advertisements
advertisement

Kota Bandung memang surganya kuliner! Dari pagi sampai pagi lagi tersedia berbagai macam makanan yang bisa memanjakan lidah dan perut kamu. Ada 1001 jenis makanan khas Bandung yang bisa Anda coba, mulai dari jajanan yang ringan hingga makanan yang berat.

Nah, pada kesempatan kali ini Bacaterus telah merangkum 10 jajanan khas Bandung yang sedang hits tahun ini dan wajib kamu cicipi. Spa sajakah itu? simak ulasannya berikut ini.

Surabi

advertisement
advertisement

Kalau membicarakan kuliner khas Bandung, tentunya kamu akan langsung teringat Surabi. Sekarang ini surabi tidak hanya dijual polos atau dengan taburan oncom saja, melainkan sudah tersedia berbagai rasa yang unik seperti Surabi Tuna, Surabi Daging Sapi, Surabi Telur, hingga Burger Surabi.

Dari segi rasa, Surabi memang sangat enak. Selain itu, Surabi cukup mengenyangkan, bisa menjadi alternatif sarapan atau makan malam. Dan hebatnya lagi, harganya sangat terjangkau. Kalau surabi biasa yang polos mungkin hanya seharga Rp 1000-an, kalau yang unik-unik paling hanya dihargai sampai Rp 15 ribuan saja. Kamu bisa menemukan Surabi yang enak dan unik di Surabi Enhaii, Surabi Gaul Bandung, Surabi Imut, Radja Surabi, dan masih banyak lagi.

Kue Cubit

kue cubit

Kue Cubit, kue imut yang kalau sudah matang diambilnya dengan cara di’cubit’ dengan alat khusus. Kue cubit sebenarnya hanya jajanan khas Bandung yang biasa saja, dan sering ditemukan mangkal di dekat taman kanak-kanak atau sekolah dasar.

Tapi sekarang ini kue cubit sudah banyak inovasinya, dimulai dari Kue Cubit Greentea, sekarang terus berkembang hingga ada Kue Cubit Oreo, Kue Cubit Red Velvet, Kue Cubit Taro, dan masih banyak lagi varian rasa dan topping lainnya. Kamu bisa menemukan kue cubit kekinian ini di Kue Cubit Cisangkuy, Kue Cubit Sumatera (belakang BIP), Kue Cubit Cimanuk (dekat Erha Clinic), Kue Cubit Hariang Banga (dekat Kupu Bistro), dan yang lainnya.

Lidi-lidian

jajanan khas bandung

Dulu sekali, Lidi-lidian hanyalah makanan ringan biasa yang hanya memiliki dua rasa, yaitu asin dan pedas. Namun sekarang, sudah banyak sekali varian rasa jajanan khas Bandung ini. Ada Lidi-lidian rasa keju, greentea, barbecue, pizza, dan masih banyak lagi.

Bentuk Lidi-lidian pun sudah tidak hanya yang lurus dan kurus saja, ada yang agak gemuk, ada yang keriting, macam-macam, pokoknya. Warnanya pun tidak hanya putih saja, sekarang bahkan ada yang menjual Lidi Rainbow yang satu paknya berisi Lidi-lidian berwarna-warni seperti pelangi.

Seblak

resep seblak basah kerupuk bandung

Siapa yang tidak tahu Seblak? Jajanan khas Bandung ini sudah sangat terkenal hingga seluruh penjuru Indonesia. Walaupun sekarang ini sudah banyak yang menjual seblak di luar kota, kata orang-orang tetap saja yang paling enak itu Seblak Bandung. Seblak dulu hanyalah camilan yang biasa dibuat di rumah masing-masing. Cara membuatnya cukup mudah, hanya menumis bumbu dengan kerupuk yang sudah direndam air.

Namun sekarang ini Seblak sudah banyak variannya, tidak hanya kerupuk saja, tapi ada Seblak Ceker, Seblak Pasta, Seblak Tulang, Seblak Batagor, dan masih banyak lagi. Ingin tahu seblak enak di Bandung ada di mana saja? Baca ulasan Bacaterus di sini.

Basreng

advertisement
advertisement

Basreng merupakan singkatan dari Baso Goreng. Baso apa yang digoreng? Baso ikan lah yang digoreng. Caranya adalah dipotong balok atau pipih lalu digoreng hingga kering atau masih sedikit lembek, tergantung selera kamu. Basreng ada yang dijual dalam kemasan ada juga yang dijual di warung-warung.

Kalau Basreng yang dikemasan pasti bentuknya pipih kering, cocok untuk dijadikan oleh-oleh dan camilan jangka panjang yang bisa disimpan jika belum habis. Varian rasanya ada banyak sekali, mulai dari original, pedas, keju, bbq, pizza, dan masih banyak lagi. Kalau Basreng yang di warung tidak bisa disimpan untuk nanti, harus langsung habis. Sekarang ini varian rasa yang sedang hits untuk Basreng ala warung adalah Karedok Basreng dan Seblak Basreng.

Martabak

Martabak merupakan jajanan khas Bandung yang mulai muncul di permukaan saat sore hingga malam hari. Cocok untuk kamu yang demen makan malam atau tiba-tiba terserang lapar pada malam hari. Ada dua jenis martabak di Bandung, yaitu Martabak Manis dan Martabak Asin.

Sekarang ini Martabak sudah tidak bisa disebutkan lagi varian rasanya ada apa saja, karena sudah tidak terhingga. Bahkan bahan utamanya pun tidak melulu tepung saja. Hal ini dikarenakan orang Bandung semakin kreatif dalam berinovasi. Diantaranya sebut saja Martabak Brownies, Martabak Bolu, dan Martabak Mozarella. Ingin tahu di mana saja martabak enak di Bandung? Baca artikel Bacaterus di sini.

Bandros

bandros hebab

Bandros merupakan jajanan khas Bandung yang kembali naik daun. Sekarang ini Bandros bukanlah Bandros yang dulu yang hanya berupa adonan tepung beras dan kelapa parut saja, melainkan sudah memiliki rasa yang unik. Bahkan sudah ada yang menjual Bandros Asin dan Bandros Manis, nama kedainya adalah Hebab Bandros.

Di Hebab Bandros tersedia Bandros dengan rasa unik seperti rasa Keju Cokelat, Pisang Susu, hingga yang asin seperti Bandros Kornet, Telur, Oncom, Ayam, dan masih banyak lagi. Hebab Bandros berlokasi di Jalan Japati (seberang Telkom). Ini dia akun sosial medianya, Twitter @bandroshebab.

Gehu Pedas

gehu pedas

Gehu merupakan singkatan dari Tauge di dalam Tahu. Gehu pada zaman dahulu hanyalah gorengan biasa yang dapat kamu temui di setiap pedagang gorengan, baik yang di gerobak hingga yang di warung. Tapi sekarang ini sudah ada inovasi baru dari Gehu, yaitu Gehu Pedas.

Bedanya Gehu Pedas dengan Gehu biasa tentu saja dari rasanya yang semuanya pedas, tidak ada rasa yang original. Selain itu, isiannya sudah beragam. Tidak hanya Tauge, sekarang ada Gehu Pedas dengan isian bihun dan ayam, bihun dan sapi, tauge dan sapi, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menemukan jajanan khas Bandung ini di Gehu Pedas Hot Jeletot atau carilah gerobak Gehu Pedas di dekat kampus atau sekolahan.

Rujak Cireng

rujak cireng

Cireng merupakan makanan yang terbuat dari sagu/aci lalu digoreng. Mudah sekali sebenarnya kalau kamu mau membuat cireng sendiri. Tapi untuk mendapatkan cita rasa yang spesial memang agak sulit. Daripada susah-susah, lebih baik kamu langsung datang ke Bandung dan beli yang namanya Rujak Cireng.

Rujak Cireng adalah cireng yang dimakan dengan cara dicocol dengan bumbu rujak. Cirengnya pun berbeda dengan cireng biasa, cireng untuk Rujak Cireng terasa lebih krispi dan potongan kelapanya lebih besar. Sensasi cireng yang kriuk-kriuk dan panas dicampur dengan bumbu cireng yang asam dan pedas terasa sangat luar biasa di mulut. Sekarang ini Rujak Cireng sudah dijual di mana-mana, mulai dari warung hingga kafe.

Keripik Setan

Keripik Setan

Keripik Setan atau Kripset adalah sebutan untuk keripik singkong khas Bandung. Kenapa disebut setan? Karena rasanya yang sangat pedas. Kripset mulai menjadi sangat terkenal ketika muncul perlevelan alias tingkat kepedasan yang bisa diatur.

Biasanya Kripset berlevel 3, 5, hingga 10. Semakin tinggi levelnya, semakin pedas pula Kripsetnya. Sekarang ini penjual Kripset dengan level kepedasan sudah ada banyak sekali. Sebut saja yang paling terkenal adalah Maicih, Karuhun, dan Kripset Riki.

Selesai sudah pembahasan tentang 10 Jajanan Khas Bandung yang Sedang Hits di tahun ini ala Bacaterus. Gimana, tertarik untuk mencicipinya? Oh, ya, kalau kamu punya rekomendasi lainnya bagikan di kolom komentar, ya.

Artikel Menarik Lainnya: