advertisements

Kecelakaan merupakan hal yang paling diantisipasi oleh seluruh umat di bumi. Pasalnya, selain menimbulkan efek buruk, kecelakaan juga memiliki sifat domino yang bisa berdampak ke semua aspek. Maka tak heran, banyak orang yang berjaga-jaga supaya kecelakaan tidak terjadi pada mereka.

Namun, walaupun sudah diantisipasi secermat apapun, masih ada saja kok kecelakaan yang terjadi hingga mengakibatkan hilangnya nyawa dan kerugian yang jumlahnya masif.

advertisements

Mungkin kalau kecelakaan yang masih tergolong kedalam kecelakaan kecil seperti, tabrakan antar 2 sepeda, ambruknya pohon karena sudah lapuk, jebolnya pipa air atau kebakaran kecil di sebuah rumah, angka kerugian dan hilangnya nyawa masih bisa ditekan.

Tapi apa jadinya bila kejadian besar yang terjadi? Bisa dipastikan kekacauan akan terjadi dimana-mana akibat jumlah nyawa yang hilang menyentuh angka ratusan bahkan ribuan, dan kerugian materil yang kelewat dahsyat.

Nah, apa saja sih kecelakaan besar yang bisa mengakibatkan kekacauan seperti itu? Bacaterus.com berhasil mengumpulkannya kedalam 10 kecelakaan maut paling tragis dan mengerikan di dunia.

1, Chernobyl

Kecelakaan yang terjadi pada tanggal 26 April 1986 ini menjadi peringkat pertama kecelakaan terburuk dan terbesar selama sejarah dunia. Bagaimana tidak? Hampir seluruh penduduk kota Ukrania diungsikan akibat kejadian ini dan perekonomian di Uni Soviet lumpuh total bahkan setelah beberapa tahun bencana Chernobyl terjadi.

Belum lagi bahaya radiasi radioaktif yang terbawa oleh angin ke seluruh penjuru kota yang berdekatan dengan TKP; menebarkan kengerian pada jutaan penduduk lainnya bahkan hingga membuat negara tetangga seperti wilayah barat Rusia, Eropa Timur, Skandinavia, Inggris, dan Amerika Timur menjadi ikut-ikutan panik.

Chernobyl

Chernobyl sendiri merupakan sebuah daerah yang didalamnya terdapat PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir) yang bekerja guna memasok pemakaian listrik diseluruh dataran Ukraina. Akibat adanya kesalahan dalam prosedur keamanan di reaktor 4, tekanan berlebih terjadi hingga menghempaskan peralatan reaktor hingga serpihan gedung setinggi 1 km ke angkasa berikut lepasnya sekitar 5,4 ton radioisotop ke daratan Belarus.

Sedangkan sisa radioaktif lainnya terbang dibawa angin ke barat hingga menjangkau Kepulauan Inggris. Paparan radiasi tertinggi berada di gedung reaktor mencapai 5,6 Roentgen/detik, 202 kali lipat lebih besar daripada ambang batas dosis mematikan yakni sebesar 0,028 Roentgen/detik.

Ini membuat sekitar 336.000 penduduk di sekitar wilayah Chernobyl diungsikan TANPA diberitahu apa yang sebenarnya terjadi. Celaka, mereka yang tidak tahu menjalankan aktifitas sehari-hari diluar ruangan yang sudah terpapar radiasi.

Belum lagi mereka mengkonsumsi sayuran, daging dari peternakan juga air yang terkena radioaktif. Hasilnya, kanker, penyakit tulang, infeksi pernapasan, rusaknya jaringan tubuh hingga cacat mental menghantui seluruh penjuru Ukraina hingga saat ini.

2. Titanic

Kapal pesiar terbesar dan termewah pada jamannya ini menjadi tolak ukur para pengembang kapal pesiar masa kini. Mereka kagum akan kehebatan dan kecanggihan teknologi yang dipakai Titanic kala itu, sehingga banyak orang pada tahun 1912 yang menganggap kapal Titanic tidak bisa tenggelam.

advertisements

Sayang, pemikiran semua orang salah. Titanic tenggelam hanya dalam waktu 2 jam kurang saja setelah menabrak gunung es di samudera Atlantik pada tanggal 14 April 1912. Lambung kapal raksasa tersebut remuk akibat kerasnya es yang ditabrak; menyebabkan pelat besi di 4 kompartemen bengkok sekaligus.

Tekanan air yang masuk menghancurkan dinding baja, membuat Titanic semakin cepat tenggelam dimulai dari haluannya. Akibat haluan semakin berat, buritan kapal yang berisi ribuan ton mesin penggerak baling-baling terangkat; membuat berat kapal tak seimbang hingga kapal berbobot 46.328 ton itu terbelah menjadi dua.

Kejadian ini mengakibatkan hilangnya 1517 nyawa para penumpang dan mengacaukan perekonomian di Inggris dan Amerika. Pasalnya, banyak pemegang saham dan orang-orang kaya yang memiliki perusahaan besar untuk menopang negara Inggris ikut di dalam kapal dan menjadi korban.

Sebut saja miliuner asal Amerika, John Jacob Astor IV, industrialis Benjamin Guggenheim, pemilik pertokoan ekslusif Macy’s, Isidor Straus bersama istrinya Ida, miliuner asal Sir Cosmo Duff Gordon, John Borland Thayer, jurnalis dan aktivis reformasi sosial William Thomas Stead. Ini membuat perekonomian di Inggris menjadi tidak stabil karena banyak perusahaan yang bangkrut.

Titanic

Selain itu, akibat tenggelamnya kapal Titanic,  hampir 1.000 keluarga di Southampton terkena dampaknya; hampir setiap jalan di daerah Chapel kota tersebut kehilangan lebih dari satu penduduk dan hampir 500 rumah kehilangan pemiliknya.

3. Union Carbide

Pabrik Pestisida yang berada di Madya Pradesh, India ini menjadi pabrik penghasil pestisida terbesar di negaranya. Sekitar ratusan ton gas diproduksi untuk menghasilkan pestisida setiap harinya, namun pada tanggal 3 Desember 1984 semuanya berubah.

Pabrik yang semula berfungsi untuk membantu manusia dalam pengadaan cairan kimia dengan manfaat besar menjadi mesin pembunuh bagi semua orang yang ada di dekatnya; 40 metrik ton gas beracun methyl isosianat (MIC) lepas ke udara dan membentuk lapisan awan yang menghantarkan udara berisikan gas MIC tersebut.

Union Carbide

Kejadian bermula saat para pekerja membersihkan pipa menggunakan air. Entah kenapa, aliran air tersebut bocor dan masuk kedalam tangki penyimpanan gas; karena adanya zat berbeda yang masuk, cairan kimia yang tercampur air langsung beraksi membentuk gas.

Tekanan berlebih yang mendesak keluar segera dikeluarkan oleh para pekerja supaya tangki tidak meledak. Sialnya, gas yang dilepas merupakan gas beracun dengan tingkat toksin tinggi. Alarm segera dibunyikan namun tak berlangsung lama sehingga penduduk di Bhopal yang berdekatan dengan pabrik Union Carbide tak tahu bahwa nyawa mereka sedang terancam.

Akhirnya hanya dalam waktu kurang dari 3 hari, 15000 orang tewas sedangkan 100.000 orang lainnya mulai terjangkit puluhan penyakit kronis seperti masalah pernafasan kronis, cacat lahir, masalah neurologis, penurunan sistem kekebalan tubuh, dan kerusakan jantung.

4. Mont Blanc (1)

Kejadian Mont Blanc ini menjadi pemegang rekor sebagai ledakan terbesar yang pernah dilakukan oleh manusia. Pasalnya daya ledak Mont Blanc bisa dirasakan dalam radius 2km! Kebayang kan dahsyatnya ledakan seperti apa?

Ini terjadi akibat kapal barang ‘SS Imo’ menghantam sisi depan lambung kapal Mont Blanc yang saat itu membawa muatan bahan peledak (bubuk mesiu) dalam jumlah amat besar, termasuk 35 ton cairan bensin, 2.300 ton asam picric (zat kimia yang digunakan untuk bahan peledak), 200 ton TNT, serta ratusan bahan peledak lain. Bisa ditebak kan selanjutnya apa yang terjadi?

mont blanc(1)

Akibat badan kapal terkoyak, ratusan kubik cairan bensin tumpah dan tersulut api. Mendidihkan separuh asam picric berikut memancing bubuk mesiu, juga 2,9 kiloton TNT terbakar. 20 menit setelah tabrakan terjadi, ledakan pun mengguncang seluruh kota Hallifax, Nova Scotia di Kanada.

Ledakan tersebut membabat habis ratusan hektar pemukiman penduduk, menumbangkan seluruh pohon, membengkokkan rel besi, menghancurkan gedung-gedung, dan mementalkan serpihan Mont Blanc sampai setengah mil jauhnya. Saking dahsyatnya ledakan, tsunami setinggi 18 meter pun terjadi; menumpahkan isi lautan ke daerah Mi’kmaw First Nations dan daerah Cove Tuft.

5. Mont Blanc (2)

mont blanc(2)

Entah kenapa kecelakaan bertajuk Mont Blanc kembali terjadi. Kejadiannya pun bisa dibilang sama; ledakan. Apabila Mont Blanc (1) terjadi akibat kecelakaan kapal, kini Mont Blanc (2) terjadi akibat kecelakaan lalu lintas truk pembawa margarin dan tepung terigu.

Konyol rasanya, kebakaran juga ledakan hebat bisa dihasilkan dari truk bermuatan sederhana seperti itu, namun apa yang terjadi memang benar-benar menggemparkan dunia mengingat daya ledak yang dihasilkan truk itu setara dengan kekuatan ledak bom, ditambah lagi suhu panas ledakan yang menyentuh angka 1000°C selama 2 hari penuh.

Pada tanggal 24 Maret 1999, sebuah truk bermuatan margarin dan terigu melintasi terowongan Mont Blanc (terowongan sepanjang 11.6 km yang membelah pegunungan Alpen). Di kilometer 2, terlihat asap putih mengepul dari bagian truk. Tak lama kemudian, api berkobar membakar bagian depan truk hingga menyebabkan ledakan.

Hasil investigasi mengatakan bahwa kebakaran hebat yang melanda terowongan Mont Blanc kala itu disebabkan bahan bakar truk yang kelewat banyak; tak tanggung-tanggung, sekitar 550 liter diesel dibawanya. Namun setelah melakukan investigasi lebih mendalam lagi, akhirnya pihak berwajib tahu bahwa bahan bakar yang sebenarnya adalah margarin dan terigu.

Sekedar informasi saja, apabila api mengenai terigu yang beredar/beterbangan di udara, nyala api akan menyulut terigu agar terbakar mengingat terigu mengandung senyawa karbohidrat yang mudah terbakar. Ini yang membuat api menjadi sulit dipadamkan.

Hasilnya, 40 orang meninggal dunia, konstruksi terowongan sepanjang 900 meter meleleh, 26 kendaraan ludes terbakar dan menyebabkan transportasi lintas Italia tertutup selama 53 jam!

6. Daegu Subway

Daegu Metropolitan Subway Line merupakan stasiun kereta bawah tanah tersibuk pertawa di wilayah Daegok hingga Ansim. Mengantarkan ribuan penumpang tiap harinya, menjadikan stasiun ini selalu ramai. Namun pada tanggal 18 Februari 2003 silam, suasana di subway menjadi sangat mengerikan.

Di hari itu, terjadi kecelakaan besar yang membunuh 192 orang dan membuat 148 orang lainnya harus dilarikan ke rumah sakit akibat menderita luka bakar level 2-4 yang disebabkan oleh terbakarnya stasiun kereta api bawah tanah Daegu selama 3 jam penuh.

daegu subway

Kejadian yang terjadi di stasiun Jungango ini bermula ketika seorang yang menderita gangguan jiwa bernama Kim Dae-Hwan, 56 tahun, melempar cairan bensin di dalam kaleng susu ke dalam kereta 1079 yang baru saja berhenti.

Sontak semburan bensin yang terbakar lantas menyambar apa saja yang dikenainya; kursi, lantai kereta serta papan iklan yang mudah terbakar. Tak ayal, 400 orang yang ada di dalam 6 gerbong kereta langsung berlarian menyelamatkan diri.

Sialnya saat kejadian berlangsung, dari arah berlawanan, datang kereta 1080 lantas berhenti tak jauh dari kereta 1079 yang terbakar. Masinis yang saat itu melihat kejadian kebakaran langsung menutup pintu kereta supaya asap tidak masuk kedalam gerbong.

Celaka, saat kebakaran berlangsung, sistem listrik pun mati membuat pintu kereta 1080 tidak bisa terbuka saat seluruh penumpang di dalamnya mau menyelamatkan diri mengingat kereta yang mereka tumpangi mulai tersulut api. Akibatnya, ratusan orang terpanggang hidup-hidup dalam kecelakaan maut ini.

7. Hyatt Regency

Siapa yang sangka acara pesta dansa di atrium hotel bisa berakhir mengenaskan? Ya! Ini pengalaman mengerikan itu benar-benar terjadi untuk para tamu undangan pesta dansa di Hotel Hyatt Regency, di Kansas City, Missouri, United States pada hari Jumat, 17 Juli 1981.

Mereka tak menyangka, pesta yang seharusnya dipenuhi rasa gembira berubah menjadi petaka ketika selasar tempat berjalan (walkways) yang berfungsi juga sebagai balkon di dalam atrium hotel bertingkat 4 lantai tersebut runtuh dan terjun bebas ke arah 1600 tamu undangan di bawahnya.

Hyatt

Pada malam kala itu, ada sekitar seribuan tamu undangan yang berkumpul di atrium hotel Hyatt Regency untuk menikmati alunan orkestra Steve Miller dalam acara tea dance (acara tradisi lokal hotel tersebut setelah grand opening di tahun sebelumnya).

Atrium itu terkenal akan desain bangunan modern yang baru saja diaplikasikan guna mempercantik tampilan atrium. Atrium setinggi 4 lantai tersebut dihiasi lorong gantung atau selasar tempat berjalan yang menempel di dinding kaca hotel. Ini membuat banyak tamu yang suka sekali diam di selasar tersebut guna untuk menikmati pemandangan di luar hotel dan memandang orkestra dari atas.

Naas, akibat salahnya konstruksi, sling baja juga mur yang menahan selasar seberat 32 ton di lantai ke 4 perlahan longgar dan putus, membuat selasar berisi 20 tamu didalamnya terjun dan menabrak selasar lantai 3 dan lantai 2. Akibatnya seluruh selesar yang ada di atrium itu runtuh menimpa 114 tamu yang ada di bawahnya hingga tewas. Kejadian ini menjadi kejadian terburuk dalam sejarah konstruksi di Amerika hingga saat ini.

8. Piper Alpha

Human error memang selalu menjadi alasan pertama mengapa kecelakaan-kecelakaan terbesar dapat terjadi. Setelah kasus Chernobyl yang melibatkan para karyawannya melakukan ekstrem eskperimen, juga Titanic yang tidak mengabaikan adanya peringatan es, kini hal serupa terjadi di kilang minyak Piper Alpha yang terletak di laut Utara sekitar 120 mil dari timur Aberdeen, UK.

piper alpha

Kilang minyak Piper Alpha sendiri merupakan ladang minyak yang diprakasai oleh perusahaan Occidental Petroleum (Kaledonia) pada Januari 1973. Piper Alpha dikenal sebagai penghasil minyak mentah terbesar di dunia; kilang minyak ini menghasilkan tak kurang dari 250 ribu-300 ribu barrel minyak per harinya. Tak heran jika Piper Alpha merupakan salah satu fasilitas produksi migas terbesar untuk Inggris.

Mengalami keuntungan, pada akhir tahun 1980, Occidental menambah fasilitas guna memproduksi gas alam. Diikuti dengan pembangunan pipa bawah laut yang berguna untuk menyalurkan gas ke terminal Flotta di Pulau Orkney.

Pada tanggal 6 Juli 1988, kecelakaan mengerikan terjadi. Akibat kurangnya komunikasi sesama kru di sana, jutaan barel minyak dan gas tesulut api setelah pipa pemasok bocor ketika operator dan maintenance tidak mengetahui adanya pemberhentian pemompaan minyak. Mereka tetap memompa minyak saat mesin di platform B mati sehingga baut penahan pipa di platform tersebut lepas.

Sejam setelah terbakar, seluruh pipa pemasok akhirnya meledak menyebabkan runtuhnya kilang minyak ke dalam laut. Akibat insiden ini, 167 pekerja tewas terbakar, sedangkan sisanya selamat setelah melompat ke dalam laut.

9. Pesawat KLM 4805 dan Pan Am 1736

Kecelakaan ini merupakan peringkat tertinggi kehilangan nyawa manusia dalam sejarah penerbangan. Bagaimana tidak? Hampir 600 orang penumpang di kedua pesawat meninggal sia-sia akibat buruknya komunikasi saat cuaca sedang tidak bersahabat di Bandar Udara Internasional Los Rodeos di Tenerife, Kepulauan Canary, Spanyol.

Pan Am & KLM

Pihak KNKT menemukan alasan lain kenapa kecelakaan tersebut dapat terjadi; bahasa. Saat berkomunikasi dengan para pilot kedua maskapai tersebut, ATC (Air Traffic Controller) menggunakan bahasa Inggris dengan logat Spanyol yang sangat kentara, sehingga membingungkan para pilot. Ditambah lagi pilot KLM juga tidak menggunakan bahasa standar penerbangan dalam komunikasi dengan ATC, membuat komunikasi jadi semakin membingungkan.

Adalah KLM Royal Dutch Airlines 4805 dan Pan American World Airways 1736. Kedua pesawat Boeing 747-400 ini mengalami kecelakaan setelah mendapatkan informasi yang salah tangkap. KLM 4805 yang saat itu dipegang kendali oleh pilot bernama Jacob Veldhuyzen van Zanten memaksa lepas landas tanpa seijin ATC.

Sialnya, di saat yang sama Pan Am 1736 ikut lepas landas. Tak ayal, kedua pesawat saling tumbuk, jatuh dan meledak menghabisi tak kurang dari 583 para penumpangnya.

10. Bintaro

kecelakaan maut bintaro

Tak hanya di luar negeri, di dalam negeri sendiri juga ada kecelakaan terbesar yang kejadiannya sangat populer di telinga masyarakat Indonesia. Ya, kecelekaan Bintaro. Kenapa disebut kecelakaan Bintaro? Itu karena kejadian mengerikan tersebut terjadi di wilayah Bintaro, Tangerang. Kejadian ini merupakan kecelakaan terdahsyat dan terburuk dalam sejarah perkereta-apian di Indonesia hingga saat ini!

Senin pagi, tanggal 19 Oktober 1987 merupakan hari paling suram di Indonesia, khususnya di Bintaro, Tangerang saat dua kereta saling baku hantam. Dua buah kereta api yakni Kereta Api 255 jurusan Rangkasbitung – Jakarta dan Kereta Api Ekspress 220 jurusan Merak – Tanah Abang bertabrakan di dekat stasiun Sudimara, Bintaro.

Kejadian ini bermula saat kereta api 225 yang dioperasikan oleh Slamet Suradio, berhenti di jalur 3 Stasiun Sudimara. Rencananya, kereta ini akan mengambil lajur Kereta Api 220 yang akan datang dari arah berlawanan. Namun karena relnya bersilangan, KA 225 harus menunggu KA 220 lewat 9 menit setelahnya.

Celaka, sang petugas stasiun keliru melihat sinyal sehingga memberangkatkan KA 225 menuju Rangkasbitung. Hal yang sama dilakukan oleh petugas stasiun Kebayoran yang memberangkatkan KA 220. Hasilnya, di lintasan ±km 18,75, kedua kereta tersebut saling tumbuk membuat 156 orang meninggal dan puluhan lainnya luka-luka.

Semenjak kejadian tersebut, banyak kisah misteri yang berkaitan dengan tragedi Bintaro. Mulai dari banyaknya penampakan di tempat kejadian, hingga suara tangisan yang sering terdengar di gerbong bekas kecelakaan tersebut.

Nah, itu tadi 10 kecelakaan maut paling tragis yang mengerikan hasil rangkuman tim bacaterus.com. Semoga setelah membaca artikel ini, kita semua bisa menjadi lebih berhati-hati lagi yah dalam melakukan apapun. Ingat! Lengah sedikit, nyawa jadi taruhannya. Jadi sebisa mungkin kita mencegah terjadinya kecelakaan dan human error! Well, have a SAFE day people!

Artikel Menarik Lainnya: