advertisements

Jajan di Bandung pada pagi hari? Itu sih sudah biasa. Jajan siang-siang juga sudah tidak aneh lagi. Kalau kamu sedang main di sini, coba deh jajanan malam di Bandung. Kota ini memang tidak pernah mati, buktinya ada banyak sekali tempat kuliner yang buka hingga malam hari, atau malah memang khusus buka pada malam hari saja.

Mulai dari yang murah meriah hingga yang agak mahal, banyak sekali tempat kuliner malam yang harus kamu kunjungi. Bacaterus telah merangkum 10 tempat jajanan malam di Bandung yang recommended, jadi kamu tidak perlu bingung harus ke mana kalau mau nyobain jajanan khas malam hari di Bandung.

Pasar Cisangkuy

advertisements

Pasar Cisangkuy bukan tempat beli sayuran, ya, tapi merupakan kafe dengan konsep pujasera. Kenapa tempat ini diberi nama ‘pasar’ adalah karena konsep desainnya menyerupai gudang pasar tradisional Indonesia tempo dulu. Jadi interior di sini sangat unik, dijamin kamu akan merasa flashback ke zaman sewaktu masih muda. Pasar Cisangkuy ini termasuk tempat nongkrong malam di Bandung yang seru, loh.

Kalau harus menyebutkan satu per satu menu di sini sangat tidak mungkin, karena Pasar Cisangkuy  menyediakan 1001 jenis makanan! Sebut saja beberapa seperti es krim durian, kue ape, pisang keju, kerak telor, es campur, mie kocok, batagor, baso tahu, dimsum, risoles, lotek, iga bakar, dan masih banyak lagi. Lokasi Pasar Cisangkuy ada di Jalan Cisangkuy No. 64 dan jam operasinya dari jam 10 pagi – 10 malam.

Lacamera Coffee

lacamera coffee

Jika kamu mencari tempat jajanan malam di Bandung yang bernuansa kalem, Lacamera Coffee wajib banget menjadi destinasi kamu. Di Lacamera Coffee tersedia aneka macam kopi dengan banyak pilihan cara penyajian. Selain kopi, di sini juga teh, chocolate drink, smoothies, dan fresh juice. Selain minuman, tersedia juga aneka makanan dan camilan seperti pasta, steak, burger, dan wafel. Kisaran harganya adalahdari Rp 8 – 60 ribu.

Walaupun kisaran harga jajanan di Lacamera Coffee tidak terlalu murah, di sini fasilitasnya memuaskan. Ada WiFi yang kencang dan lancar, toiletnya bersih, ada mushola, dan ruangan smoking dan non-smoking terpisah jauh sehingga tidak akan saling mengganggu. Lacamera Coffee terletak di Jalan Naripan No. 79. Kamu bisa menelepon tempat ini di nomor (022) 4210200. Tempat asyik ini buka setiap hari dari jam 10 pagi – 11 malam.

Ayam-ayaman

ayam ayaman

Ayam-Ayaman yang berlokasi di Jalan Riau No. 26. Sebagai patokannya, restoran yang menjagokan menu ayamnya ini didominasi dengan warna merah menyala. Patokan lainnya adalah berada di satu jajaran dengan Factory Outlet Jessie James. Walaupun menu makanan yang menjadi primadona di sini adalah ayamnya, tapi ada juga menu lain seperti nasi goreng, pasta, dessert, dan camilan yang dibuat dari kentang atau jamur.

Menu ayam di sini unik-unik, sebut saja salah satunya ada Chicken Wings Creamy Garlic, yaitu sayap ayam berbalut tepung krispi yang disiram saus bawang yang enak banget dan disajikan dengan kentang wedges. Kisaran harganya cukup terjangkau, yaitu Rp 20 – 60 ribuan. Kamu bisa mengunjungi Ayam-ayaman setiap hari Sabtu – Kamis dari jam 11 siang – 11 malam dan hari Jumat dari jam 12.3o siang (setelah Jum’atan) – 11 malam.

Kopi Ireng

jajanan malam di bandung

Kopi Ireng menawarkan sensasi ngopi yang berbeda. Kamu bisa menyeruput kopi sambil duduk-duduk di rumah Joglo dengan view ‘City Light’ Kota Bandung. Selain kopi yang biasa kamu temui di kafe-kafe pada umumnya, di Kopi Ireng tersedia menu yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu Kopi Luwak.

Kopi Ireng ini berada di kawasan Dago, tepatnya di Jalan Bukit Pakar Timur No. 1, Dago Pakar. Tempat yang berada di dataran tinggi, konsep rumah Joglo, dan lampu yang sengaja dibuat temaram lah yang membuat Kopi Ireng memiliki view yang keren. Kamu bisa nongkrong sepuasnya di sini karena Kopi Ireng buka setiap hari dari jam 12 siang – 11 malam. Kopi ireng termasuk juga 10 tempat ngopi paling asyik di Bandung.

Sop Kaki M. Syam

advertisements

Kalau perut kamu keroncongan banget dan tidak cukup hanya diganjal jajanan, datang saja ke Sop Kaki M. Syam. Tempatnya hanya berupa tenda di depan pertokoan, tapi sop kaki khas Jakarta di sini sangat juara! Tendanya berukuran cukup besar dan dibagi dua, satu untuk sop kaki kambing dan satu untuk sop kaki sapi. Sop kakinya disajikan dengan beragam pilihan jeroan seperti paru, mata, otak, lidah, dan tulang rawan.

Ciri khas sop Jakarta adalah kuahnya yang berwarna putih yang berasal dari santan, namun di Sop Kaki M. Syam ini kuahnya dicampur susu dan rempah sehingga cita rasanya sangat gurih sekaligus dapat menghangatkan tubuh dari udara dingin Bandung. Sop Kaki M. Syam buka setiap hari dari jam 5.30 sore – 11.30 malam. Harganya dihitung Rp 5 ribu/item. Tempat ini berada di Jalan Banceuy No. 76.

Roti Bakar 234 Gang Kote

Salah satu jajanan malam di Bandung yang paling banyak diburu orang adalah roti bakar. Ada satu tempat yang recommended banget, namanya Roti Bakar 234 Gang Kote. Diberi nama seperti itu karena lokasinya yang berada di Gang Kote, Jalan Jenderal Soedirman. Kedai roti ini sangat legendaris karena telah berdiri sejak tahun 1950-an.

Yang membuat roti di sini unik adalah proses memasaknya yang dibakar di atas arang. Topping-nya pun bervariasi, mulai dari yang biasa seperti kacang, keju, dan cokelat, ada juga yang isinya kornet dan lobi-lobi. Kisaran harganya memang agak mahal dibandingkan roti bakar biasanya, yaitu sekitar Rp 28 ribu – 6o ribuan, tapi harga sebanding dengan rasa, kok. Kedai ini buka setiap hari dari jam 3 sore – 12 malam.

Martabak Nikmat Andir

martabak nikmat andir

Jajanan malam di Bandung yang paling sering dicari tentu saja martabak. Bacaterus merekomendasikan salah satu martabak terenak di Bandung, yaitu Martabak Nikmat Andir. Sesuai dengan namanya, martabak di sini sangat nikmat! Selain itu menunya unik-unik. Mulai dari yang agak normal seperti martabak kacang cokelat hingga yang unik seperti martabak topping durian, nangka, belimbing, hingga lotus. Range harganya Rp 30 – Rp 150 ribuan.

Yang di atas tadi menu untuk martabak tebal, ya. Untuk topping martabak tipis kering alias tipker beda lagi. Ada keju, apel, lemon, tiramisu, black cappucinno, green menthol, Nutella, Toblerone, vanila kelapa, pandan, dan almond. Unituk rasa, tidak perlu diragukan lagi, tentu saja NIKMAT. Jajanan malam di Bandung ini berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman No. 413. Tempat martabak enak lainnya bisa dibaca di sini.

Batagor Hanjuang

Batagor Hanjuang

Siapa yang tidak mencari batagor kalau sedang main di Bandung? Biasanya penjajak batagor berjualan dari pagi – sore. Bagaimana kalau kamu ingin makan batagor pada malam hari? Tenang saja, ternyata ada loh kedai batagor yang berjualan hingga malam hari, namanya adalah Batagor Hanjuang. Tempatnya menggunakan gerobak, berada tepat di depan Rumah Makan Anugrah, Jalan Astina (belakang Istana Plaza).

Batagor di Batagor Hanjuang tidak terlalu berminyak, ikan tenggirinya cukup terasa, dan bumbu kacangnya enak. Untuk kuliner kaki lima, Batagor Hanjuang ini rasanya sangat lezat. Yang unik adalah kamu akan menemukan batagor kentang, yaitu kentang yang digoreng dengan adonan batagor. Ingin tahu tempat batagor enak di Bandung lainnya? Baca di sini.

Combro Ma Iying

Walaupun namanya combro, tapi di sini tidak hanya tersedia combro, tapi ada juga jenis gorengan yang lainnya seperti bala-bala (bakwan), gehu (tahu goreng yang isinya tauge), dan tempe goreng. Combro Ma Iying buka lapak di dekat Hotel Lodaya, Palasari. Kamu dapat membeli gorengan enak ini setiap hari, mulai dari jam 3 sore – sekitar 10 malam.

Colenak Murdi Putera

colenak murdi putera

Terakhir, ada satu jajanan khas Bandung dan biasanya hanya bisa dicari pada malam hari, colenak. Jajanan ini terbuat dari singkong yang telah difermentasi, yaitu tape. Ada banyak penjajak colenak di kota ini, tapi salah satu yang enak adalah Colenak Murdi Putera. Tempatnya tidak di pinggir jalan, melainkan di bangunan kokoh berupa kafe.

Colenak ini sangat legendaris. Mereka sudah berdiri sejak tahun 1930, lama banget, kan? Colenak buatan Pak Murdi ini pernah disajikan saat malam resepsi rangkaian KAA di Gedung Pakuan pada 8 April 1955, loh! Colenak Murdi Putera ini berada di Jalan Ahmad Yani No. 733, Cicadas.

Itulah 10 tempat jajanan malam di Bandung yang recommended. Jika kamu memiliki rekomendasi jajanan yang lainnya di Kota Kembang, silahkan bagikan dengan kami di kolom komentar.

Artikel Menarik Lainnya: