advertisements

Sukses adalah ketika Anda menginginkan sesuatu dan Anda dapat merealisasikannya. Sukses tidak hanya tentang materi. Kesuksesan diraih bukan dari keberuntungan, kesuksesan didapat dari kerja keras, kegigihan, keuletan, kesabaran, dan melakukan hal positif lainnya.

Orang yang sukses sebenarnya sama saja dengan orang biasa pada umumnya. Yang membedakan hanyalah hal-hal yang biasa dilakukan. Orang sukses cenderung pekerja keras dan pantang menyerah. Kita dapat mencontoh hal-hal yang biasa dilakukan orang-orang sukses, sebagai berikut:

Bangun pagi

advertisements

Membiasakan diri bangun pagi adalah hal baik dan selalu dilakukan oleh orang-orang sukses. Contohnya CEO Apple inc memulai aktivitasnya dari jam 04.30 pagi, CEO Fiat dan Chrysler bangun lebih pagi jam 03.30 dan mulai berurusan dengan pasar di Eropa.

Dua contoh di atas menunjukkan bahwa orang sukses biasa bangun antara jam 4-5 pagi untuk memulai aktivitasnya. Mereka akan melakukan hal tersebut setiap harinya walaupun di pagi hari tidak ada aktivitas yang mendesak.

Dengan bangun pagi pikiran kita akan lebih segar. Kita dapat melakukan hal—hal yang lainnya jika memang tidak ada hal yang harus dilakukan. Kita bisa membuat jurnal, rencana mingguan, olahraga, atau hanya sekedar membuat sarapan di pagi hari.

Olahraga pagi

Olahraga pagi

Untuk memulai pekerjaan, Anda harus memiliki fisik yang sehat dan bugar. Dengan fisik yang sehat dan bugar akan membantu Anda melakukan aktivitas Anda mencapai kesuksesan Anda. Salah satu yang biasa dilakukan orang sukses untuk menjaga kesehatannya adalah rutin olahraga pagi.

Setelah bangun pagi, rata-rata orang sukses pasti melakukan olahraga pagi untuk menjaga kebugaran badannya. Olahraga adalah hal wajib bagi para orang sukses. Mereka percaya bahwa dengan olahraga di pagi hari membuat pikiran lebih jernih dan siap menjalankan aktivitas untuk meraih kesuksesan.

Pekerja keras

Pekerja keras

Tidak ada orang sukses tanpa kerja keras dan hanya bersantai. Semua orang sukses adalah seorang pekerja keras. Dwayne Johnson mengatakan tidak ada yang namanya rahasia sukses atau tips sukses. Kesuksesan hanya didapat dari kerja keras dan giat, dengan bekerja keras kesuksesan akan mudah diraih.

Fokus dengan hal yang penting

Fokus dengan hal yang penting

Orang-orang sukses memiliki fokus yang sangat baik. mereka akan selalu mementingkan fokus. Yang difokuskan oleh orang-orang sukses adalah hal-hal yang penting. Salah satu fokus mereka adalah fokus pada pekerjaan.

Pada saat sedang bekerja, maka pikiran mereka akan sepenuhnya berfokus pada kerjaan yang mereka lakukan. Mereka tidak akan mempedulikan hal-hal yang tidak penting saat sedang bekerja.

advertisements

Contohnya, mereka tidak akan mengecek media sosial mereka pada saat sedang bekerja. Mereka tidak akan menghiraukan Twitter, Instagram, Facebook, atau media sosial lainnya yang tidak berhubungan dengan kerjaan mereka.

Jika pekerjaan mereka telah selesai maka mereka akan fokus untuk meneliti kerjaan mereka lagi secara berulang. Mereka akan mencari hal-hal yang mungkin menjadi kekurangan dari kerjaan mereka.

Mencatat aktivitas harian

Setiap orang sukses pasti memiliki catatan harian. Hal ini berguna untuk mengintropeksi diri mereka. Mereka bisa mereview apa yang telah mereka lakukan dan apa kekurangan dari hal yang telah dilakukan.

Selain itu catatan aktivitas harian ini membantu untuk mencatat apa yang ingin dicapai di hari berikutnya. Para orang sukses akan melakukan pencapaian sesuai yang dicatat di catatan aktivitas harian mereka.

Memanfaatkan waktu dengan bijak

Memanfaatkan waktu dengan bijak

Setiap orang sukses tidak pernah membuang-buang waktunya untuk hal-hal yang tidak berguna. Mereka akan melakukan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat dan dapat menunjang kesuksesan mereka.

Mereka sadar bahwa waktu yang sudah terlewatkan tidak akan bisa kembali lagi. Jadi mereka akan membagi waktu mereka dengan sangat bijak. Mereka akan membagi waktu untuk bekerja, bersantai, berkumpul bersama keluarga, dan lain-lain.

Tidak percaya keberuntungan

Tidak percaya keberuntungan

Orang-orang sukses tidak pernah mempercayakan kesuksesan mereka dengan keberuntungan. Bagi mereka kesuksesan di dapat dari kerja keras, giat, ulet, tekun, kreativitas, dan faktor lainnya.

Maka dari itu tidak ada orang sukses yang dihasilkan dari sebuah perjudian. Mereka pernah merasakan jatuh bangunnya sebelum menjadi orang yang sukses. Mereka bahkan mungkin pernah merasakan kerugian secara finansial, namun mereka memperhitungkan semua hal itu.

Tidak membelanjakan hal yang tidak perlu

Tidak membelanjakan hal yang tidak perlu

Rata-rata orang sukses pasti memiliki perhitungan sendiri secara finansial. Mereka tidak akan membelanjakan uang mereka lebih besar dari pendapatan mereka. Jika mereka merasa butuh akan suatu barang, maka mereka akan membelinya.

Orang-orang sukses hanya membeli barang yang dibutuhkan. Bukan berarti mereka pelit atau irit. Mereka telah memperhitungkan segala hal yang mungkin akan terjadi. Jika mereka belanja hal-hal yang tidak penting terlalu banyak, mungkin akan menjadi salah satu penghambat kesuksesan mereka.

Meluangkan waktu dengan keluarga

Meluangkan waktu dengan keluarga

Setiap kesuksesan selalu ada keluarga yang mendukung. Bagi  para orang sukses keluarga adalah segalanya. Meluangkan waktu bersama keluarga adalah aktivitas yang wajib ada. Pekerjaan bagi mereka memang sangat penting, namun yang lebih penting dari itu adalah keluarga.

Setelah selesai bekerja orang sukses biasanya akan memfokuskan diri bersama keluarga. Hal-hal kecil yang biasa mereka lakukan adalah makan malam bersama keluarganya. Makan malam bersama keluarga adalah salah satu momen yang tepat dan menyegarkan pikiran setelah disibukkan dengan pekerjaan.

Tidak menghabiskan waktu di depan TV

Tidak menghabiskan waktu di depan TV

Hal yang tidak dilakukan oleh para orang sukses adalah menghabiskan waktu dengan menonton TV. Menonton TV adalah salah satu hal yang paling banyak menghabiskan waktu dengan sia-sia.

Terlalu lama menonton TV membuat Anda bermalas-malasan. Orang-orang sukses akan menghindari hal-hal yang tidak berguna hanya untuk bermalas-malasan. Biasanya mereka akan mengganti sumber hiburannya dengan membaca buku.

Nah, itulah 10 hal yang biasa dilakukan oleh orang-orang sukses. Apakah Anda sudah melakukan 10 hal tersebut?

Artikel Menarik Lainnya: