advertisements

Kelenjar getah bening merupakan salah satu bagian yang sangat penting di dalam tubuh manusia. Kelenjar getah bening berguna untuk mengatur sistem kekebalan tubuh pada diri kita. Fungsi dari getah bening sendiri akan membantu tubuh untuk mengenali, melawan berbagai macam kuman, infeksi serta zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Masalah yang sering terjadi dan muncul pada kelenjar getah bening adalah pembengkakan di dalamnya. Hal ini terjadi karena kelenjar getah bening sudah mengenali dan mengetahui akan virus atau bakteri yang masuk di dalam tubuh. Sehingga bakteri atau virus tersebut menimbulkan infeksi hingga bengkak. Infeksi ini disebut dengan limfadenitis.

advertisements

Selain terjadi karena infeksi dari virus atau bakteri, pembengkakan kelenjar getah bening juga bisa timbul karena adanya kanker di dalam tubuh. Nah, untuk lebih mengenal akan ciri dan tanda apa saja yang berkaitan degan penyakit pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher, berikut bacaterus.com akan memberikan ulasan lengkapnya.

Ciri-Ciri dan Gejala Penyakit Kelenjar Getah Bening

Kita sudah mengetahui bahwa kelenjar getah bening memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting di dalam tubuh kita, yaitu untuk melawan bakteri, virus dan penyebab yang lainnya yang bisa menimbulkan penyakit dan pembengkakan. Lokasi dari kelenjar getah bening sendiri yang sering membengkak adalah bagian leher, ketiak, bawah dagu dan juga pangkal pada paha Anda.

Bukan hanya di beberapa bagian tersebut, sebagian lokasi dari kelenjar getah bening juga berada di kepala dan selangkangan. Sistem limfatik atau kelenjar getah bening terdiri dari jaringan organ, kelenjar getah bening dan pembuluh darah yang terletak di seluruh bagian tubuh Anda.

kelenjar getah bening di leher

Pembengkakan yang terjadi karena kelenjar getah bening,ini terjadi karena ada sesuatu yang salah atau masuknya benda asing di dalam tubuh. Untuk itulah, Anda sebaiknya mengetahui ciri-ciri dari pembengkakan kelenjar getah bening ini sehingga Anda bisa mawas diri agar tidak berlanjut dan terhindar dari penyakit yang lebih parah. Ciri penyakit dari kelenjar getah bening pada pembengkakan awal di antaranya yaitu:

  1. Terasa lembut dan juga menyakitkan.
  2. Mengalami benjolan kelenjar getah bening dengan ukuran seperti kacang tanah, atau kacang polong, atau bahkan bisa lebih besar lagi.

Ciri-ciri yang disebutkan di atas ini hanya secara umum terjadinya. Untuk lebih jelasnya berikut akan diberikan beberapa gejala lain yang sering muncul saat Anda mengalami pembengkakan kelenjar getah bening di leher, yaitu:

  1. Sakit tenggorokan, pilek, demam atau indikasi/penyebab lain yang terjadi dari infeksinya saluran pernafasan.
  2. Tungkai mengalami pembengkakan. Ini terjadi kemungkinan karena sistem getah bening mengalami penyumbatan yang disebabkan pembengkakan dari kelenjar getah bening yang terlalu jauh, yang ada di bawah kulit.
  3. Umumnya kelenjar getah bening mengalami pembengkakan karena getah bening menunjukkan infeksi yang ada di tubuh Anda seperti terjadinya gejala HIV, gangguan akan kekebalan tubuh atau masalah yang lainnya.
  4. Saat pembengkakan mengalami bengkak yang lebih besar dan mengeras, ini bertanda ada pertumbuhan tumor dari kelenjar getah bening di dalam tubuh Anda.
  5. Mengalami keringat disaat malam hari.
  6. Demam.

Timbulnya berbagai gejala tersebut tidak terjadi secara serta merta karena pasti ada sesuatu yang menyebabkannya. Lalu apa saja yang menjadi penyebab terjadinya penyakit kelenjar getah bening di dalam tubuh kita tersebut?

Penyebab Terjadinya Kelenjar Getah Bening

Pembengkakan yang terjadi akibat kelenjar getah bening normalnya disebabkan oleh infeksi virus yang berevolusi. Obat antibiotik saja tidak akan berguna untuk mengobati infeksi virus tersebut. Umumnya, yang namanya penyakit getah bening ini pengobatannya tergantung dengan penyebabnya. Misalnya:

  1. Penyebabnya karena infeksi, pengobatan penyebab ini yang umumnya dilakukan dengan menggunakan antibiotik.
  2. Penyebabnya karena gangguan pada kekebalan tubuh, ini pengobatannya akan ditujukan pada kondisi yang mendasarinya, seperti rheumatoid arthritis atau lupus.
  3. Penyebab kanker. Penyebab pembengkakan yang disebabkan oleh kanker, pengobatannya membutuhkan obat yang berhubungan dengan penyakit kanker.

Nah, setelah mengetahui akan penyebab umum dari terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening, masih ada beberapa penyebab getah bening lainnya yang perlu Anda ketahui. Penyebab lainnya yaitu:

gejala kelenjar getah bening

  1. Faktor keturunan
  2. Kurangnya berolah raga
  3. Faktor makanan yang banyak mengandung bahan pengawet, herbisida, atau zat kimia
  4. Kurang minum air putih
  5. Sering meminum minuman yang mengandung alcohol
  6. Merokok
  7. Gaya hidup yang kurang sehat

Tujuh penyebab inilah yang sering sekali menyebabkan terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening di leher Anda. Nah, sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara yang alami yang bisa menyembuhkan penyakit kelenjar getah bening tersebut?

Cara Mengobati Kelenjar Getah Bening Di Leher

manfaat daun sirsak 2

Leher adalah salah satu bagian yang sensitif dan juga sering menjadi perhatian bagi kaum laki-laki atau wanita. Pembengkakan kelenjar getah bening yang terjadi di area leher pastinya akan sangat mengganggu penampilan kita. Nah, bagi Anda yang terkena penyakit pembengkakan kelenjar getah bening, di sini ada solusinya.

advertisements

Solusi alami atau cara alami yang bisa Anda gunakan untuk mengobati penyakit pembengkakan kelenjar getah bening di leher adalah dengan menggunakan daun sirsak dan buah manggis. Ya, daun sirsak dan buah manggis memiliki kandungan vitamin yang memiliki khasiat ampuh untuk mengobati penyakit pembengkakan kelenjar getah bening di bagian leher.

Lalu bagaimana cara penggunaan dari daun sirsak dan buah manggis tersebut? Caranya sangat mudah karena Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung, membuatnya sebagai jus, ataupun menjadikannya sebagai campuran makanan. Silahkan pilih cara apapun yang Anda sukai.

Namun apabila Anda malas melakukannya atau kesulitan mencari dua bahan tersebut, maka Anda dapat membeli ekstraknya secara langsung di apotek terdekat. Ya, saat ini sudah banyak ekstrak daun sirsak ataupun kulit manggis dalam bentuk kemasan yang praktis dan Anda siap mengkonsumsinya dengan mudah.

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab, gejala, serta cara mengobati kelenjar getah bening di leher. Selain sebagai obat herbal kelenjar getah bening, daun sirsak juga bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit lainnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan kami di artikel ini.

Artikel Menarik Lainnya: