advertisements
advertisements

Segala tentang Jepang memang sangat menarik untuk dibahas. Mulai dari budaya, film, makanan, dan tempat wisata di Jepang memang sangat mempesona dan menarik perhatian wisatawan dari berbagai negara. Apakah Anda juga berencana untuk berwisata ke Jepang? Jika ya, Anda harus mencoba berbagai macam jajanan khas negeri sakura tersebut.

Beragam jajanan khas Jepang yang dijual di pinggir jalan atau warung kaki lima di sana memang sangat lezat. Namun, jika Anda memiliki budget dan waktu yang terbatas, Anda hanya perlu mencoba beberapa jajanan Jepang yang paling populer versi Bacaterus ini.

Dorayaki

advertisements
advertisements

Kue favorit tokoh kartun Doraemon ini adalah jajanan khas Jepang yang wajib Anda coba ketika Anda menginjakkan kaki di negeri sakura tersebut. Ini adalah kue tradisional Jepang yang berbentuk bulat dan agak sedikit menggembung. Pada bagian tengah kue ini terdapat kacang merah atau selai aneka rasa. Namun, isi kacang merah adalah yang original.

Jika Anda ke Jepang, Anda bisa menemukan pedagang kue dorayaki di warung atau stan yang buka di pinggir jalan. Kue yang enak ini akan terasa lebih nikmat jika dimakan dalam keadaan hangat.

Oden

Oden Jajanan Khas Jepang

Di musim dingin atau malam hari, Anda bisa mampir sebentar ke warung kaki lima di Jepang yang menjual Oden. Makanan berkuah yang satu ini dapat menghangatkan tubuh. Oden akan kuah dari kaldu ikan yang diisi dengan bola ikan, tofu, rumput laut, cumi, gurita, dan berbagai makanan laut lainnya.

Dengan kuah yang masih panas, Oden dapat membuat tubuh Anda lebih hangat dan segar. Selain itu, makanan ini juga bisa dinikmati bersama sake. Saat menyantap Oden, Anda tak perlu memesan nasi putih karena makanan ini memang lebih enak dimakan langsung tanpa menggunakan nasi.

Takoyaki

Takoyaki

Jajanan yang satu ini mungkin sudah sangat familiar di Indonesia. Ya, Takoyaki adalah jajanan Jepang yang banyak dijual di negara kita. Namun, tetap saja rasanya ada yang terlewatkan jika kita tidak menyantap jajanan berbentuk bulat ini di negerinya langsung.

Takoyaki adalah sejenis panekuk berbentuk bulat yang didalamnya diisi dengan gurita. Jika tak ingin menyantap daging gurita, Anda bisa memilih cumi-cumi atau udang. Kemudian, setelah matang takoyaki akan diberi mayones dan saus, lalu ditaburi dengan serpihan ikan kering yang nampak seperti kulit bawang.

Dango

Dango

Jika Anda adalah penggemar film anime Jepang, kue Dango ini sering muncul di dalam film-film. Lantas, apa sih kue dango itu? Ini adalah jajanan khas Jepang yang terbuat dari tepung beras dan dibentuk bulat seperti takoyaki. Kue ini memiliki rasa yang berbeda-beda, mulai dari kacang merah, wijen, sampai dengan green tea.

Dango dijual dengan bentuk ditusuk seperti sate. Setelah itu, kue ini akan disiram dengan saus gula atau saus kacang merah. Dango sangat cocok untuk dinikmati sambil berjalan-jalan mengitari kota-kota di Jepang atau sekedar duduk santai sambil menikmati ocha.

Okonomiyaki

advertisements
advertisements

Ada takoyaki, ada pula okonomiyaki. Nah, apa perbedaan dari kedua makanan ringan khas Jepang ini? Jika takoyaki berbentuk bulat seperti bakso, okonomiyaki berbentuk bundar pipih dan seperti telur dadar. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat jajanan ini antara lain adalah telur, daging, kol, dan tepung terigu.

Setelah itu, bahan-bahan tersebut akan digoreng dan dibentuk di atas papan penggorengan. Ketika hampir matang, okonomiyaki akan diberi saus, mayones, dan taburan serpihan ikan kering di atasnya. Okonomiyaki bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai wilayah di Jepang.

Onigiri

Onigiri atau nasi kepal juga merupakan jajanan yang biasa muncul dalam film-film kartun Jepang. Biasanya makanan ini dijadikan bekal sekolah atau piknik. Pasalnya, makanan yang unik ini sangat mengenyangkan untuk sekedar mengganjal perut.

Onigiri adalah nasi yang dikepalkan dan dibentuk segitiga, lalu di dalamnya bisa diisi dengan daging dan wijen. Setelah itu bagian bawah onigiri akan dibungkus dengan nori atau rumput laut kering.

Perlu Anda ketahui bahwa Onigiri termasuk salah satu jajanan yang sangat mudah diperoleh di Jepang. Anda bisa mendapatkan nasi kepal ini di warung kaki lima, stan di pinggir jalan, restoran, sampai dengan minimarket.

Ramen

Ramen

Walaupun di Indonesia sudah banyak dibuka restoran ramen yang enak, tapi tetap saja Anda harus menyempatkan diri untuk makan ramen ketika berada di Jepang. Makanan enak berbentuk mie ini merupakan salah satu jajanan yang paling bisa diterima oleh lidah wisatawan dari berbagai negara.

Ramen adalah mie yang dicampur dengan kuah kaldu yang sedikit kental, lalu diberi telur rebus, dan irisan daging babi, sapi, atau ayam. Salah satu ramen yang terkenal di Jepang adalah Ichiran. Di Ichiran, Anda akan menyantap ramen di dalam bilik-bilik personal agar Anda bisa lebih menikmati kelezatan dari ramen tersebut. Ichiran bisa ditemukan di Tokyo, Saitama, Kanagawa, Chiba, Kyoto, Osaka, Hiroshima, dan berbagai wilayah lain di Jepang.

Yakitori

Yakitori

Bukan Cuma Indonesia yang memiliki hidangan sate dari berbagai daerah. Jepang ternyata juga memiliki sate yang khas bernama Yakitori. Makanan ini biasa dijual di warung kaki lima mulai sore hingga malam hari. Yakitori adalah sate dari daging ayam, kulit, hati, dan ampela.

Sate ini dibakar di atas arang, lalu setelah matang sate akan dicelupkan ke dalam saus tare yang terbuat dari kecap asin, mirin, arak, dan gula. Nah, jika Anda merasa kurang kenyang saat menyantap yakitori, Anda bisa memesan onigiri jika warung tersebut menyediakan onigiri.

Taiyaki

Taiyaki

Jajanan khas Jepang yang unik ini juga harus Anda coba ketika berlibur di negeri sakura. Adalah taiyaki yang merupakan kue dengan bentuk ikan. Bagian atas dan bawah kue akan dipanggang secara terpisah, lalu setelah matang kedua bagian tersebut akan disatukan dengan selai kacang merah.

Bahan utama untuk membuat taiyaki antara lain adalah tepung terigu, telur, gula pasir, air, dan bakpuder. Jajanan satu ini biasa dijual di kios pinggir jalan di berbagai wilayah di Jepang. Konsumsi jajanan ini ketika dalam keadaan hangat agar rasanya lebih enak.

Mochi

Kue Mochi

Ada yang mengatakan bahwa mochi merupakan jajanan dari Sukabumi, faktanya Mochi adalah jajanan asli dari negeri matahari terbit. Kue yang terbuat dari beras ketan ini diberi pewarna makanan sesuai selera dan diisi dengan kacang hijau atau kacang merah yang sudah ditumbuk. Selanjutnya, adonan mochi akan dibentuk bulat dan siap disajikan.

Kue ini biasa dimakan pada saat perayaan tahun baru, tapi Anda bisa menemukan mochi di toko-toko kue di Jepang sepanjang tahun. Kue dengan tekstur yang kenyal dan sedikit lengket ini merupakan jajanan yang cukup terkenal dan murah.

Rekomendasi mengenai jajanan khas Jepang dari Bacaterus ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin berpelesir ke Jepang. Catat daftar jajanan ini agar Anda tidak lupa untuk mencobanya saat sudah berada di Jepang.

Artikel Menarik Lainnya: