirip dengan lemper khas Indonesia. Akan tetapi, jika lemper dibungkus dengan daun pisang, maka daun yang menjadi pembungkus makanan ini bisa dimakan, lho. Nama kuliner khas Turki ini adalah Dolma.

Sayuran yang biasa digunakan untuk membuat Dolma ini adalah terong, paprika, tomat, kol, dan daun anggur. Isi dari Dolma ini adalah nasi dan daging yang dicincang. Kemudian, Dolma akan dikukus hingga matang sebelum disajikan.

Dondurma

advertisements

Siapa yang tak suka es krim? Makanan yang satu ini tidak hanya disukai oleh anak-anak saja, lho, orang dewasa pun juga gemar menyantap es krim. Di Turki, ada sebuah es krim dengan citarasa yang khas bernama Dondurma.

Tekstur es krim ini cenderung lengket seperti permen karet. Untuk meramu es krim ini, dibutuhkan salep yang terbuat dari tepung akar anggrek umur muda dan mastic yang merupakan getah dari tumbuhan. Tak heran jika tekstur es krim ini lebih lengket dari es krim pada umumnya. Dondurma bisa ditemukan di food truck atau kios es krim yang ada di pinggir jalan-jalan ramai yang ada di Turki.

Kofte

Setelah mengenal beberapa makanan khas Turki yang berupa roti dan kue pastri, rasanya tak afdol jika kita tidak mengenal hidangan main course khas Turki. Salah satu hidangan andalan yang tidak boleh Anda lewatkan di negara ini adalah Kofte.

Kofte merupakan sejenis steak berukuran kecil seperti perkedel. Makanan ini berasal dari daging ayam, sapi, atau kambing yang digiling dan dicampur dengan bumbu-bumbu. Cara mengolah Kofte ini bisa dipanggang, direbus, maupun digoreng sesuai dengan selera. Kofte biasa disantap bersama salad, nasi, dan saus.

Manti

Manti

Makanan Turki yang satu ini sedikit mengingatkan kita pada ravioli, sejenis pasta khas Italia. Akan tetapi, makanan yang bernama Manti ini adalah sejenis pangsit berisi daging sapi atau domba yang dimasak dengan teknik rebus atau goreng. Setelah matang, Manti akan disajikan bersama dengan mentega dan saus yang terbuat dari yogurt.

Pide

Pide

Ternyata Anda juga bisa menjumpai pizza saat sedang berada di Turki! Pide adalah pizza khas Turki yang memiliki bentuk seperti daun yang sangat panjang. Sama seperti pizza pada umumnya, topping Pide terdiri dari daging cincang, paprika, dan keju. Pide ini sangat cocok untuk dinikmati saat sedang bersantai dan berbincang bersama teman-teman.

Hummus

Hummus

Apakah Anda mengira hidangan yang satu ini adalah dessert? Tidak. Hummus adalah salad khas negara Turki. Bahan dasar untuk membuat Hummus adalah Kacang Arab (chickpeas), olive oil, air perasan lemon, lada, dan garam.

Karena Hummus adalah hidangan pembuka, makanan ini biasa dikonsumsi bersama dengan roti pita. Cara menikmati Hummus adalah sobek sedikit roti pita dan cocol ke dalam Hummus. Dijamin, Anda pasti akan ketagihan setelah mencobanya.

Baklava

Baklava

Roti manis yang satu ini memang tidak boleh dilewatkan ketika Anda sedang berada di Turki. Baklava adalah roti lapis berisi kacang yang disajikan bersama madu atau sirup. Baklava sangat mirip dengan bolen pisang yang berasal dari Indonesia. Jenis roti yang satu ini juga mudah ditemukan di toko-toko kue yang ada di Turki.

Kumpir

Di Turki, Anda juga dapat menikmati kentang panggang (baked potato) yang bernama Kumpir. Kumpir adalah kentang panggang yang dibungkus dengan aluminium foil. Setelah matang, kentang ini dibelah menjadi dua dan diberi mentega serta keju.

Beberapa pedagang Kumpir juga menawarkan untuk menambahkan topping sosis dan saus tomat di atas Kumpir. Biasanya Kumpir ini banyak dijajakan di pinggir jalan atau pasar malam dengan harga yang cukup terjangkau.

Negara Turki tidak hanya terkenal akan sejarah dan drama serialnya saja, lho. Ada banyak hal menarik yang bisa Anda jumpai ketika berada di Turki, salah satunya adalah beragam makanan khas Turki seperti di atas. Apakah Anda memiliki rekomendasi kuliner khas Turki lainnya? Yuk, rekomendasikan kepada kami melalui kolom komentar!

Artikel Menarik Lainnya: