advertisements

Ketika pasangan berselingkuh, tak ada hal lain dalam perselingkuhan selain sangat menyakiti. Perasaan kaget, marah, dan penolakan sangat cepat menguasai diri. Perasaan bahwa pasangan bisa saja sedang naksir orang lain atau bahkan terlibat dalam sebuah hubungan dengan orang lain akan sangat sangat berat dirasakan. Namun, mengetahui apa yang harus dikatakan dan dilakukan akan lebih berat lagi.

Jika masih dalam tahapan pacaran, mugkin langkah memutuskan hubungan dengannya akan jauh lebih mudah dilakukan. Tapi bila terjadi didalam sebuah ikatan yang sudah disahkan secara hukum negara dan agama, apalagi kalau sudah memiliki keturunan, banyak yang harus dipertimbangkan sebelum berpisah. Berikut ini 6 hal yang sebaiknya dilakukan ketika pasangan berselingkuh yang telah dirangkum oleh Bacaterus:

Membahasnya Dengan Pasangan

Ketika pasangan berselingkuh, selidiki dulu apakah hubungan itu terkait seksual, emosional, hubungan dunia maya, atau hanya pertemanan? Meski demikian, jangan kemudian melacak semua alat komunikasi yang dimiliki pasangan.

Hal yang sebaiknya dilakukan adalah membicarakannya. Akan tetapi, waspadalah berbicara mengenai kecurigaan itu dengan teman dan keluarga. Karena, semakin banyak orang terlibat akan semakin sulit berpikir apa yang Anda dan pasangan inginkan.

Berkonsultasi dengan teman yang paling dipercaya dan keluarga dekat disarankan untuk membantu Anda berpikir lurus dan mencari jalan keluar bersama pasangan mengenai kekhawatiran itu. Tapi tetap Anda lah yang akhirnya memutuskan segala sesuatunya.

Sebaiknya Anda berusaha berbesar hati untuk memulai membahasnya dengan pasangan. Tanyakanlah dari awal mengapa bisa terjadi perselingkuhan. Bisa saja awal masalah berasal dari diri Anda sendiri.

Pasangan yang pada awalnya benar-benar setia, bila Anda yang mengawali kecurigaan atau ketidak percayaan terhadap pasangan Anda, bisa jadi pasangan Anda merasa tertekan dan pada akhirnya memutuskan untuk benar-benar selingkuh karena dia merasa lelah atas ketidak percayaan Anda terhadap kesetiaannya. Meski sebenarnya itu tidak pantas dijadikan alasan untuk berselingkuh. Karena selingkuh ya selingkuh saja, apapun alasannya.

couple talking

Banyak hubungan yang terus berjalan bertahun-tahun dengan kecurigaan perselingkungan tanpa ada pembahasan. Dalam jangka panjang, pikiran itu akan menyakitkan yang pada akhirnya akan timbul banyak pertanyaan untuk diri sendiri. Apakah Anda sudah tidak menarik lagi? Apakah Anda tidak pantas lagi mendampinginya? Dan hal-hal lain yang hanya akan meruntuhkan kepercayaan diri Anda.

Jika ingin membahasnya pilihlah waktu yang tepat. Jangan membahasnya saat Anda dan pasangan Anda sedang membahas hal lain atau ketika salah satu di antara kalian akan pergi bekerja misalnya. Tetaplah tenang serta sampaikan kepada pasangan Anda apa yang membuat Anda khawatir. Berikan kesempatan dia untuk menjelaskan tetapi Anda harus telah menyiapkan diri untuk apapun jawabannya.

Biasanya, kita berharap sesuatu yang mengurangi kekhawatiran kita untuk ditinggalkan demi orang lain dan bisa jadi Anda tidak akan mendapatkan hal itu. Kenyataan bahwa kecurigaan Anda dikonfirmasi dengan pengakuan pasangan Anda bisa jadi menjadi hal melegakan, namun sebagian besar akan merasa sangat tersakiti.

Sama halnya dengan pasangan Anda yang harus siap mendengar apa yang Anda rasakan, bagaimana perlakuannya begitu menyakiti Anda. Hal ini akan memberikan waktu dan tempat tersendiri bagi emosi Anda.

Seberapapun banyaknya pertanyaan Anda, pasangan Anda bisa jadi tidak memberikan apa yang Anda inginkan. Bisa jadi, dia menyangkalnya atau bilang “Hanya teman”. Jika Anda tetap curiga dan dia terus menyangkal, mungkin Anda membutuhkan dukungan keluarga besar untuk membantu Anda apa yang harus diputuskan.

Datangi Terapis Profesional

ketika pasangan berselingkuh

Terkadang satu-satunya cara untuk dapat berkomunikasi secara efektif setelah terjadi perselingkuhan di dalam hubungan Anda adalah dengan bantuan pihak ketiga yang profesional. Dengan bantuan seorang terapis hubungan, Anda dan pasangan dapat menentukan apa yang telah terjadi dan bagaimana cara memperbaikinya.

Mungkin setelah berkonsultasi dengan seorang terapis hubungan, Anda belajar untuk mendengarkan dengan lebih baik. Anda juga harus memahami apa alasan di balik perselingkuhan yang dilakukan oleh pasangan Anda.

Tidak hanya alasan dari perselingkuhan yang harus dicari tahu, namun seberapa banyak peran dari Anda dan pasangan terhadap kejadian ini. Anda tidak perlu memahami semua alasan yang ada, dan Anda harus melakukan segala hal yang dapat membuat diri Anda sendiri berkembang lebih baik di masa depan.

Berpisah Sementara

advertisements

Mungkin ini lebih terdengar sebagai suatu hal yang kejam daripada baik, namun perpisahan sementara dengan pasangan setelah perselingkuhan yang dilakukannya dapat membantu Anda untuk menganalisa apa yang harus Anda lakukan mulai saat ini. Anda juga dapat berpikir lebih jernih ketika akan berbicara dengannya lagi.

Maafkan, Lupakan, dan Lanjutkan Hidup

advertisements

Jika Anda memutuskan untuk mempertahankan hubungan ini, maka memaafkan pasangan dan memeluk kembali hubungan ini seperti yang Anda lakukan sebelumnya adalah hal yang harus Anda lakukan. Namun, jika Anda merasa tidak dapat melakukannya, maka keluar dari hubungan yang satu ini dan dapatkan seseorang dalam hubungan yang lebih baik. Hal ini akan memperkuat perasaan cinta dan membuat Anda menjadi lebih dekat satu sama lain.

Setelah melakukan terapi dan komunikasi Anda dengan pasangan telah membaik, Anda akan merasa lebih baik. Anda akan mengalami momen di mana Anda tidak memikirkan perselingkuhan ini lagi. Namun, ada saatnya Anda tiba-tiba akan mengingatnya kembali dan ingin lari dari pasangan Anda. Rasa sakit yang Anda alami akan terasa segar dan dalam seperti saat pertama kali Anda mengalaminya.

Ini merupakan sesuatu yang normal dari sebuah kesedihan. Ingatlah, ini adalah sebuah proses, bukan resep. Bersabarlah dengan diri Anda. Anda mungkin merasa ingin melakukan balas dendam, emosi memang bekerja melalui kebencian.

Jika Anda memilih untuk bertahan, menghukum pasangan Anda akan mengakibatkan hal yang lebih buruk pada hubungan Anda. Perjalanan untuk memaafkan merupakan salah satu yang terpanjang, jadi berbaik hatilah pada diri Anda sendiri. Sesuaikan ini dengan kemampuan Anda. Anda dapat menentukan apa yang penting dalam hubungan Anda. Apa yang Anda perlukan. Apa peraturannya. Sehingga Anda dan pasangan dapat mulai memperbaikinya.

Putuskan, Pergi atau Tinggal?

forgive

Jika Anda merasa telah berusaha keras untuk keluar dari situasi sulit yang menyakiti Anda ini, maka ini saatnya Anda untuk benar-benar pergi. Tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah orang sepertinya adalah orang yang benar-benar Anda inginkan mendampingi Anda sampai maut memisahkan?

Biasanya Anda membutuhkan banyak waktu untuk dapat mencerna apa yang sebenarnya terjadi di dalam hubungan Anda dengan pasangan. Setelah memahami kondisinya, Anda dapat memutuskan untuk tetap bersama dengan seorang pengkhianat atau pergi dari hubungan yang telah menyakiti Anda.

Jika pasangan Anda tidak tampak seperti seseorang yang dapat melakukan hal menyakitkan tersebut dan benar-benar menyesali perbuatannya, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk memberinya kesempatan kedua. Namun, jika ini bukan perselingkuhan pertama yang dilakukannya, maka pikirkan lagi untuk kembali bersama dengan orang semacam itu.

Banyak hubungan yang pulih setelah kecurigaan atau pengakuan perselingkungan. Meski menyedihkan, beberapa pasangan mengatakan perselingkuhan memberi peluang mengetahui apa saja masalah dalam hubungan dan mereka semakin kuat dalam menjalani kebersamaan setelahnya.

Bingkai Ulang Pola Pikir Anda

Daripada melihat sebuah perselingkuhan sebagai akhir dari hubungan Anda, cobalah untuk berpikir bahwa ini dapat menjadi kelahiran kembali. Berharap bahwa setelah Anda melalui semua ini, Anda akan mendapatkan pengertian yang lebih dalam tentang diri Anda sendiri dan pasangan Anda.

Saling berintrospeksi diri masing-masing, serta Anda dan pasangan berkomitmen untuk memperbaiki ini bersama-sama, Anda akan terkejut bagaimana hubungan Anda dan pasangan akan bertambah kuat dan dalam. Semoga 6 tips hal yang sebaiknya dilakukan ketika pasangan berselingkuh dapat bermanfaat untuk Anda.

Artikel Menarik Lainnya: