advertisements

Jalan-jalan di Bandung memang tidak cukup saat pagi dan siang hari saja. Kamu juga harus merasakan sensasi jalan malam di Bandung sambil mencicipi kuliner khas malamnya. Di Bandung tersedia banyak tempat keren yang dibuka sampai malam, atau justru dibuka khusus pada malam hari yang wajib kamu kunjungi.

Mulai dari tempat yang agak mahal hingga yang murah meriah, dari mall hingga kaki lima, semuanya tersedia untuk kamu di Kota Bandung ini. Ingin tahu di mana saja? Ini dia 10 tempat seru untuk jalan malam dengan kuliner khas di Bandung:

Sedap Malam

advertisements

Jangan harap Sedap Malam adalah sebuah restoran atau sebuah kafe. Tempat ini merupakan kios pedagang kaki lima yang menjajakan kuliner khas malam hari seperti nasi goreng, mie tek-tek goreng, telur kuah, dan yang recommended di sini adalah capcay gorengnya.

Warung Sedap Malam ini berada di dekat kampus ITB, buka setiap hari di atas jam 5 sore. Sekali makan di sini kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 10 ribuan/porsi. Murah meriah sekali, bukan? Setelah perut kenyang, kamu bisa melanjutkan acara jalan malam di Bandung dengan hati senang.

Classic Rock Cafe

classic rock cafe

Jika kamu penganut paham jalan-jalan itu harus ke kafe, cobain deh kafe kece ini, namanya adalah Classic Rock Cafe. Lokasi tempat jalan malam di Bandung yang seru ini ada di Jalan Lembong No. 1 (dekat Jalan Braga). Kamu bisa menelepon terlebih dahulu sebelum datang ke sana di nomor (022) 4207982.

Sesuai dengan konsepnya, Classic Rock Cafe selalu memainkan lagu classic rock dan live performance pada hari tertentu. Di sini tersedia makanan dan minuman dengan tema Classic Rock Cafe style yang bercitra rasa tinggi. Classic Rock Cafe ini beroperasi setiap hari dari jam 5 sore – 1 dini hari.

D’Tuik Garden Cafe & Resto

jalan malam di bandung

Kafe selanjutnya yang seru untuk menjadi destinasi jalan malam di Bandung adalah D’Tuik Garden Cafe & Resto. Kafe ini sedang hits sekali di kalangan anak muda Bandung. Lokasinya yang berada di dataran tinggi adalah salah satu daya tarik kafe ini. Selain itu, makanan dan minumannya pun tidak bisa diremehkan, semuanya enak-enak.

D’Tuik berada di Jalan Bojong Koneng Atas, Cikutra. Lokasinya memang agak sulit ditempuh. Tapi kalau kamu capek, di sini tersedia tempat menginap juga, kok. Jadi kamu bisa lebih lama lagi memandang pemandangan indah Bandung khas malam hari sambil mencicipi kuliner khas D’Tuik.

Wiki Koffie

wiki koffie

Kamu ingin jalan malam di Bandung? Kamu penggemar kopi? Ada satu tempat yang pas banget untuk kamu, namanya adalah Wiki Koffie. Lokasi kafe ini berada di Jalan Braga No. 90 (di ujung belokan ke kiri). Kafe minimalis ini bentuknya sangat manis, ditambah jendela besar yang menampakkan jalanan fenomenal Braga, akan membuat kamu betah berlama-lama di sini.

Kopi di sini mayoritas berasal dari luar negeri, Hawaii misalnya, tapi tetap disediakan juga kopi nusantara. Selain kopi ada juga aneka teh, blended drink, camilan khas Bandung seperti kue cubit, hingga dessert ala Barat seperti kue wafel. Kisaran harga di Wiki Koffie adalah Rp 10 ribuan – 50 ribuan. Kafe asyik ini buka setiap hari dari jam 8 pagi – 12 malam. Nongkrong malam sambil menikmati Jalan Braga? Why not?

Sudirman Street

advertisements

Sudirman Street. Namanya keren sekali, bukan? Dari namanya saja dapat ditebak tempat ini ada di mana, yaitu di Jalan Sudirman (dekat Jalan Cibadak). Sudirman Street ini merupakan food court atau Pujasera, di mana seluruh stand penjual makanan di sini dikelola oleh satu manajemen.

Jika biasanya Pujasera berkesan terlalu crowded karena lokasi antar stand yang terlalu dekat, di sini tidak akan terasa seperti itu. Malah, jika kamu nongkrong di sini akan terasa seperti di festival atau pasar malam, karena konsep Sudirman Street adalah outdoor food court. Sudirman Street buka setiap hari dari jam 10 pagi – 11 malam.

Armor Coffee

Ingin ngopi dengan sensasi berbeda? Datang saja ke Armor Coffee di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Tahura). Bentuk bangunan Armor Coffee seperti rumah kayu minimalis, tapi didesain dengan sangat ciamik hingga nampak manis. Karena letaknya yang berada di dataran tinggi dan ditengah hutan, kamu bisa minum kopi sambil memandang ratusan pohon di sekeliling kamu.

Untuk kopi, Armor Coffee menyediakan 3 macam pilihan, yaitu Robusta, Arabica, dan Liberica. Ingin tahu perbedaan antar biji kopi itu? Baca di sini. Selain kopi, di Armor Coffee juga tersedia aneka makanan dan camilan, ada juga kuliner khas Bandung seperti cireng. Bagaimana, bisa dibayangkan bagaimana serunya nongkrong sambil ngopi dan menikmati pemandangan Bandung pada malam hari di sini?

Congo Cafe & Gallery

congo

Congo Cafe & Gallery berada di Jalan Kupa, Ranca Kendal. Konsep kafe ini merupakan perpaduan tradisional dan modern. Bentuk bangunannya didominasi kayu dan kaca, sehingga terlihat sangat indah. Di dalam kafe ini terdapat juga galeri karya seni yang terbuat dari kayu. Jadi, jika kamu datang ke Congo Cafe & Gallery untuk acara jalan malam di Bandung kamu bisa menikmati karya seni sekaligus kulineran.

Untuk makanannya, di sini sangat juara! Mulai dari kudapan khas nusantara seperti Tahu Pletok hingga kudapan ala Barat seperti steak dan pasta, semuanya enak-enak. Kisaran harga makanan dan minuman di sini pun tidak terlalu mahal, hanya berkisar Rp 15 – 30 ribuan saja.

Warung Salse

warung salse

Satu lagi tempat nongkrong saat jalan malam di Bandung, Warung Salse namanya. Tempat ini berlokasi di Jalan Dago Giri No. 101. Tidak sulit mencari Warung Salse, karena bentuk bangunannya beratap limas segitiga dan berwarna putih, pastinya sangat mencolok karena tidak ditemukan bangunan seperti itu di manapun di Bandung selain Warung Salse.

Seperti konsepnya, warung modern, kamu akan merasa sangat nyaman berlama-lama nongkrong di sini. Jendela-jendela besar yang biasanya dibiarkan terbuka menambah aksen modern dan membuat udara sejuk alami khas Dago masuk ke dalam ruangan. Warung Salse buka setiap hari dari pukul 10 pagi – 10 malam. Warung Salse ini termasuk 10 Cafe Murah Meriah di Bandung yang Wajib Dicoba.

Roemah Enak-enak

roemah enak-enak

Namanya unik banget, ya? “Roemah Enak-enak” merupakan restoran yang berisi makanan-makanan enak ala rumahan. Cocok banget kalau kamu homesick dan sedang kangen masakan rumah. Di sini tersedia aneka makanan khas nusantara, tidak hanya khas Sunda saja.

Roemah Enak-enak buka setiap hari, di mulai dari jam 7 pagi – 10 malam. Langsung saja datangi tempatnya di Jalan Cihapit No. 33 kalau kamu ingin makan masakan rumah dan ingin mencicipi masakan khas nusantara lainnya. Ingat, cintai produk lokal, jangan makan makanan Barat terus!

Masbash, Vegetable Ice Cream

mashbash

Sedang jalan malam di Bandung dan tiba-tiba ingin makan es krim? Jangan khawatir ngidam kamu tidak terealisasikan, karena di Bandung ada kafe es krim yang unik banget, namanya adalah Masbash. Yang unik dari Mashbash adalah komponen yang digunakan untuk membuat es krimnya, yaitu sayuran.

Jika kamu tidak suka sayuran, makan saja es krim di sini. Jadi kebutuhan tubuh kamu akan nutrisi sayuran tetap terpenuhi dengan cara yang menyenangkan, yaitu makan es krim. Kedai es krim unik ini berada di Jalan Mataram No. 2, Cihapit. Mereka beroperasi setiap hari dari jam 10 pagi – 9.30 malam.

Itulah 10 tempat seru untuk jalan malam di Bandung. Kamu bisa tetap kulineran enak walaupun hari sudah malam, karena Kota Bandung memang tidak ada matinya. Kamu tahu tempat lainnya yang lebih keren? Beritahu yang lain di kolom komentar, ya. Selamat jalan-jalan malam di Bandung!

Artikel Menarik Lainnya: