advertisements

Ketika Anda memutuskan untuk berlibur ke Yogyakarta, tak ada salahnya jika Anda juga merencanakan perjalanan ke Surakarta alias Solo. Jarak antara Yogyakarta ke Solo hanya sekitar 65 KM yang artinya Anda bisa menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 2 jam saja. Solo sangat terkenal dengan kulinernya yang khas, ada pula berbagai tempat nongkrong di Solo yang bisa Anda singgahi. Nah, apakah Anda berminat mengunjungi kota kelahiran presiden ke-7 kita, Bapak Joko Widodo?

Sambil berjalan-jalan dan cuci mata, tak ada salahnya jika Anda juga berwisata kuliner mencoba berbagai jajanan khas Solo. Beberapa jajanan ini juga bisa dibungkus sebagai oleh-oleh, lho. Yuk, intip daftar jajanan dari Solo yang sudah dibuat Bacaterus berikut ini.

Serabi Solo

advertisements

Tidak afdol jika Anda tidak mencoba jajanan khas Solo yang satu ini. Ya, Serabi Solo adalah jajanan yang sangat terkenal hingga seluruh Indonesia. Bahkan, banyak pedagang yang menjual makanan ringan ini di kota-kota lain selain Solo. Namun, tetap saja rasanya ada yang terlewatkan jika kita tidak menyantap serabi ini langsung di kotanya.

Kue serabi solo terbuat dari tepung beras dan santan yang dimasak di atas anglo. Nah, untuk toppingnya Anda bisa memilih coklat, keju atau nanas. Serabi yang sangat terkenal di Solo adalah Serabi Notosuman.

Ampyang

Ampyang Jajanan Khas Solo

Cemilan manis yang satu ini juga dikenal dengan nama ting-ting. Ya, ampyang merupakan kacang yang dibalut dengan gula jawa hingga menawarkan rasa yang manis. Jika sedang berjalan-jalan menelusuri tempat wisata yang ada di Solo, ampyang adalah teman ngemil yang sangat ideal.

Tak hanya itu saja, ampyang juga bisa dinikmati ketika Anda minum teh atau kopi. Makanan ringan ini sangat awet dan tahan lama, sehingga ampyang kerap kali dibeli sebagai oleh-oleh. Anda bisa mendapatkan jajanan ini di toko oleh-oleh khas Solo.

Sate Kere

Sate Kere

Setelah lelah mengelilingi kota Solo, mari berhenti sebentar untuk mengganjal perut dengan Sate Kere. Sate ini sangat unik karena terbuat dari tempe gembus dan jeroan sapi. Nantinya, sate akan dimasak dengan bumbu bacem dan dibakar dengan bumbu kacang yang pedas.

Setelah itu, sate kere akan dilumuri dengan bumbu kacang pedas yang rasanya hampir sama seperti bumbu pecel. Kemudian, agar Anda lebih kenyang saat menyantap sate kere ini, maka Anda harus memesan lontong. Perlu Anda ketahui bahwa sate kere hanya bisa dijumpai di Solo. Jadi, pastikan untuk membeli jajanan ini saat Anda berada di Solo.

Mata Maling

Mata Maling

Meskipun namanya aneh, tetapi Mata Maling merupakan jajanan khas Solo yang banyak diburu oleh wisatawan. Cemilan ini terbuat dari kulit melinjo yang bentuknya bulat dan sedikit lonjong. Kemudian, kulit ini akan dikeringkan, lalu dibumbui dengan garam, cabe dan bawang putih.

Setelah itu, kulit melinjo akan digoreng dan dikemas dalam plastik. Jajanan dari Solo ini cukup sulit ditemukan. Bila Ada berkunjung ke Solo dan hendak mencari Mata Maling, maka sebaiknya tanyalah pada warga setempat di mana Anda bisa membeli cemilan yang murah meriah ini.

Intip Goreng

advertisements

Makan nasi putih dengan kerupuk mungkin sudah biasa. Nah, bagaimana jika Anda makan nasi atau ngemil dengan Intip Goreng? Ini adalah salah satu kerupuk khas Solo yang hampir sama dengan rengginang. Namun, intip goreng sudah dibumbui sehingga rasanya lebih nikmat.

Proses pembuatan intip goreng adalah dengan menjemur nasi putih yang sudah tanak terlebih dahulu. Kemudian, nasi yang sudah dibentuk bulat pipih dan sudah dijemur itu akan digoreng dalam minyak panas. Selanjutnya, intip goreng akan dibumbui dengan gula jawa, bawang putih, dan sedikit garam. Intip goreng bisa dimakan bersama nasi putih atau dimakan sebagai makanan ringan.

Roti Kecik Ganep

Roti kecik genap adalah kue kering khas Kota Solo dengan bentuk panjang dan lonjong seperti ibu jari. Ada pula roti yang bentuknya bulat-bulat sehingga tampak mirip seperti kerupuk amplang. Walaupun namanya adalah roti, tetapi makanan ini merupakan kue kering yang renyah.

Usut punya usut, ternyata roti kecik ganep ini sudah ada sejak tahun 1881, lho. Semua bahan pembuatan roti ini akan disangrai sehingga makanan ini lebih rendah kolesterol. Roti kecik ganep juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat di rumah.

Cabuk Rambak

Cabuk Rambak

Berjalan-jalan di pusat Kota Solo tentu saja membuat Anda merasa lapar dan ingin mencicipi jajanan khas Solo. Jika beruntung, Anda bisa menemukan para nenek yang berjualan jajanan bernama Cabuk Rambak. Ini adalah jajanan asli dari Solo dan tidak bisa Anda temukan di kota-kota lain.

Cabuk rambak terdiri dari ketupat beras yang disiram dengan bumbu berbahan dasar wijen, kemiri, dan kelapa parut. Setelah itu, makanan ini akan disajikan dengan beberapa potong karak atau kerupuk nasi. Meskipun cabuk rambak tidak bisa membuat Anda merasa kekenyangan, tapi makanan ini bisa menjadi pengganjal perut di saat lapar.

Carang Gesing

Carang Gesing

Ngemil yang manis-manis memang bisa meningkatkan mood dan membuat Anda merasa kenyang. Nah, bagaimana jika kali ini kami mengajak Anda untuk ngemil Carang Gesing? Ini adalah jajanan Solo dengan rasa legit.

Cara membuat Carang Gesing adalah kukus pisang, santan, dan gula yang sudah dibungkus dengan daun pisang. Setelah matang, carang gesing siap dinikmati. Anda bisa menemukan jajan pasar ini di hampir semua pasar tradisional yang ada di Solo. Carang gesing biasa dijual pada pagi hari.

Rambak Petis

Rambak Petis

Kerupuk rambak memang bisa ditemukan di hampir semua kota yang ada di Indonesia. Namun, percayalah bahwa kerupuk rambak yang dijual di Kota Solo memiliki rasa yang lebih nikmat. Ditambah lagi jika Anda mencocol rambak tersebut ke dalam petis.

Jika di beberapa wilayah lain petis dibuat dengan bahan dasar udang, di Solo petis terbuat dari kaldu sapi. Oleh karena itu, citarasa yang ditawarkan oleh rambak petis dari Solo ini memang begitu berbeda. Anda pun bisa mengonsumsi rambak petis ini sebagai cemilan atau makanan pendamping nasi.

Sate Buntel

Sate Buntel

Bila sate lilit di Bali terbuat dari bahan dasar ikan, sate buntel dari Solo ini berbahan dasar daging kambing. Wah, sudahkah Anda terbayang dengan aroma dan citarasa yang ditawarkan oleh sate buntel khas Solo ini? Daging kambing yang sudah dicincang akan dibungkus dengan lemak babi sehingga ketika dibakar aroma harumnya akan merebak.

Ketika sudah matang, sate buntel akan disajikan dengan bumbu sederhana yang terbuat dari kecap manis, garam, bawang dan merica. Jika ingin bumbu yang lebih pedas, minta si pedagang untuk menambahkan potongan cabe rawit.

Wah, ternyata jajanan khas Solo yang terkenal di kalang wisatawan ini memang sangat menarik untuk dicoba! Anda penasaran dengan rasa semua jajanan dari Solo ini? Catat semua jajanan ini dan belilah satu persatu saat Anda berada di Kota Solo.

Artikel Menarik Lainnya: