advertisements
advertisement

Setelah mengetahui cara membuat dan menanam tanaman hidroponik dengan menggunakan botol bekas, kini saatnya Anda untuk mengenal berbagai jenis tanaman hidroponik yang bisa Anda tanam dengan menggunakan botol bekas tersebut.

Seperti kita ketahui, ada tanaman yang bisa tumbuh secara maksimal dengan teknik hidroponik dan ada pula yang tidak. Nah, beberapa jenis tamanan yang akan diulas berikut ini bisa tumbuh dengan cepat ketika ditanam menggunakan teknik hidroponik.

advertisement
advertisement

Berbagai tanaman ini terdiri dari berbagai jenis, mulai dari sayuran hingga bunga hias. Nah, bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin bercocok tanam menggunakan teknik hidroponik, berikut adalah contoh tanaman yang banyak ditanam secara hidroponik:

  • Selada

Sayuran yang satu ini sering ditanam secara hidroponik. Pasalnya, selada akan tumbuh dengan subur ketika ditanam secara hidroponik. Selain itu, selada tidak membutuhkan perawatan ekstra yang menyita waktu lama. Ketika bibit selada disemai, dalam waktu seminggu kemudian akan tumbuh dua lembar daun selada.

jenis tanaman hidroponik selada

Pertumbuhan selada akan semakin cepat kala dipindahkan ke media utama dan diberi air nutrisi. Nah, karena selada dapat tumbuh dengan cepat melalui teknik hidroponik, maka sayuran ini banyak dipasok ke pedagang burger dan restoran yang menggunakan selada sebagai lalapan atau bahan masakan.

Tips untuk merangsang pertumbuhan selada dengan lebih cepat adalah dengan memotong daun bagian luarnya sehingga daun bagian dalam akan segera tumbuh untuk menggantikannya. Jangan lupa pula untuk membersihkan hama yang sering menempel di daunnya tersebut.

  • Timun

mentimun

Untuk menanam timun secara hidroponik, dibutuhkan perhatian ekstra agar timun berhasil tumbuh dengan cepat dan subur. Timun yang ditanam dengan teknik hidroponik membutuhkan asupan cahaya yang baik. Jadi, ketika Anda menanam timun di dalam rumah kaca, maka Anda harus memastikan bahwa timun-timun tersebut memperoleh paparan sinar matahari yang cukup.

Selain itu, timun yang tumbuh kian besar tentu membutuhkan tempat yang lebih luas. Anda harus memikirkan hal tersebut agar timun tidak rusak dan bentuknya tetap sempurna. Untuk menyiasatinya, Anda dapat menggunakan botol plastik yang besar atau menggunakan media tanam hidroponik yang lainnya.

  • Sayuran Berdaun Hijau

bayam

Sama seperti selada, sayuran berdaun hijau lainnya juga bisa ditanam secara hidroponik. Sayuran tersebut dapat tumbuh dengan baik melalui cara hidroponik. Beberapa sayuran berdaun hijau yang dapat ditanam secara hidroponik adalah kangkung, sawi, bayam, dan selada air.

Akan tetapi, Anda harus terus memantau pertumbuhan sayuran-sayuran tersebut. Jangan sampai sayuran ini tumbuh terlalu besar karena dapat mengurangi sirkulasi udara dalam sayuran tersebut. Kurangnya sirkulasi udara dalam suatu tumbuhan dapat mengakibatkan tumbuhan itu layu atau mati.

advertisement
advertisement

Pastikan juga Anda memanen sayuran tersebut di waktu yang tepat. Waktu yang ideal untuk memanen sayuran hidroponik adalah hari ke 26-29 setelah bibit tanaman hidroponik disemai. Jika lebih dari hari ke 29, maka sayuran akan terasa pahit.

  • Buah-Buahan

Selain sayuran, ada buah-buahan dan sayuran berbentuk buah yang bisa ditamam secara hidroponik. Buah-buahan tersebut antara lain adalah melon, cabe, dan tomat. Ketiganya sangat cepat berbuah ketika ditanam menggunakan metode hidroponik.

Tips untuk sukses menanam buah menggunakan teknik hidroponik adalah dengan memperhatikan air nutrisi dan pencahayaan yang diperoleh buah-buahan tersebut. Untuk buah berukuran besar, seperti melon, maka Anda juga harus menyediakan tempat ekstra, karena melon yang tumbuh besar akan membutuhkan ruang yang lebih luas.

  • Tanaman Herbal

Ingin membuat apotik hidup sendiri di rumah? Cobalah menanam tanaman herbal secara hidroponik. Pilihan tanaman herbal yang bisa tumbuh dengan teknik hidroponik adalah daun mint, ketumbar, dan basil.

  • Bunga

bunga mawar

Siapa bilang teknik hidroponik hanya bisa digunakan untuk menanam sayur dan buah saja? Jika Anda ingin mempercantik rumah Anda tanpa membutuhkan lahan yang luas, Anda bisa menanam beberapa jenis bunga dengan cara hidroponik.

Pasalnya, teknik hidroponik tidak membutuhkan tempat yang luas dan tidak menggunakan media tanah. Bunga yang bisa ditanam dengan cara hidroponik adalah mawar dan anggrek. Keduanya dapat mekar dengan cepat dan sempurna kala ditanam di media hidroponik.

Keuntungan Menanam Secara Hidroponik

Meskipun dapat ditanam di mana saja, tidak semua orang suka menggunakan teknik hidroponik untuk menanam tumbuhan. Teknik ini dirasa membutuhkan biaya perawatan yang lebih mahal dibanding menanam dengan media tanah.

cara menanam hidroponik

Nah, selain mengenal berbagai jenis tanaman hidroponik, Anda juga perlu mengetahui keuntungan menanam dengan teknik yang dianggap ‘mahal’ ini. Meskipun biaya perawatan tanaman hidroponik lebih mahal dibanding tanaman yang ditanam dengan media tanah, hidroponik menawarkan keunggulan-keunggulan yang tidak bisa Anda dapatkan ketika menanam dengan tanah, seperti:

  • Solusi yang baik untuk menyalurkan kebutuhan bercocok tanam, tetapi tidak memiliki lahan yang luas
  • Penggunaan pupuk lebih hemat dibanding penggunaan pupuk pada tanaman yang ditanam pada media tanah
  • Penggunaan air lebih sedikit, karena teknik ini sudah menggunakan air sebagai salah satu medianya. Jadi, Anda tidak perlu menyirami tumbuhan sesering Anda melakukannya pada tumbuhan yang ditanam di tanah
  • Lingkungan bercocok tanam jadi lebih besar karena tidak menggunakan media tanah sama sekali
  • Mudah ditanam dimana saja, karena menanam secara hidroponik tidak membutuhkan lahan yang luas dan pencahayaan yang terlalu banyak
  • Bebas hama dan penyakit tumbuhan, karena umumnya hama perusak tanaman berasal dan gemar tinggal di dekat tanah
  • Hasil tanaman dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi, terutama jika Anda menanam sayuran organik dengan teknik hidroponik
  • Tidak perlu lagi mencangkok tanaman
  • Memungkinkan Anda untuk memeriksa akar tanaman secara rutin untuk memastikan pertumbuhan tanaman berjalan dengan baik
  • Hasil tanaman bisa dikonsumsi secara keseluruhan, termasuk bagian batang dan akarnya. Karena akar dari tanaman ini bersih dan bebas hama
  • Proses pertumbuhan tanaman lebih cepat, hal ini sangat menguntungkan bagi supplier buah dan sayuran yang menanam secara hidroponik

Walaupun biaya awal yang dibutuhkan untuk menanam secara hidroponik ini cukup tinggi, tetapi manfaat dan keunggulan yang didapat dari menaman secara hidroponik ini cukup sepadan. Bahkan jika dikelola dengan baik, Anda juga bisa mendapat banyak keuntungan finansial darinya.

Selain itu, membudidayakan tanaman hidroponik juga tidak perlu menggunakan banyak tenaga kerja, karena Anda bisa memantau tanaman sendiri dengan mudah dan cepat. Maka dari itu, segera tentukan jenis tanaman hidroponik apa yang akan Anda tanam, dan mulailah bertanam hidroponik sekarang juga.

Artikel Menarik Lainnya: