advertisements

Pocong, kuntilanak, genderuwo, buta ijo, tuyul dan lain-lain itu adalah beberapa hantu yang kerap didengar oleh orang-orang Indonesia dan sudah tidak asing lagi di telinga kita. Hantu-hantu tersebut kerap kali membuat merinding apabila kita menonton, mendengar atau bahkan melihatnya. Lalu bagaimanakah dengan hantu yang ada di negara Jepang? Apakah hantu Jepang sama saja dengan di Indonesia?

Nah kali ini saya akan membahas hantu-hantu jepang yang kerap muncul baik di manga (komik), anime, maupun film. Mungkin salah satunya sudah pernah Anda lihat. Apakah seseram yang ada di Indonesia? Mari kita bahas satu persatu :

Kuchisake Onna (Wanita bermulut sobek)

advertisements

Mengapa di sebut dengan wanita bermulut sobek atau kuchisake onna? Konon hantu ini merupakan sejenis siluman dalam mitologi dan legenda urban Jepang. Ia berwujud seorang wanita yang selalu menutup  mulutnya yang robek.

Ada yang mengatakan bahwa ia merupakan korban operasi wajah yang gagal, dan dokter yang mengoperasinya tidak sengaja memotong mulutnya hingga robek. Sehingga wanita itu histeris dan marah kemudian membunuh dokter tersebut. Wanita tersebut kemudian di bunuh oleh penduduk kota dan menjadi hantu penasaran.

Sementara itu dalam versi legenda urban Jepang, kuchisake onna adalah wanita muda yang hidup pada zaman Heian yang kemungkinan ia adalah istri atau selir samurai. Ia sangat cantik namun sombong, ia juga sering berselingkuh. Kemudian suaminya merasa cemburu karena telah dikhianati, kemudian menyerang istrinya tersebut dan merobek mulutnya hingga ke kuping.

Konon ia sering berjalan-jalan di tempat yang sepi dan apabila berjumpa dengan orang yang ditemuinya maka ia akan menanyakan “Apakah saya cantik?”. Bila orang yang menjawabnya “Ya”, maka ia akan membuka maskernya dan bertanya kembali, “Bahkan bila seperti ini?”. Biasanya karena terkejut dan takut kemudian menjawab “tidak”, maka akan di bunuh.

hantu Jepang Kuchisake Onna

Namun apabila menjawab tetap “ya” setelah melihat wajah dibalik maskernya, ia akan merasa gembira dan membebaskannya. Tapi ada pula yang mengatakan walaupun melakukan itu, ia akan diikuti samapai ke rumah lalu akan dibunuh di depan pintu rumah si korban. Apabila korbannya adalah wanita, maka akan dirobek mulutnya hingga serupa dengannya, bila korbannya anak-anak, maka akan dimakan.

Tapi ada pula yang mengatakan, apabila ingin selamat dari kuchisake onna ini maka jawab saja “biasa saja” atau “begitulah”. Karena dengan menjawab itu akan membuat kuchisake onna kebingungan dan ada waktu untuk melarikan diri. Cara lainnya adalah dengan memberikan permen keras berwarna kuning tua karena ia menyukainya.

Bisa juga dengan mengatakan “pomde” sebanyak 3 atau 6 kali, maka kuchisake onna akan merasa ketakutan dan kabur karena mengingatkannya pada kejadian yang membuat ia menjadi seperti itu. Atau bisa pula memakai pomde untuk mencegahnya mengikuti.

Yuki Onna (Hantu wanita Salju)

Yuki Onna

Yuki onna tergolong pada siluman wanita salju. Hantu ini konon berwujud cantik sekali dengan rambut hitam terurai panjang. Namun ia akan membunuh pemuda-pemuda yang tertarik pada dirinya. Dan konon pemuda yang dibunuh itu akan membeku. Tapi pada akhirnya yuki onna ini mencair berkat kehangatan hati seorang pemuda yang bernama Mokishi.

Sadako

Sadako atau disebut juga dengan onryou merupakan hantu yang menaruh dendam kepada orang lain di semasa hidupnya. Biasanya arwahnya akan gentayangan untuk membalas dendam kepada orang-orang tersebut.

advertisements

Pasti salah satu diantara kalian pernah menonton atau mendengar tentang hantu Sadako yang digambarkan keluar dari sumur atau televisi. Konon cerita ini terinspirasi dari salah satu urban legend di Jepang mengenai gadis misterius di sumur tua dan juga sumur okiku.

Cerita dari gadis misterius di sumur tua menyebutkan bahwa gadis muda yang tinggal bersama neneknya di pinggiran desa Teitan menghilang sejak beberapa hari. Kemudian ditemukanlah mayat gadis tersebut di dalam sumur, namun penyebab kematiannya tidak diketahui. Sampai suatu saat penduduk desa Teitan digegerkan dengan adanya penampakan hantu gadis tersebut yang kerap muncul setelah lonceng di kuil berbunyi dua kali yang menandakan hari tengah malam.

Sedangkan cerita dari sumur okiku menyatakan bahwa seorang pembantu bernama Okiku jatuh cinta kepada seorang samurai pengikut daimyo (sekitar zaman feudal Jepang). Majikan dari gadis tersebut dan daimyo yang lain sedang merencanakan untuk menggulingkan tuannya. Namun rencana itu diketahui oleh pembantu tersebut dan diberitahukan kepada kekasihnya sehingga rencana tersebut gagal.

Karena hal tersebut, sang majikan menuduh Okiku menghilangkan barang berharga miliknya yaitu beberapa piring keramik, kemudian Okiku diancam hukuman mati. Setelah itu ia di hukum mati dan dilemparkan kedalam sumur. Sejak saat itulah mulai terdengar suara di dalam sumur, dengan suara seperti seseorang yang sedang menghitung piring.

Sadako

Penampakan hantu Sadako ini digambarkan dengan rambut terurai panjang, memakai kimono putih, pergelangan tangan menjuntai kebawah dan bisanya kaki tidak menapak ke tanah.

Zashiki Warashi

Zashiki warashi

Zashiki warashi adalah hantu yang berwujud anak-anak yang nakal tapi tidak membahayakan. Hantu ini Nampak seperti anak-anak yang berumur 5-6 tahun. Berambut cepak dan berwajah merah. Biasanya hantu ini muncul di sekitaran rumah dan selalu mencari perhatian dengan berbagai cara. Ia lebih sering menampakkan diri pada anak kecil yang mungkin karena ia juga hantu anak kecil.

Rokurokubi (Hantu Jepang Leher Panjang)

Rokurokubi

Hantu leher panjang ini konon pada saat menjadi manusia ia dihukum karena melanggar pantangan dalam agama Budha. Pada siang hari hantu ini nampak seperti manusia biasa, mereka membaur dengan masyarakat dan bahkan ada yang mempunyai suami.

Tapi ketika sudah malam hari, wujud aslinya baru terlihat. Lehernya memanjang dan wajahnya berubah menyeramkan. Katanya hantu ini kerap menakuti orang, biasanya ia menampakkan diri dihadapan pemabuk atau orang yang sedang tertidur, dan katanya ia juga menghisap darah.

Nukekubi

Nukekubi

Nekukubi dalam bahasa Cina artinya adalah leher yang dapat dilepas. Pada siang hari layaknya rokurokubi ia seperti manusia biasa dan juga membaur dengan masyarakat. Namun ketika malam menjelang, wujud aslinya barulah terlihat. Kepalanya terpisah dengan tubuhnya.

Setelah terpisah dari tubuhnya, kepala tersebut akan terbang untuk mencari manusia. Dan konon kepalanya tersebut akan menjerit dan menggigit korbannya. Ketika terpisah dengan tubuhnya maka nukekubi ini menjadi benda mati.

Apabila sampai matahari terbit ia tidak bisa menemukan tubuhnya, maka ia akan mati. Untuk dapat membedakan nukekubi dengan manusia biasa adalah dengan melihat garis merah di leher yang menandakan tempat terpisahnya kepala dan badan.

Kasabake

hantu jepang kasabake

Kasabake adalah hantu yang berwujud payung dengan mata satu dan lidah terjulur yang memiliki satu kaki, persis seperti pegangan payung yang memakai sandal. Hantu ini suka berterbangan di kala hujan turun. Konon hantu ini suka bermain dengan anak kecil. Hantu ini pun sering muncul di anime atau pun manga.

Kappa

Kappa merupakan salah satu urban legend yang terkenal di Jepang. Dikatakan bahwa mahkluk ini adalah amfibi yang dapat tinggal di darat dan di air. Kappa juga di sebut sebagai monyet air karena menyerupai seekor monyet. Tingginya bisa menyerupai anak usia 4 atau 5 tahun. Mulutnya berbentuk paruh, kaki dan tangan berselaput, punggungnya berbentuk seperti tempurung kura-kura dan dikepalanya memiliki semacam mangkuk yang berisi air.

Kappa

Selama mangkuk yang berada di atas kepalanya berisi air maka kemampuan sihir Kappa akan tetap ada. Sedangkan apabila mangkuk itu kering, maka kekuatan sihirnya pun menghilang dan bisa mati. Konon kappa ini suka memakan mentimun dan pertunjukan sumo.

Oleh karena itu apabila ingin melarikan diri dari makhluk ini buanglah mentimun agar perhatiannya teralihkan pada mentimun tersebut. Anda juga dapat menipu Kappa agar menundukkan kepalanya sehingga air yang ada di mangkuknya itu tumpah.

Hanako

hanako

Hanako merupakan hantu yang kerap muncul pada cerita manga, anime, maupun film. Hanako merupakan hantu yang berada di toilet. Sebetulnya ia tidak akan muncul kecuali ada yang memanggilnya. Caranya adalah dengan mengetuk pintu ke 3 dari ujung toilet di setiap sekolah dan mengatakan “Hanako, apakah kamu ada di sana?”

Biasanya kegiatan itu kerap kali dijadikan uji nyali oleh anak-anak sekolah. Apabila telah mengetuk pintu toilet tersebut dan ada jawaban “Ya, aku berada di dalam” dan apabila masih berani untuk membukanya, maka kamu akan melihat sosok hantu tersebut. Ia dikatakan berambut pendek, berwajah pucat, dan berbaju merah. Namun, berhati- hatilah karena hanako akan menarik Anda masuk ke dalam toilet dan menghabisi nyawa Anda.

Teke – Teke

Tek tek atau Teke-Teke merupakan sebuah cerita mengenai seorang gadis muda yang terjatuh di atas kereta api yang kemudian badannya terbelah menjadi dua karena terlindas oleh kereta api tersebut. Hantu ini memiliki keinginan untuk membalas dendam.

Konon ia selalu membawa sabit besar yang tajam dan ia berjalan dengan kedua tanganya sambil menyeret badannya, dan jika ia mengejar korbannya ia berlari sangat cepat. Dan pada saat berlari mengejer korbannya itulah terdengan suara “teke–teke–teke-teke”. Banyak orang beranggapan bahwa hantu ini merupakan Kashima Reiko yang mencari kakinya.

Hantu ini dikenal juga sebagai “bata-bata” atau gadis yang berlari dengan sikunya. Anak-anak di Jepang sering menceritakan kisah ini dan saling mengingatkan tentang teke-teke. Maka kebanyakan anak-anak di Jepang bergegas pulang sebelum senja hari karena takut bertemu dengan teke-teke.

Teke - Teke

Urban legend ini sangat terkenal di Jepang. Konon Kashima (Kashima Reiko) atau hantu teke-teke ini adalah wanita yang tinggal di Hokkaido, Jepang. Pada suatu malam ia diserang sekelompok orang tak dikenal di jalan, mereka menyiksanya sampai sekarat dan meninggalkan di jalan raya. Ia berusaha meminta bantuan tapi tak ada yang mendengar atau pun melihatnya.

Pada saat ia masih sadar ia berusaha merangkak dan melintas ke sebuah rel kereta api, dan jatuh pingsan. Pada saat tak sadarkan diri itulah tubuhnya terlindas kereta api yang melaju dengan cepat dan terbagi menjadi dua bagian. Karena kejadian tersebutlah ia menjadi hantu penasaran yang mencari bagian tubuhnya yang hilang.

Konon Kashima telah berkeliling dunia untuk mencari kakinya yang hilang. Hantu ini dapat ditemukan di kamar mandi. Ketika ia muncul dikamar mandi ia akan memberikan sebuah pertanyaan. Dan jika tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut atau salah menjawab maka ia akan mengambil kedua kaki korbannya.

Apabila ia bertanya “Di manakah kedua kakiku?” jawabannya adalah “Kakimu berada di sebuah rek kereta di Meishin!”. Kemudian ia akan bertanya kembali, “Siapakah yang memberitahumu bahwa kakiku berada disana?” dan jawabannya haruslah “Kashima Reiko San lah yang telah memberitahu di mana kakimu berada!”.

Namun kadang ia bertanya dengan sebuah pertanyaan yang menjebak seperti “Apakah tahu namaku?”, maka jangan menjawab “Kashima” sebaiknya jawablah “topeng iblis kematian!” karena singkatan dari Ka-Shi-Ma adalah Ka: kamen (topeng), Shi : shini (orang yang sudah mati), Ma: ma (Setan).

Konon apabila kalian telah membaca kisah dari Kashima reiko san ini, maka ia akan muncul pada kalian dalam waktu sebulan. Jadi bersiap-siaplah untuk bertemu dengannya dan jawab pertanyaannya dengan benar. Hihihihi.

Akaname

Akaname

Akaname merupakan hantu yang konon tinggal atau berada di dalam toilet. Ia hidup dengan cara menjilati kotoran dan debu yang terkumpul. Konon hantu ini berwujud manusia namun kulitnya berwarna merah dan mengelupas seperti orang telah lama berendam di dalam air panas maka dari itu hantu ini disebut dengan Akaname.

Akaname juga memiliki lidah yang panjang. Untuk menghindari hantu ini cukup dengan membersihkan toilet secara teratur saja. Namun ternyata hantu yang satu ini cukup pemalu juga, karena ia akan keluar ketika ia yakin bahwa orang-orang yang berada di dalam rumah telah tertidur lelap.

Ketika seseorang datang, orang tersebut hanya akan melihat sekelebat dari hantu ini, karena ia akan bersembunyi atau hanya akan mendengar suara langkah kaki Akaname saja. Jika Anda mendengarkan suara bising yang aneh di dalam kamar mandi Anda, mungkin saja Akaname sedang berada di sana. Jadi bersihkanlah toilet di rumah Anda untuk menghindarinya.

Noppera-Bo

Noppera-Bo

Noppera-Bo merupakan hantu tanpa wajah. Ia menakut-nakuti manusia dengan cara menampakkan diri di berbagai tempat (terutama di toilet wanita). Hantu ini dikenal juga sebagai hantu internasional. Karena ada juga yang pernah melihat hantu ini di Hawaii, di mana warga Hawaii menyebutnya Mujina.

Kokkuri-San

hantu jepang Kokkuri

Kokkuri-San ini merupakan sebuah permainan yang popular di kalangan anak SMA di Jepang. Permaianan ini mirip dengan Jelangkung jika di Indonesia. Cara bermainnya adalah dua orang duduk bersebrangan, selembar kertas yang bertuliskan alphabet hiragana dan meletetakkan telunjuk di atas sebuah koin, kemudian menyebutkan nama lembut “Kokkuri-san, Kokkuri-san, katakana padaku….”

Apapun yang Anda minta maka dia akan menjawab. Sama halnya dengan jelangkung, jawaban dari pertanyaan tersebut akan diberikan melalui koin yang bergerak sendirinya dan munujukkan huruf satu persatu sehingga membentuk suatu kata.

Setelah selesai  melakukan permainan ini, maka jangan lupa untuk mengakhirinya dengan mengucapkan selamat tinggal kepada Kokkuri-san. Jika Anda tidak mengucapkan selamat tinggal karena ketakutan atau tidak percaya pada Kokkuri-san, maka dalam batas waktu tertentu Anda akan mengalami kematian.

Sekian ulasan saya mengenai beberapa legenda hantu jepang yang terkenal baik di anime, manga, film atau yang sudah sering diceritakan oleh orang-orang Jepang. Anda boleh saja percaya atau tidak dengan cerita hantu tersebut. jika belum puas dengan ulasan di atas, Anda juga dapat melihat foto-foto penampakan hantu di artikel ini.

Apakah Anda merasa takut dan merinding setelah membaca ini? Atau mungkin ada juga yang merasa menyesal telah membaca cerita hantu ini? Berhati-hatilah karena mungkin mereka ada di sekitar Anda sekarang.

Artikel Menarik Lainnya: