advertisements

Sering memasak atau bekerja di dapur memang membuat kita terampil, namun tidak menjamin kita untuk luput dari kesalahan-kesalahan kecil. Ya, terdapat beberapa kesalahan kecil yang tampaknya sering kita lakukan di dapur tanpa kita sadari. Berbagai kesalahan tersebut tentu harus segera kita perbaiki gara tidak menjadi sebuah kebiasaan. Apa sajakah itu?

Tidak Mengupas Pisang Dengan Benar

Sebenarnya tidak ada aturan baku bagaimana cara mengupas pisang yang benar. Anda tidak akan mendapat dosa jika membuka pisang dari tangkai, dari ujung, atau bahkan dari tengahnya langsung. Yang penting Anda tidak memakan pisang bersama dengan kulitnya sekaligus.

advertisements

Namun ada satu cara paling efisien yang dapat Anda coba untuk mengupas pisang. Seperti kita ketahui, kebanyakan orang termasuk saya sendiri sering megupas pisang dari arah tangkainya. Cara tersebut tidak menjadi masalah jika tangkainya sudah hilang. Namun apabila masih ada tangkainya tentu saja cukup merepotkan.

Nah jika masih ada tangkainya, cara paling efisien untuk mengupasnya adalah melalui ujungnya yang tidak bertangkai. Cara mengupas seperti itu biasanya dilakukan oleh para monyet ketika memakan pisang. Kenapa harus mencontoh monyet? Karena monyet adalah masternya untuk berbagai hal yang berkaitan dengan pisang.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak video di bawah ini:

Mencuci pisau Yang Tajam di Dishwasher

Dishwasher atau mesin cuci piring otomatis merupakan salah satu penemuan terbaik abad ini. Dengan dishwasher kita tidak perlu lagi mencuci piring dan alat-alat dapur lainnya secara manual. Terlebih jika piring yang kotor tersebut sangat banyak sehingga akan sangat menghemat waktu kita.

Namun tidak semua peralatan dapur boleh dicuci dengan dishwasher ini. Salah satu di antaranya adalah pisau yang sangat tajam dan masih menjadi andalan Anda untuk memotong daging dan sayuran di dapur. Pasalnya jika Anda memasukkan pisau tersebut ke dalam dishwasher, maka ia akan terlempar dan tergesek kesana kemari sehingga akan membuatnya tumpul.

Maka dari itu sangat disarankan bagi Anda untuk mencuci pisau dan benda tajam lainnya secara manual saja agar tidak mengurangi ketajamannya. Setelah mencucinya, segera keringkan dengan kain lap lalu simpan di tempat yang aman.

Menyimpan Kentang Bersama Sayuran Lain

kesalahan kecil

Kesalahan kecil lainnya adalah ketika menyimpan kentang. Seringkali kita menyimpan bawang, kentang, dan berbagai sayuran lain secara bersamaan dalam sebuah wadah. Padahal, haram hukumnya untuk menyimpan kentang bersamaan dengan sayuran ataupun buah yang lainnya. Pasalnya kentang akan mengeluarkan gas yang dapat mempercepat proses pembusukan.

Maka dari itu, simpanlah kentang secara terpisah dari sayuran lainnya. Simpan kentang di tempat yang sejuk dan juga gelap. Namun ingat, jangan menyimpan kentang di dalam kulkas atau lemari es karena akan mempengaruhi rasanya ketika dimasak.

Selain kentang, sayuran lainnya yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas adalah bawang. Bawang sangat bagus disimpan di tempat yang mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Meskipun sama-sama tidak boleh disimpan di dalam kulkas, bawang dan kentang tetap tidak boleh disimpan secara bersamaan.

Mencuci Daging Ayam Sebelum Memasaknya

advertisements

Hampir di setiap resep masakan yang kita baca pasti akan ada instuksi untuk mencuci daging ayam sebelum kita memasaknya. Padahal mencuci daging ayam dapat menyebarkan bakteri yang terdapat dalam air ke setiap lapisan daging ayam tersebut.

Seperti dikutip dari woderhowto.com, Jika Anda ingin membersihkan darah atau kotoran yang menempel di daging tersebut, maka lebih baik untuk membersihkannya dengan kain lap basah saja.

Itulah beberapa kesalahan kecil yang mungkin sering kita lakukan sehari-hari sehingga kita harus mulai mengubahnya dari sekarang. Dengan begitu, pekerjaan kita akan lebih simpel dan juga efisien. Jika Anda memiliki beberapa kebiasaan buruk lainnya yang harus dihindari, silahkan bagikan dengan kami di kolom komentar.

Artikel Menarik Lainnya: