advertisements

Ramen, sushi, shabu-shabu, dan takoyaki merupakan makanan khas Jepang yang sudah tidak asing didengar oleh orang-orang Indonesia. Berbagai restoran Jepang bermunculan dengan bertambahnya peminat berbagai makanan Jepang tersebut, termasuk di Indonesia. Mulai dari restoran elit sampai dengan kedai-kedai makanan Jepang sederhana, semuanya banyak bermunculan akhir-akhir ini.

Makanan khas Jepang memang sangat bervariasi, ada yang tersedia kapan saja dan ada pula yang hanya ada pada kegiatan atau musim tertentu. Makanan khas jepang juga dapat dibuat dari berbagai macam bahan seperti beras, mie, dan bahan-bahan tradisional lainnya.

advertisements

Kali ini saya akan membahas berbagai makanan khas Jepang yang sangat lezat dan menggugah selera. Berbagai makanan tersebut terbagi dalam beberapa jenis seperti makanan tradisional, olahan mie, dan juga olahan nasi. Berikut ulasannya.

Makanan Tradisional

Sebagai salah satu negara yang menjunjung tinggi kebudayaannya, Jepang memiliki banyak makanan tradisional yang masih bertahan hingga saat ini. Bahkan, makanan-makanan tradisional ini juga cukup populer dan digemari oleh masyarakat di luar Jepang.

  • Oden

Jika dilihat dari penampilannya mirip dengan baso. Biasanya disajikan panas-panas dan dimakan ketika musim dingin. Komposisinya terdiri atas makanan yang direbus di kuah seperti katsuobushi, kombu, dan juga kecap asin. Bahan-bahan yang ada didalamnya beraneka ragam dan tak terbatas seperti konyaku, telur rebus, chikuwa, dan lobak.

  • Shabu-shabu

Disajikan dalam panci khusus yang berisi air panas. Terdiri atas daging sapi atau daging ayam, domba, ikan fugu, ikan kakap yang diiris tipis, sayur-sayuran, tahu, atau kuzukuri dan biasa dimakan dengan saus yang mengandung wijen.

  • Dorayaki

Pasti sudah tidak asing dengan makanan kesukaan Doraemon ini. Bentuknya bundar dan berasal dari adonan madu juga direkatkan dengan selai kacang merah.

  • Sushi

Sushi pun pasti sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat Indonesia. Makanan yang berbahan dasar nasi ini bisa berisi makanan laut, daging, dan juga sayuran. Biasanya rasa dari sushi ini agak asam karena dicampur dengan cuka beras atau cuka apel garam dan juga gula. Silahkan simak cara membuat sushi ala Indonesia di sini.

  • Sashimi

makanan khas Jepang sashimi

Masyarakat Jepang gemar memakan makanan yang berasal dari hewan laut. Dimakannya pun dalam keadaan segar bahkan sering kali mentah dan hanya ditambahkan dengan kecap asin, parutan jahe, dan juga wasabi. Biasanya sashimi ini terbuat dari kerang, ikan, atau udang karang.

  • Teriyaki

Bahan yang sering dipakai dalam membuat teriyaki adalah ikan salmon, tongkol, mackerel, ataupun marlin. Cara makannya adalah dengan memanggangnya dan mencelupkannya ke saus teriyaki beberapa kali. Untuk cara membuat teriyaki ini, silahkan simak resepnya di sini.

  • Yakiniku

Makanan ini biasanya dimasak dengan cara dipanggang, berupa daging sapi, babi atau pun jeroan.

  • Takoyaki

Takoyaki merupakan camilan yang biasanya di jual di pinggir-pinggir jalan. Bahan dasarnya adalah tepung terigu dan berisi daging gurita. Jika Anda tertarik untuk membuatnya sendiri, silahkan simak resepnya di artikel ini.

  • Mochi
advertisements

Ternyata di Jepang pun terdapat mochi. Namun mochi yang ada di Jepang berbeda dengan yang ada di Indonesia. Kue ini berasal dari beras ketan yang ditumbuk hingga lembut kemudian dibentuk bulatan kecil. Biasanya mochi ini dibuat dan dimakan pada saat perayaan tahun baru.

  • Onigiri

Onigiri merupakan makanan yang mudah dibuat. Jika di Indonesia, onigiri ini mirip dengan lemper. Onigiri merupakan nasi yang ketika hangat dibentuk kepalan menjadi segitiga atau bulat dan berisi ikan atau umeboshi. Onigiri juga biasanya ditambahkan dengan nori (rumput laut).

  • Sukiyaki

Biasanya dihidangkan dalam panci dan dimasak secara dadakan di atas meja. Di dalamnya terdapat potongan daging, sayur, tofu (tahu Jepang) dan sejenis mie.

  • Tempura

Tempura ini biasanya terbuat dari sayuran atau ikan yang dibalut dengan telur dan terigu.

  • Yakitori

Mungkin apabila di Indonesia makanan ini mirip dengan sate. Biasanya terbuat dari potongan daging ayam dan juga sayuran yang dipanggang hingga matang.

  • Donburimono

Donburi biasa disajikan dalam mangkuk yang berisi nasi yang ditutupi berbagai macam lauk seperti daging sapi rebus, daging ayam, telur, udang goreng, atau daging babi dengan sup tahu dan acar.

  • Okonomiyaki

Okonomiyaki ini mungkin mirip dengan bakwan atau bala-bala di Indonesia. Berbahan dasar sayur dan daging cincang atau seafood yang dicampur dengan adonan dan dimasak di atas wajan. Di atasnya dilumuri dengan saus khusus dan mayones serta ditaburi dengan nori dan serpihan ikan kering (katsuboshi) maupun telur goreng. Silahkan simak resepnya di sini.

  • Ochazuke

Ochazuke mungkin akan terlihat aneh oleh orang Indonesia, karena makanan ini merupakan nasi putih dengan lauk pauk sekadarnya dan dituangi dengan teh hijau, dashi (kaldu) ataupun air panas. Biasanya dimakan pada saat sebelum tidur. Di rumah makan tradisional atau pemandian air panas para pengunjung akan ditawari ochazuke ini.

  • Donburi

Donburi merupakan nasi yang di atasnya ada berbagai macam lauk pauk seperti ikan, daging dan sayuran berkuah. Makanan ini dihidangkan dalam mangkuk besar.

  • Dango

Dango merupakan kue yang berbentuk bulat kecil dan dimasak dengan cara dikukus atau direbus. Makanan ini terbuat dari tepung beras dan dalam satu tusuknya berjumlah 3, 4 atau 5 butir. Rasanya manis dan ada pula yang dicelupkan ke dalam saus.

Olahan Mie

makanan khas Jepang

Ramen

Mie merupakan makanan yang cukup banyak digemari di Jepang. Uniknya, orang Jepang menganjurkan untuk memakan mie sambil diseruput atau dimakan dengan mengeluarkan suara untuk memberikan sebuah pujian kepada yang memasak dan menandakan bahwa mie tersebut enak.

  • Ramen

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan ramen, karena di Indonesia sekarang sudah banyak sekali restoran Jepang maupun kedai-kedai ramen yang berdiri. Ramen merupakan makanan dari olahan mie yang paling popular di antara olahan mie lainnya.

Tekstur ramen ini tidak terlalu lembek dan bergelombang seperti mie-mie yang ada di Indonesia. Biasanya ramen disajikan dengan kuah kaldu khusus, seperti miso, shio, tonkatsu dan shoyu.

  • Udon

Udon merupakan mie yang lebih tebal dibanding dengan jenis olahan mie lainnya. Udon ini dapat disajikan dingin maupun panas tergantung musim yang terjadi di Jepang.

  • Shirataki

Jenis mie ini terbuat dari bahan yang sejenis dengan agar-agar sehingga memiliki tekstur kekenyalan yang khas. Biasanya mie ini ditemukan pada olahan sukiyaki dan juga oden.

  • Soba

Selain ramen dan udon, soba merupakan salah satu makanan olahan mie yang menjadi favorit. Soba terbuat dari gandum hitam dan juga coklat. Biasanya soba dapat disajikan panas maupun dingin. Apabila disajikan panas akan berisi kuah kaldu. Sedangkan apabila disajikan dingin kuahnya akan disajikan secara terpisah dengan saus celupnya.

  • Yakisoba

Yakisoba ini apabila di Indonesia mirip dengan mie goreng. Namun ternyata yakisoba ini bukan jenis mie, tapi nama masakan Jepang yang menggunakan mie yang sejenis dengan ramen. Biasanya digoreng dengan daging dan juga sayuran.

  • Somen

Sama halnya dengan soba, somen pun terbuat dari gandum dan bertekstur tipis. Namun warna dari somen ini jauh lebih putih disbanding soba. Biasanya somen ini disajikan pada saat musim panas dengan disajikan dingin dan bahkan diberikan es batu.

  • Champon

Champon ini mirip dengan yakisoba yang bukan jenis mie tapi yang menggunakan mie sebagai bahan utamanya. Biasanya champon ini berkuah dengan ditambah sayur, daging, maupun seafood.

  • Hyamugi

Hyamugi ini mirip dengan udon dan somen, tapi ukurannya tidak sebesar udon dan tidak sekecil somen. Bahkan cara penyajiannya pun mirip dengan udon dan somen.

Olahaan Nasi

makanan khas Jepang kare

Kare

Sama seperti Indonesia, Jepang juga merupakan salah satu negara yang masyarakatnya sangat menggemari nasi. Berikut adalah beberapa makanan khas Jepang yang dibuat dari olahan nasi selain makanan yang sudah dibahas pada bagian makanan tradisional di atas.

  • Kare Raisu

Merupakan nasi yang disajikan dengan kare Jepang, berisi kentang dan juga daging. Makanan ini juga sangat populer dan biasanya dapat dijumpai di stasiun kereta api.

  • Chahan

Chahan merupakan nasi goreng ala Jepang yang sebelumnya diperkenalkan dari Cina. Tidak jauh berbeda dengan nasi goreng yang ada di Indonesia, isi dari nasi goreng ini tentunya nasi, telur, bawang, wortel, dan lain-lain.

  • Kayu

Kayu ini bisa dibilang semacam bubur. Biasanya terdapat banyak sayur di dalamnya dan juga umeboshi.

  • Omuraisu

Omuraisu ini merupakan nasi omelet. Cara penyajiannya adalah dengan cara nasi yang dibungkus atau dibalut oleh telur dan ditambah dengan saus di pinggirnya.

  • Hayashi Raisu

Cara penyajiannya mirip dengan kare raisu. Namun pendamping nasinya adalah campuran dari rebusan daging sapi.

Makanan Penutup

makanan khas Jepang sakura mochi

Sakuramochi

Kebanyakan makanan penutup dari Jepang ini berbahan dasar kacang merah dan juga selai kacang. Apa sajakah itu? Mari kita bahas satu-persatu:

  • Namagashi, permen yang didalamnya terdapat banyak selai kacang yang manis dan disajikan dengan sangat estetis pada saat upacara minum teh.
  • Sakuramochi, mochi berwarna merah jambu yang di dalamnya terdapat kacang merah manis dan dibungkus dengan daun bunga sakura. Biasanya dimakan untuk merayakan hari gadis atau hinamatsuri.
  • Amanto, kacang azuki yang dibalut dengan gula.
  • Kompeito, sejenis permen berwarna yang terbuat dari gula.
  • Hanabiramochi, mochi kelopak bunga, biasanya disajikan pada upacara teh pertama tahun baru.
  • Suama, terbuat dari tepung beras dan gula, menggunakan pewarna merah dan putih di luar.
  • Wasanbo, permen berwarna warni dibuat dari gula asli.
  • Botamochi, makanan yang disajikan saat musim semi, dibuat dari beras manis dan pasta kacang merah.
  • Manju, kue manis yang mempunyai beraneka ragam isi.
  • Taiyaki, kue Jepang berbentuk ikan yang diisi dengan pasta kacang merah, keju, atau pudding.

Makanan Lainnya

Selain berbagai macam makanan di atas, masih terdapat berbagai jenis makanan Jepang lain yang cukup terkenal dan digemari oleh masyarakat dalam dan luar Jepang. Berikut adalah daftarnya:

  • Karokke (keroket)
  • Bento, bungkusan makan siang di dalam kotak.
  • Gyoza, mirip dengan pangsit, campuran dari sayuran dan daging cincang yang dibungkus.
  • Sup Miso, jenis sup yang dibuat dari pasta miso.
  • Nikujaga, masakan dari daging rebus dan kentang yang agak manis.
  • Natto, kedelai hasil fermentasi.

Sekian pembahasan jenis-jenis makanan khas Jepang. Sebetulnya masih banyak makanan lainnya yang belum dibahas. Namun kali ini saya membahas makanan yang sudah umum dikenal saja. Di antara makanan-makanan tersebut, adakah yang menjadi favorit Anda?

Artikel Menarik Lainnya: